Pendakian Gunung Arjuno via Lawang

Gunung Arjuno merupakan gunung dengan ketinggian sekitar 3.339 mdpl yang terletak di Malang, Jawa Timur. Gunung Arjuno sudah tidak aktif dan menjadi gunung tertinggi ketiga setelah Gunung Semeru dan Raung. Gunung ini bersebalahan dengan Gunung Welirang bagaikan "saudara" yang berdampingan seperti Gunung Gede-Pangrango.

Gunung Arjuno masuk dalam Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang berlokasi di Kota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto. Terdapat 5 jalur pendakian Gunung Arjuno diantaranya :
  • via Tretes
  • via Purwosari
  • via Lawang
  • via Batu
  • via Desa Sumberawan
Jalur Pendakian Gunung Arjuno via Lawang merupakan jalur yang berada di sisi sebelah timur Gunung Arjuno.

Rute
Malang >> Pasar Lawang >> Desa Wonosari

Basecamp - Pos 1 (Alang - Alang)
Pendakian diawali dengan melewati kebun teh dan pepohonan dengan trek landai dan teduh hingga sampai di Pos 1 yang ditandai dengan bangunan kayu terbuka yang bisa digunakan untuk beristirahat. Pos 1 terletak di perbatasan antara perkebunan teh dengan hutan.

Pos 1 - Pos 2 (Lincing)
Perjalann diawali dari Pos 1 dengan jalur menanjak dan masuk perkebunan. Jalan yang kamu lalui berupa jalan sempit hingga sampai di Pos 2. Terdapat area luas di sebelah kanan shelter yang bisa digunakan untuk membuka 3 tenda dengan kapasitas 4.

Sedangkan di sebelah kiri terdapat jalan setapak yang menuju sumber air. Jalan setapak ini akan menanjak dan melewati batu - batuan dan menuruni jurang dengan waktu 15 menit hingga sampai di sumber air.

Pos 2 - Pos 3 (Mahapena)
Dari Pos 2 perjalanan dilanjutkan dengan trek menanjak melewati perbukitan dan sabana. Setelah kamu sampai di pohon - pohon cemara itu artinya sudah mendekati Pos 3. Di Pos 3 tidak terdapat sumber air, namun ketika musim hujan kamu akan menemukan air di bebatuan.

Pos 3 - Pos 4 (Gombes)
Perjalanan ke Pos 4 terhitung paling menanjak dan paling melelahkan di sepanjang jalur pendakian Lawang. Trek berupa tanah keras diantara pohon - pohon cemara yang rapat dan tanpa bonus. Jarak tempuh ke Pos 4 terhitung jauh. Pos 4 terdapat tanah lapang dengan cemara yang ada di sekeliling yang mampu menampung hingga 6 tenda dan merupakan tempat camp luas terakhir yang nyaman di jalur Lawang.

Pos 4 - Plawangan
Dari Pos 4 jalan kembali menanjak dan akan melewati Alas Lali Jiwo. Kamu akan menemukan vegetasi rapat dan lebat. Trek berupa tanah keras dan menanjak hingga sampai di Plawangan. Terdapat beberapa tanah datar yang bisa digunakan untuk membuka tenda. Terdapat tanah sempit yang hanya mampu menampung 1 tenda yang bisa kamu gunakan ketika dalam keadaan darurat.

Kamu akan memasuki hutan cemara yang menandakan sudah dekat dengan Plawangan. Plawangan merupakan pertemuan jalur Lawang dan Purwosari yang terletak di lereng Gunung Arjuno. Terdapat lokasi datar diatas Plawangan yang hanya dapat menampung 1 tenda saja.

Plawangan - Puncak
Perjalanan dari Plawangan menuju Puncak jalan tidak lagi menanjak dan vegetasi mulai terbuka dengan pepohona cantigi yang mendominasi. Pendakian dilakukan dengan mengitari lereng Gunung Arjuno hingga samai di bebatuan dan bisa dilihat Puncak Ogal - Agil dari area ini. Waktu tempuh hingga ke puncak ini tidak terlalu lama.Dari puncak kamu akan bisa melihat Gunung Semeru dan Gunung Welirang.

Tips Pendakian Gunung Arjuno
  • Bawalah logistik air yang mencukupi untuk pendakian karena kamu akan sulit menemukan sumber air.
  • Dari basecamp ke Pos 1 kamu bisa numpang di truk yang akan ke kebun teh jika beruntung
  • Hindari mendaki pada malam hari apabila kamu tidak hafal jalur pendakian
  • Gunung Arjuno dikenal sebagai gunung yang sakral. Hormati aturan baik tertulis maupun tidak tertulis. Hindari memakai baju merah dan mendaki pada saat berhalangan.
Estimasi Waktu Pendakian
Basecamp - Pos 1 (1 jam)
Pos 1 - Pos 2 (2 jam)
Pos 2 - Pos 3 (3 jam)
Pos 3 - Pos 4 (3 jam 45 menit)
Pos 4 - Plawangan (1 jam 30 menit)
Plawangan - Puncak (1 jam)

Peta Pendakian Gunung Arjuno via Lawang


View Puncak Arjuno

Blogger
Disqus

No comments