Mendaki Gunung Pada Saat Menstruasi

Menstruasi merupakan situasi dimana terjadi proses keluarnya darah dari rahim karena luruhnya lapisan dinding rahim yang mengandung sel - sel telur yang tidak dibuahi. Umumnya sebagian gunung melarang cewek yang sedang menstruasi atau haid untuk didaki. Pelarangan ini bukannya tidak berdasar, banyak hal - hal yang menyebabkan pelarangan cewek yang sedang menstruasi untuk mendaki gunung. Berikut ini adalah alasan - alasan mengapa cewek menstruasi dilarang mendaki gunung :
  • Aturan Setempat
Di gunung terdapat aturan tertulis dan tidak tertulis. Ada yang terang - terangan menyantumkan pelarangan cewek mendaki gunung dan adapula yang tidak. Pelarangan ini lebih mengarah ke mistisme gunung terutama bagi wanita yang sedang menstruasi.Ada beberapa gunung yang secara terang - terangan melarang pendaki wanita yang sedang menstruasi untuk tidak mendaki gunung. Gunung - gunung yang dikenal mistis seperti Gunung Lawu, Gunung Slamet, Gunung Penanggungan akan melarang pendaki cewek yang sedang menstruasi. Alasannya adalah untuk keselamatan sendiri dan menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.  Layaknya di tempat - tempat sejarah yang melarang cewek menstruasi masuk ke situs - situs berbau keagamaan, gunung juga seperti itu. Ditakutkan ketika mendaki dalam keadaan menstruasi akan ada gangguan - gangguan makhluk kasat mata di gunung. Namun, sebagaian cewek ada yang membantah dan memilih untuk percaya dengan tuhan. Asal tidak melamun dan tetap berfikir postif saja.
Baca Juga : Persiapan Pendakian untuk Cewek
  • Bahaya Hewan Buas
Hewan seperti macan, anjing liar dan babi hutan sangat kuat penciumannya, tak terkecuali darah dari cewek yang sedang mengalami masa menstruasi. Darah kotor dari cewek yang sedang menstruasi dapat membuat hewan liar mengendus dan mengikuti sepanjang perjalanan. Ditakutkan hewan tersebut mengikuti dan menyerang para pendaki. Kemungkinannya memang kecil, namun sebisa mungkin hindari hal tersebut.
  • Ketahanan Tubuh Menurun
Pada saat menstruasi, kondisi seorang wanita akan menurun dan menyebabkan kurang fit selama melakukan aktifitas. Biasanya hal ini dipengaruhi lingkungan dan fikiran. Bahkan sebagian ada yang mengalami pingsan karena sakit yang luar biasa di perut. Karena itu sebisa mungkin hindari mendaki ketika menstruasi. Jangan sampai kegiatan mendakimu bersama teman - temanmu malah menjadi beban bagi yang lain.
  • Kontrol Emosi Menurun
Cewek pada masa menstruasi cenderung mengalami emosi yang tidak stabil dan mudah sekali untuk terpancing emosinya. Inilah alasan mengapa laki - laki yang malas mengajak teman perempuannya yang sedang menstruasi. Belum lagi kalau lagi mengeluh sakit, lama dan lain - lain.

Namun meskipun ada beberapa alasan larangan cewek mens dilarang mendaki gunung, bagi kamu yang ngotot pengen mendaki ada beberapa tips kok. Berikut ini adalah tips bagaimana mendaki ketika dalam kondisi menstruasi.
  1. Kenali Tanggal Menstruasimu
    Sebelum memutuskan mendaki, ingat - ingat kapan kamu akan menstruasi dan kapan selesainya. Sehingga kamu dapat mempersiapkannya segala sesuatunya.
  2. Kenali kondisi tubuhmu
    Yang tahu kondisi tubuhmu ya kamu sendiri. Kenali dirimu dan mantapkan dalam hati ketika mau mendaki gunung ketika sedang menstruasi.
  3. Bicarakan Kondisimu dengan Teman Pendakianmu
    Ini sifatnya wajib. Beritahukan kondisimu kepada teman - temanmu agar mereka juga tahu kondisimu dan menjagamu. Jangan sampai di perjalanan baru bilang kalau sedang M. Pasti yang lain akan jengkel dan mungkin akan pikir - pikir untuk mengajakmu mendaki lagi.
  4. Siapkan Amunisi
    Siapkan segala sesuatu terkait masa menstruasimu, baik itu pembalut cadangan, kertas, plastik, tisu dan lain - lain. Usahakan jangan membuang "roti bakarmu" di sembarang tempat.
  5. Bawa Makanan yang Kamu Inginkan
    Bawa makanan - makanan yang dapat membuat moodmu meningkat. Coklat dan makanan - makanan ringanyang lain biasanya dibawa untuk meningkatkan mood seseorang. Bawa secukupnya kira - kira untuk sekali pendakian dan jangan berlebihan.
  6. Hindari Mengeluh dan Manja
    Siapapun pasti akan risih mendengar keluhan dan bicara manja ketika mendaki. Tak terkecuali teman - teman mendakimu. Urungkan niatmu kalau memang ragu - ragu ketika mendaki dalam keadaan menstruasi.
Diatas adalah pertimbangan - pertimbangan untuk kamu yang mau mendaki pada masa menstruasi. Mungkin hal - hal diatas dapat dijadikan pertimbangan dan selalu bilang kondisimu kepada teman sependakianmu.

0 komentar