Keindahan Sikunir, Dieng

Dieng bukanlah destinasi wisata yang asing bagi para pecinta gunung. Dieng merupakan pegunungan yang ada di Jawa Tengah yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo, Kendal, Temanggung, Batang, dan Banjarnegara. Dieng memiliki wisata yang beragam dari mulai candi, kawah, pendakian, danau, perkebunan teh, museum, hingga gardu dan batu pandang. Selain Gunung Prau, Dieng juga memiliki bukit Sikunir yang juga ramai dikunjungi.

Terdapat salah satu spot yang sangat menarik bagi para pengunjung wisata Dieng yaitu puncak Sikunir yang berada di Desa Sembungan, desa tertinggi di Jawa dengan ketinggian 2.100 mdpl. Di Desa Sembungan, selain puncak Sikunir juga terdapat Telaga Cebong yang masih bersih. Sikunir memiliki ketinggian 2.263 mdpl. Biasanya para pendaki mendirikan tenda di pinggir telaga sebelum mendaki Sikunir.

Lokasi dan Rute Menuju Puncak Sikunir
Sikunir berada di kawasan wisata Dieng tepatnya di Desa Sembungan. Untuk menuju ke Desa SSembungan dapat ditempuh melalui kota Wonosobo. Disepanjang jalan sudah terdapat rambu yang menunjukkan arah ke Dieng. Sampai di gerbang Dieng ambil arah kiri menuju ke arah Telaga Warna. Lurus terus hingga sampai di Desa Sembungan. Hati - hati menuju Desa Sembungan karena jalannya belum mulus sebelum sampai ke Desa Sembungan.

Fasilitas di Puncak Sikunir
Terdapat tempat parkir bagi para wisatawan untuk memarkir kendaraan. Selain mendirikan tenda di sekitar Telaga Cebong, kamu juga bisa menyewa homestay dengan harga permalam 75.000 hingga 200.000 untuk rombongan sekitar 10 - 30 orang. Toilet, musholla, warung makan sudah tersedia. Dari homestay hingga ke pendakian Telaga Cebong terdapat jasa ojek dengan harga 5.000 bila kamu tidak mau berjalan kaki dari parkiran menuju pos pendakian dengan jarak sekitar 2 km. Untuk pendakian sendiri tidak dipungut biaya dan hanya parkir dengan tarif yang masih wajar.

Pendakian Gunung Sikunir
Pendakian diawali dari Telaga Cebong dengan pemandangan tebing - tebing puncak Sikunir. Para pendaki biasanya ngecamp di pinggir Telaga Cebong. Disekitar Telaga Cebong sudah terdapat warung - warung untuk memanjakan perut wisatawan. Untuk sampai di puncak Sikunir, waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan. Pos pendakian Sikunir baru dibuka pukul 02.00 dinihari dengan alasan menghindari kecelakaan ataupun hal - hal yang tidak diinginkan.

Golden Sunrise Sikunir
Untuk sampai di puncak Sikunir tidak begitu sulit dengan hanya mengikuti petunjuk arah dengan berbekal senter sebagai penerangan. Sunrise Sikunir terbaik akan bisa dilihat pada sekitar akhir bulan Desember dan awal Januari. Jangan kaget ketika tanggal tersebut dan hari - hari libur Sikunir akan dipenuhi pengunjung. Dari puncak Sikunir, kita bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro Sumbing yang gagah berdiri, serta Gunung Merapi, Merbabu dan Ungaran yang berada di kejauhan.

Pemandangan

0 komentar