Tips Memilih Jam Tangan untuk Mendaki Gunung

Pendakian merupakan sebuah kegiatan outdoor yang menantang dan membutuhkan skill survival di alam liar terutama bagi para laki - laki. Seiring perkembangan zaman, para perempuan juga ikut meramaikan kegiatan pendakian. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk survive di gunung. Salah satunya dengan mempersiapkan peralatan pendakian lengkap sesuai standart kemanan mendaki.

Pendakian sekarang menjadi hobi yang tergolong mahal apabila melihat dari gear, budget logistik kegiatan pendakian hingga transportasi ke daerah pendakian. Bagi para pendaki, tidak hanya peralatan yang diperhatikan namun juga style untuk mendaki dengan berbagai aksesoris peralatan outdoor. Salah satu aksesoris pendukung pendakian yaitu jam tangan. Jam tangan selain sebagai penunjuk waktu biasanya dilengkapi sensor penunjuk ketinggian. Mengenai ketahanan jam tangan outdoor tidak perlu di ragukan lagi. Minimal jam tangan tersebut sudah water resist dan tahan terhadap suhu dingin di gunung. Berikut ini adalah tips membeli jam tangan untuk kegiatan pendakian :

1. Memilih Jam Berwarna Gelap
Biasanya para laki - laki lebih menyukai warna gelap karena terkesan gagah dan sesuai dengan warna pakaian apapun. Untuk itu pilihlah warna jam outdoor dengan warna gelap agar tidak hanya difungsikan sebagai salah satu aksesoris pendakian, namun juga bisa dipakai dalam kegiatan keseharian.

2. Pilih Desain Jam Outdoor yang Memiliki Kemiripan dengan Jam Kegiatan Indoor
Pastinya anda sudah familiar dengan jam Digitec maupun G-Shock yang merupakan jam yang terkenal untuk segmen sport. Terdapat banyak tipe untuk jam outdoor di Digitec atau G-Shock. Pilihlah jam dengan tipe atau jenis khusus untuk kegiatan outdoor namun juga bisa digunakan untuk kegiatan indoor. Biasanya jam untuk kegiatan outdoor memiliki fitur stopwatch, water resist hingga LED light. Kamu juga bisa membeli jam tangan outdoor ke distro outdoor gear khusus kegiatan outdoor seperti Rei, Eiger, Consina dan outdoor gear lain. Di tempat tersebut sangat direkomendasikan karena mereka mengkhususkan pada pembuata aksesoris kegiatan outdoor terutama kegiatan pendakian.

3. Pilihlah Jam Tangan yang Asli
Jam tangan yang asli biasanya mahal harganya. Namun ada baiknya kamu mencari tau di pasar online juga banyak yang menjual jam tangan asli dengan harga terjangkau apabila mau membuka wawasan. Ingat semakin mahal harganya biasanya kualitas juga mengikuti.

4.Pilih Jam dengan Fitus Sesuai Kegiatanmu
Fitur yang paling penting untuk para pendaki yaitu fitur LED light dan water resist. Fitur ini sangat penting bagi para pendaki. LED light sangat berfungsi ketika melakukan kegiatan pendakian pada malam hari. Sedangkan water resist sangat berfungsi apabila cuaca buruk.

0 komentar