Tips Memilih Jam Tangan untuk Mendaki Gunung


Pendakian merupakan sebuah kegiatan outdoor yang menantang dan membutuhkan skill survival di alam liar terutama bagi para laki - laki. Seiring perkembangan zaman, para perempuan juga ikut meramaikan kegiatan pendakian. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk survive di gunung. Salah satunya dengan mempersiapkan peralatan pendakian lengkap sesuai standart kemanan mendaki.

Pendakian sekarang menjadi hobi yang tergolong mahal apabila melihat dari gear, budget logistik kegiatan pendakian hingga transportasi ke daerah pendakian. Bagi para pendaki, tidak hanya peralatan yang diperhatikan namun juga style untuk mendaki dengan berbagai aksesoris peralatan outdoor. Salah satu aksesoris pendukung pendakian yaitu jam tangan. Jam tangan selain sebagai penunjuk waktu biasanya dilengkapi sensor penunjuk ketinggian. Mengenai ketahanan jam tangan outdoor tidak perlu di ragukan lagi. Minimal jam tangan tersebut sudah water resist dan tahan terhadap suhu dingin di gunung. Berikut ini adalah tips membeli jam tangan untuk kegiatan pendakian :

1. Memilih Jam Berwarna Gelap
Biasanya para laki - laki lebih menyukai warna gelap karena terkesan gagah dan sesuai dengan warna pakaian apapun. Untuk itu pilihlah warna jam outdoor dengan warna gelap agar tidak hanya difungsikan sebagai salah satu aksesoris pendakian, namun juga bisa dipakai dalam kegiatan keseharian.

2. Pilih Desain Jam Outdoor yang Memiliki Kemiripan dengan Jam Kegiatan Indoor
Pastinya anda sudah familiar dengan jam Digitec maupun G-Shock yang merupakan jam yang terkenal untuk segmen sport. Terdapat banyak tipe untuk jam outdoor di Digitec atau G-Shock. Pilihlah jam dengan tipe atau jenis khusus untuk kegiatan outdoor namun juga bisa digunakan untuk kegiatan indoor. Biasanya jam untuk kegiatan outdoor memiliki fitur stopwatch, water resist hingga LED light. Kamu juga bisa membeli jam tangan outdoor ke distro outdoor gear khusus kegiatan outdoor seperti Rei, Eiger, Consina dan outdoor gear lain. Di tempat tersebut sangat direkomendasikan karena mereka mengkhususkan pada pembuata aksesoris kegiatan outdoor terutama kegiatan pendakian.


3. Pilihlah Jam Tangan yang Asli
 Jam tangan yang asli biasanya mahal harganya. Namun ada baiknya kamu mencari tau di pasar online juga banyak yang menjual jam tangan asli dengan harga terjangkau apabila mau membuka wawasan. Ingat semakin mahal harganya biasanya kualitas juga mengikuti.

4.Pilih Jam dengan Fitus Sesuai Kegiatanmu
Fitur yang paling penting untuk para pendaki yaitu fitur LED light dan water resist. Fitur ini sangat penting bagi para pendaki. LED light sangat berfungsi ketika melakukan kegiatan pendakian pada malam hari. Sedangkan water resist sangat berfungsi apabila cuaca buruk.


4. Berat Jam Tangan
Ada kata - kata yang sering diucapkan para pendaki yaitu semakin ringan sebuah outdoor gear maka semakin baik, hal ini juga berlaku pada gear jam tangan mountaineering. Bukan hanya ringan namun harus memiliki fungsi jam sebagaimana mestinya. Bobot yang ringan akan sangat berguna agar badan tidak cepat lelah. Dengan bobot yang ringan maka kita akan mudah berakselerasi dengan mudah tanpa meninggalkan fungsi jam sebagai pengingat waktu.

5. Waterproof
Rata - rata jam tangan sekarang sudah dilengkapi dengan fungsi waterproof atau tahan terhadap air. Namun untuk kegiatan pendakian kita butuh fungsi waterproof yang lebih kuat dari biasanya. Tingkat kekuatan waterproof biasanya bisa dilihat dari notasi ___ m (meter) yang merujuk pada kedalaman air serta ___ATM (Atmosphere Pressure) yang berarti tingkat tekanan udara yang dapat diterima jam tersebut.

Pada umumnya, tingkat ketahanan jam tangan didalam air biasanya adalah 30 m, atau 3 ATM water resistant. Meskipun ada fungsi water resistant, jam tangan ini hanya tahan terhadap air ketika mencuci tangan saja. Apabila direndam, maka jam tangan ini akan rusak. Para penyelam biasanya meggunakan spesifikasi jam dengan level notasi 20 ATM atau 200 meter lebih. Level notasi 20 ATM merupakan level untuk berenang di air dangkal. Pada level perenang yang lebih dalam membutuhkan level notasi 30 - 50 ATM. Level notasi untuk mendaki gunung cukup 10 ATM saja.

6. Fungsi Utama Jam
Spesifikasi jam yang digunakan untuk mendaki minimal harus memiliki fungsi barometer (pengukur tekanan udara), altimeter (pengukur ketinggian), dan kompas. Selain itu ada juga yang menambahkan thermometer (pengukur suhu), accelerometer (pengukur kecepatan dan getaran), alarm, heart rate monitor, hingga perhitungan kalori yang keluar dari tubuh.

Semakin banyak fungsinya maka semakin menarik jam tersebut. Namun, apalah arti fungsi yang banyak namun tidak mampu mengoprasikannya. Maka, kita harus tau bagaimana cara mengoprasikan fungsi - fungsi jam tersebut dengan mempelajarinya. Dari berbagai fungsi tersebut, fungsi GPS bisa jadi merupakan fungsi yang sangat dibutuhkan selain fungsi jam sebagai penunjuk waktu. Melalui fungsi GPS ini kita dapat mengecek rute pendakian serta menghubungkan rute peta pendakian yang terekam di jam ke dalam PC. Selain itu ada juga jam tangan yang memiliki tambahan fungsi tracking kondisi fisik seperti kalori dan heart rate monitor.

7. Display Jam Tangan
Display jam tangan terbagi menjadi dua yaitu analog dan digital. Jam yang digunakan untuk mendaki pada umumnya menggunakan display jam tangan digital dimana jam digital memiliki kelebihan mampu menampilkan jenis - jenis fungsi seperti altimeter hingga kompas.

8. Bahan Tali Jam
Ada dua jenis tali jam tangan yang ringan dan tahan yaitu karet silikon dan nilon. Tali silikon tahan terhadap air, tali jenis ini sangat cepat menguapkanair yang ada diantara tangan dan jam yang anda kenakan. Sedangkan tali nilon mudah membuat ruam pada kulit dan agak lama kering.

Postingan terkait: