Pisau untuk Kegiatan Outdoor

Pisau merupakan alat multi fungsi dalam kegiatan outdoor. Pisau dapat dipergunakan untuk menusuk, manyayat, melempar, memotong dan yang terpenting adalah untuk alat bantu dalam membuat api. Jenis pisau sangat banyak menyesuaikan fungsi pemakainya. Pisau sangat berguna bagi para petualang di alam dan merupakan salah satu alat yang wajib dibawa. Di pasaran mulai banyak dijual bermacam pisau dengan kegunaan, harga, bentuk dan kualitas yang bervariasi. Sebelum kalian membeli pisau untuk keperluan outdoor ada baiknya kalian mempelajari pisau terlebih dahulu.

Sebelum membeli pisau ada baiknya melihat merk dari pembuat pisau. Biasanya pisau yang berkualitas baik dibuat oleh negara Swiss ataupun Amerika. Jenis pisau yang digunakan untuk perjalanan rimba (kegiatan di gunung dan di hutan) sebaiknya menggunakan pisau jenis Bowie (hunter maupun survival) sebab pisau ini dapat digunakan dalam berbagai keadaan. Kemudian lengkapi dengan golok tebas dan pisau model Multi Blade untuk memberikan ketenangan dalam perjalanan rimba.

Jenis pisau secara umum dibagi menjadi tiga yaitu,
  • Pisau pinggang
  • Pisau saku (pisau serbaguna)
  • Golok tebas
Macam - macam pisau :
1. Pisau Bowie
Pisau bowie memiliki bentuk sederhana. Pisau ini masuk dalam jenis fighting knife yang berguna untuk mempertahankan diri. Selain difungsikan untuk menusuk, pisau ini juga bisa dipergunakan untuk menetak dan melempar. Pisau ini diperkenalkan oleh James Bowie. Desain dari pisau Bowie lebih mirip ke dasar tipe hunter. Pisau ini paling banyak digunakan untuk kegiatan outdoor.

2. Pisau Komando
Pisau Komando diciptakan oleh Sykes & Fairbins (kolonel) yang dipergunakan untuk pasukan Komando Inggris. Pisau komando pertama kali dipergunakan ketika terjadi Perang Dunia II serta Perang Sanghai. Pisau ini lebih condong ke tipe penusuk meskipun juga sangat baik untuk pisau lempar. Pisau ini kurang cocok untuk digunakan menetak atau menyayat karena akan menghabiskan banyak tenaga.

3. Pisau Skinner (Pengulit)
Pisau jenis skinner didesain untuk kegiatan perburuan dengan bentuk tipis namun sangat tajam. Pisau ini sangat berguna untuk menyayat daging. Sudut mata pisai sangat kecil dengan bagian ujung berbentuk melengkung. Pisau ini memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran serta keperluan.

4. Pisau Lempar
Pisau ini dikhusukan untuk melempar

5. Pisau Serbaguna
Pisau serbaguna (multitool) atau disebut pisau lipat memiliki berbagai macam fungsi seperti pisau kecil, gunting, tusuk gigi, pembuka botol dan lain - lain. Banyak sekali pisau multitool seperti ini dipasaran dengan berbagai kegunaan yang sangat khusus. Yang perlu kamu perhatikan ketika membeli pisau model ini adalah pilih bahan yang kuat, tajam dan tidak mudah patah. Desainnya harus sesuai dan enak untuk digenggam.

Blogger
Disqus

No comments