Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang dikenal paling angker di Jawa karena menyimpan misteri dibalik keberadaan raja terakhir Majapahit yaitu Brawijaya V. Gunung Lawu memiliki tiga puncak diantaranya Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumillah. Hargo Dalem dianggap sebagai tempat moksanya Brawijaya V, Hargo Dumiling dianggap sebagai tempat moksanya Sabdopalon sedangkan Hargo Dumillah sering digunakan sebagai tempat bersemedi oleh orang - orang yang memiliki aliran kebatinan. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3265 mdpl. Terdapat beberapa jalur pendakian untuk bisa sampai di puncak Lawu diantaranya :
  • via Cemoro Kandang
  • via Cemoro Sewu
  • via Jogorogo
  • via Candi Cetho
Basecamp - Pos 1
Jalur Cemoro Kadang dianggap lebih landai daripada jalur Cemoro Sewu, namun lebih lama jarak tempuh menuju puncak. Jalur ini merupakan jalur para peziarah yang akan menuju puncak Lawu. Biasanya mereka menggunakan kuda yang disewa dari Tawangmangu. Perjalanan menuju Pos 1 Tamansari Bawah yaitu berupa trek landai dengan pohon - pohon cemara yang mengitari jalur pendakian. Kamu akan melewati perkebunan milik warga. Perjalanan menuju Pos 1 akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Pos 1 - Pos 2
Perjalanan menuju Pos 2 Tamansari Atas perjalanan akan mulai curam dan kamu akan bisa melihat kawah Condrodimuka yang menyemburkan asap belerang. Di Pos 2 kamu akan menemukan pedagang makanan yang buka pada hari libur dan hari - hari besar. Perjalanan menuju Pos 2 akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan menuju Pos 3 kamu akan melewati sungai kecil dan dilanjutkan dengan menyusuri tebing batu yang sempit serta melewati lereng dari puncak Cokro Suryo. Selain sempit, lereng ini juga berada bersebelahan dengan jurang maka dari itu pendaki diharapkan hati - hati ketika melewati jalur ini terutama pada musim hujan yang rawan longsor dan licin. Perjalanan ke Pos 3 akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Pos 3 - Pos 4
Perjalanan dari Pos 3 menuju Pos 4 kamu akan melewati sebuah mata air yang bernama Sendang Panguripan. Tempat ini dianggap keramat bagi warga setempat, tak heran pada waktu tertetu di tempat ini akan ditemukan sesajen dan bunga - bunga. Jalan menuju Pos 4 cukup terjal, namun di tempat ini ada sedikit hiburan yaitu sudah mulai terlihat vegetasi bunga edelweis. Perjalanan menuju Pos 4 akan menghabiskan waktu 2 jam perjalanan.

Pos 4 - Pos 5
Jalan menuju pos 5 memiliki trek yang bervariasi berupa jalan datar, menanjak dan menurun. Pemandangan dari jalur Pos 4 menuju Pos 5 terbilang indah dengan padang rumput, padang edelweis dan jalur bebatuan. Dari pos 5 mulai nampak beberapa puncak Lawu. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pos 5 yaitu sekitar 1 jam perjalanan

Pos 5 - Puncak
Perjalanan dari Pos 5 menuju puncak Lawu, Hargo Dumilah akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Hargo Dumillah merupakan puncak tertinggi di Lawu dengan ketinggian sekitar 3265 mdpl.

Hargo Dumilah - Hargo DalemDi Hargo Dalem kita dapat menemui Warung Mbok Yem yang terkenal sebagai warung tertinggi di Indonesia. Para pendaki dapat menginap dan membeli makan di puncak ini. Perjalanan menuju Hargo dalem akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Kalkulasi Waktu Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang
Basecamp - Pos 1 (1 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (1 Jam)
Pos 2 - Pos 3 (2 Jam)
Pos 3 - Pos 4 (2 Jam)
Pos 4 - Pos 5 (1 Jam)
Pos 5 - Puncak (1 Jam)
Hargo Dumilah - Hargo Dalem (1 Jam)

Peta Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang


Pemandangan Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Kandang

0 komentar