Pendakian Gunung Sumbing via Mangli, Kaliangkrik

Pendakian Gunung Sumbing via Mangli, Kaliangkrik

Gunung Sumbing adalah salah satu gunung yang berada di 3 kabupaten yaitu Magelang, Wonosobo dan Temanggung serta bersebelahan dengan Gunung Sindoro. Gunung Sumbing dikenal memiliki kembaran yaitu Gunung Sindoro dengan bentang alam yang mirip diantara keduanya. Gunung Sumbing memiliki tingggi sekitar 3371 mdpl. Gunung ini terakhir kali meletus yaitu pada tahun 1730. Dari puncak Sumbing kita bisa melihat beberapa puncak gunung disekitarnya yaitu seperti Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong dan terkadang dari kejauhan terlihat Gunung Slamet.

Terdapat 5 jalur pendakian untuk mencapai puncak Sumbing yaitu
  • via Garung lama dan baru
  • via Cepit
  • via Bowongso
  • via Mangli
  • via Butuh
Rute
Semua kota >> Magelang >> Kec. Kaliangkrik >> Desa Kalegen >> Dusun Mangli

Basecamp - Pos 1
Menuju Pos 1 jalur berupa jalan setapak seperti yang digunakan warga berupa batu - batu yang disusun dengan melewati ladang milik warga. Diujung ladang tersebut kamu akan menemukan Pos 1 yang merupakan batas antara ladang warga dan hutan.

Pos 1 - Pos 2
Perjalanan menuju Pos 2 jarang ditemui penunjuk arah karena memang jalur ini sangat jarang digunakan oleh para pendaki. Trek menanjak tanpa ampun dan jarang sekali ditemukan jalan landai. Disekeliling jalan menuju Pos 2 kamu akan dikelilingi hutan pinus yang seakan tidak ada habisnya.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan menuju Pos 3 kamu akan menemukan sebuah pertigaan yang merupakan pertemuan dari jalur pendakian Butuh dan Mangli.

Pos 3 - Pos 4
Dari Pos 3 menuju Pos 4 jalur akan sama dengan pendakian via Butuh.  Perjalanan menuju Pos 4 jalan agak berat dengan trek tanah yang menanjak serta terkadang tertutup rumput. Estimasi waktu sampai di Pos 4 adalah sekitar 2,5 jam. Pos 4 terdapat tanah lapang yang bisa memuat 10 tenda. Namun tanah lapang tersebut agak miring sehingga membutuhkan sedikit akal agar bisa tidur dengan nyaman. Pos 4 ini merupakan tempat favorit untuk mendirikan tenda.

Pos 4 - Puncak
Perjalanan menuju puncak Kaliangkrik kamu akan menemukan trek tanah bercampur krikil yang licin apabila terjadi hujan. Perjalanan dari Pos 4 menuju puncak Kaliangkrik akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 hingga 2 Jam. Dari puncak ini kamu bisa melihat gunung - gunung di sekitar Sumbing diantaranya Gunung Sindoro, Merapi, Merbabu, Lawu, Andong, dan terkadang terlihat dari kejauhan Gunung Slamet.

Kalkulasi Pendakian Sumbing via Mangli
Basecamp - Pos 1 (1 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (1 Jam)
Pos 2- Pos 3 (1 Jam)
Pos 3 - Pos 4 (2,5 Jam)
Pos 4 - Punck (2 Jam)

Tips mendaki Sumbing via Mangli
  • Jalur Mangli relatif sepi namun juga terbilang lebih mudah. Rata - rata para pendaki lebih memilih jalur Garung untuk mendaki Sumbing
  • Menurut pengalaman para pendaki, jalur ini memiliki pemandangan yang terindah.
  • Pendirian tenda disarankan di Pos 4
Peta Pendakian Gunung Sumbing via Mangli


Pemandangan Gunung Sumbing via Mangli

Share this:

Disqus Comments