Pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Kaliangkrik

Pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Kaliangkrik

Gunung Sumbing merupakan gunung yang terletak di tiga kabupaten yaitu Wonosobo, Temanggung dan Magelang. Gunung Sumbing adalah gunung tertinggi ke 3 di Jawa dengan ketinggian 3371 mdpl. Layaknya Gunung Merapi dan Merbabu, Gunung Sumbing dan Sindoro seolah menjadi pasangan serasi di daerah Temanggung dan Wonosobo. Kedua gunung ini sering disebut gunung kembar karena bentang alamnya yang memang memiliki kemiripan. Celah diantara kedua gunung ini menjadi jalur provinsi yang menghubungkan Wonosobo dan Temanggung, jalan ini sering disebut dengan nama kledung pass.

Gunung Sumbing memiliki beberapa puncak diantaranya puncak Buntu, puncak Kaliangkrik, Puncak Kawah dan Puncak Rajawali. Untuk mendaki Gunung Sumbing terdapat beberapa jalur yang dapat ditempuh diantaranya
  • via Garung lama dan Garung baru
  • via Bowongso
  • via Butuh
  • via Mangli
Salah satu jalur yang masih jarang dipakai adalah jalur Kaliangkrik. Jalur ini tergolong baru dan minim akan  petunjuk serta masih tergolong alami. Jalur ini sangat cocok buat kamu yang suka tantangan.

Rute
Semua Kota >> Magelang >> Kecamatan Kaliangkrik >> Dusun Butuh

Basecamp - Pos 1
Jalan yang dilalui dari basecamp menuju Pos 1 kamu akan melewati perkebunan warga, jalur yang dilalui berupa batu - batu yang disusun dengan trek menanjak. Dari basecamp menuju Pos 1 akan banyak ditemui sumber air, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pos 1 yaitu sekitar 2 jam perjalanan. Pos 1 ditandai dengan adanya tiang pipa dengan tulisan camp 1. Di Pos 1 tidak terdapat shelter yang ada cuma sebidang tanah yang hanya muat untuk satu tenda saja.

Pos 1 - Pos 2
Jalan menuju Pos 2 ditandai dengan memasuki area hutan pinus. Jalan menuju Pos 2 masih berupa track bebatuan yang tersusun, namun track menuju Pos 2 tidak terlalu nanjak seperti perjalanan ke Pos 1. Estimasi waktu untuk sampai di Pos 2 yaitu sekitar 1 jam. Pos 2 ditandai dengan tiang pipa bertuliskan camp 2 dengan tanah lapang yang cukup memuat dua hingga tiga tenda saja. Jalan menuju Pos 2 tidak akan ditemukan sumber air.

Pos 2 - Pos 3
Menuju Pos 3 jalan terbilang landai dan agak menurun dengan trek berupa tanah. Jalan menuju pos 3 dihimpit oleh semak - semak namun jalan masih terlihat jelas. Estimasi waktu sampai di Pos 3 adalah sekitar 1 jam perjalanan. Jalan menuju ke Pos 3 kalian akan menemui sungai, kalian bisa mengisi air disini, namun ketika musim kemarau sungai disini akan surut. Pos 3 berupa tanah lapang yang hanya cukup untuk dua hingga tiga tenda saja. Pos 3 ditandai dengan adanya tiang pipa yang bertuliskan camp 3. Sebelum sampai di Pos 3 akan ada pertigaan, ambil jalur kiri lurus, sedangkan apabila ambil jalan yang kanan kamu akan sampai ke desa Mangli. Pertigaan ini merupakan pertemuan jalur Butuh dan jalur Mangli.

Pos 3 - Pos 4
Perjalanan menuju Pos 4 agak berat. Jalan mulai menanjak dengan trek berupa tanah dan jalur tertutup rumput namun jalan masih terlihat. Apabila kamu mendaki pada waktu siang, kamu akan melihat pemandangan yang indah sepanjang Pos 3 hingga Pos 4. Perjalanan menuju Pos 4 akan menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam. Di Pos 4 ini kamu bisa mendirikan tenda hingga 10 tenda namun tempatnya agak miring. Pos 4 merupakan tempat favorit untuk mendirikan tenda dengan view yang indah didepannya.

Pos 4 - Puncak
Pendakian dari Kaliangkrik bisa mencapai tiga puncak sekaligus diantaranya puncak Kaliangkrik, Puncak Rajawali dan Puncak Kawah. Trek menuju puncak berupa tanah bercampur krikil dan menjadi licin ketika musim hujan. Ketika summit, dianjurkan untuk meninggalkan barang dan hanya membawa barang logistik yang diperlukan seperti cemilan dan jas hujan. Selama satu jam perjalanan kamu akan menemukan pertigaan, apabila lurus kamu akan mencapai puncak Kaliangkrik, dan apabila menurun kamu akan sampai ke puncak Rajawali dan Kawah. Apabila kamu akan ke puncak Rajawali dan Kawah kamu akan melewati sabana.

Dari pertigaan ini menuju puncak Kaliangkrik akan memakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit, untuk mencapai puncak Kawah akan menghabiskan waktu 45 hingga 60 menit, sedangkan untuk sampai ke puncak Rajawali akan menghabiskan waktu 1,5 jam dengan medan yang lebih berat. Dari puncak Kawah menuju Segara Wedi akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit dengan jalan yang landai.

Kalkulasi Waktu Pendakian Gunung Sumbing via Butuh, Kaliangkrik
  • Basecamp - Pos 1 (2 Jam)
  • Pos 1 - Pos 2 (1 Jam)
  • Pos 2 - Pos 3 (1 Jam)
  • Pos 3 - Pos 4 (2,5 Jam)
  • Pos 4 - puncak Kaliangkrik (1,5 Jam)
  • Pos 4 - puncak Kawah (2 Jam)
  • Pos 4 - puncak Rajawali (2,5 Jam)
Nomer yang bisa dihubungi : Bapak Lilik Setyawan (089688246671)
Peta Pendakian Gunung Sumbing via Kaliangkrik
sumber : Kemanahore.com

Pemandangan Pendakian Gunung Sumbing via Kaliangkrik
Sumber
  • arifriyanto.com
  • ikalkeriting.blogspot.com
  • kalegen.esy.es
Video Pendakian Sumbing via Kaliangkrik

Share this:

Disqus Comments