Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso

Gunung Sumbing merupakan satu diantara sekian gunung yang ada di Jawa Tengah. Gunung Sumbing memiliki ketinggian sekitar 3371 mdpl dan terletak di tiga kabupaten yaitu sisi barat Sumbing berada pada Kabupaten Wonosobo, sisi utara dan timur Sumbing berada pada Kabupaten Temanggung dan sisi tenggara serta selatan berada pada Kabupaten Magelang. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ke tiga setelah Gunung Semeru dan Slamet. Jalur pendakian Gunung Sumbing terdapat empat buah yakni :
  • via Garung, Kalikajar, Wonosobo
  • via Cepit, Bulu, Temanggung
  • via Kaliangkrik, Magelang
  • via Bowongso, Kalikajar, Wonosobo
Jalur Bowongso merupakan jalur yang telah dibuka sejak 2007 oleh para penggiat alam, masyarakat dan dibantu beberapa pihak lain. Untuk mencapai Bowongso kamu terlebih dahulu ke Kota Wonosobo, dilanjutkan ke Kecamatan Kalikajar, dan menuju desa Bowongso.

Basecamp - Pos 1 (2 jam)
Perjalanan ke Pos 1 diawali oleh trek bebatuan yang tersusun rapi dan melewati ladang milik penduduk dengan tanjakan yang lumayan landai. Setelah jalan bebatuan habis kita akan menemui jalan tanah dengan percabangan  yaitu kekiri merupakan jalan untuk mencari kayu apabila diteruskan akan bertemu dengan rute pendakian Garung, sedangkan yang lurus adalah jalan menuju puncak. Setelah melewati percabangan jalan, kamu akan menemui jalan yang menurun dan berbelok ke kanan menuju punggungan ke arah puncak.

Dari punggungan ini kalian akan memasuki kawasan hutan dengan papan peraturan yang dibuat pihak perhutani. Dari sini mulai banyak penunjuk arah menuju puncak. Pos 1 ditandai dengan medan yang mulai bersemak. Di Pos 1 kalian akan menemukan dua shelter yang terbuat dari kayu. Pos 1 terletak di tengah hutan diantara vegetasi pohon yang cukup rapat.

Pos 1 - Pos 2 (2 Jam)
Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 akan dipenuhi medan bersemak dan tanjakan bervariasi. Semakin keatas vegetasi pohon mulai jarang ditemui dan akan semakin terbuka. Disini kita sudah dekat dengan Pos 2. Pos 2 atau sering disebut dengan nama Pos Bogel adalah pos yang berada diantara pohon bogel (pohon yang berukuran pendek walaupun sudah berumur). Di Pos 2 ini kalian bisa mendirikan sekitar 2 hingga 3 tenda saja.

Pos 2 - Pos 3 (2 Jam)
Dari Pos 2 menuju Pos 3 jalan akan terus menanjak dan semakin terbuka dengan semak - semak yang ada di kiri dan kanan. Perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3 angin akan mulai berhembus kencang. Pos 3 merupakan tempat paling nyaman untuk mendirikan tenda yaitu diantara padang rumput dan beberapa pohon. Di Pos 3 ini kita akan terlindungi pohon disekitar dan mampu menampung hingga sekitar 10 tenda. Di Pos ini juga merupakan pos yang sering digunakan ngecamp untuk selanjutnya melakukan summit.

Pos 3 - Puncak (2 jam)
Dari Pos 3 akan menemukan percabangan jalur yaitu yang lurus merupakan jalan yang memotong dimana medan yang terjal dan yang akan dilewati tidak begitu jelas. Sedangkan yang kekanan kamu akan melewati cerukan dilanjutkan menyusuri punggungan sebelah kanan dari Pos 3. Jalur ini lebih jelas dibanding jalur yang lurus walaupun lebih lama. Kedua jalur ini akan bertemu kembali tepat diatas Pos 3 kemudian dilanjutkan dengan jalan yang mulai menanjak dengan medan bebatuan. Semakin mendekati puncak medan akan terasa terjal dan bervariasi dengan batuan besar berada di sepanjang jalur.

Sesampainya di puncak kita bisa melihat kawah Sumbing yang disebut Segoro Wedi yang bisa dituruni melalui sisi kiri atau kamu juga bisa langsung menuju Punak Buntu lewat sisi kanan. Puncak Buntu ditandai dengan adanya bendera serta batu yang bertumpuk menjulang keatas. Puncak Buntu merupakan puncak yang paling sering disinggahi oleh pendakian dari jalur manapun. Sedangkan Puncak Sejati atau disebut juga Puncak Kawah berada di sebelah selatan Puncak Buntu. Puncak Sejati bisa dicapai menggunakan tali atau webbing. Kita harus melewati jurang yang cukup terjal setelah itu akan menemui puncak kawah (3371 mdpl). Dari puncak Gunung Sumbing kamu bisa melihat gunung - gunung lain diantaranya Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu dan Gunung Slamet.

Kalkulasi Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso (8 Jam) :
Basecamp - Pos 1 (2 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (2 Jam)
Pos 2 - Pos 3 (2 Jam)
Pos 3 - Puncak (2 Jam)

Peta Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso


Pemandangan Gunung Sumbing via Bowongso

0 komentar