Pendakian Gunung Slamet via Guci, Tegal

Pendakian Gunung Slamet via Guci, Tegal

Gunung Slamet memiliki tinggi 3428 mdpl merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang berada di provinsi Jawa Tengah. Gunung ini berada pada 5 kabupaten sekaligus diantaranya yaitu Brebes, Banyumas, Pemalang, Purbalingga dan Tegal. Terdapat beberapa jalur pendakian untuk bisa sampai di puncak Slamet. Salah satu dari jalur - jalur pendakian tersebut adalah via Guci, Kabupaten Tegal. Akses menuju basecamp Guci tergolong mudah. Kawasan Guci merupakan kawasan wisata pemandian air panas dan kawasan wisata air terjun (curug).

Rute
Semua Kota >> Tegal >> Lebaksiu >> Guci

Basecamp - Pos 1
Dari basecamp kamu akan melewati jalan beraspal hingga sampai di sebuah jembatan berjarak 500 meter dari basecamp. Sebelum melewati jembatan kamu akan melihat air terjun, belok kanan dan naik menuju jalan setapak. Trek yang kamu temui selanjutnya berupa tanah dan akan disambung trek dari batu. Kamu akan masuk ke hutan dengan vegetasi pinus. Jalan menuju Pos 1 cukup landai dengan waktu yang dibutuhkan hingga Pos 1 adalah sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pos 1 - Pos 2 (Pondok Cemara)
Perjalanan menuju Pos 2 jalan akan semakin padat di tumbuhi semak belukar. Jalan menuju Pos 2 akan licin ketika musim hujan. Banyak pohon tumbang dan kamu harus merunduk untuk melewatinya. Waktu tempuh untuk sampai di Pos 2 adalah sekitar 1 jam perjalanan.

Pos 2 - Pos 3 (Pondok Pasang)
Perjalanan menuju Pos 3 kamu akan melewati semak belukar / perdu yang menutupi jalan hingga jalan tidak jelas terlihat. Maka dari itu usahakan melakukan pendakian pada siang hari  untuk menghindari tersesat di jalur pendakian maupun binatang buas. Perdu yang kita lewati sesekali akan membuat kita sakit di kaki maupun tangan karena goresan dari daun - daun perdu. Usahakan menggunakan celana panjang, gaiters, sarung tangan maupun manset untuk mengurangi gesekan dengan perdu. Trek menuju Pos 3 akan menanjak dengan estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan.

Pos 3 - Pos 4 (Pondok Kemantu)
Menuju Pos 4 jalan akan mulai berat dan terjal. Kamu akan menemukan beberapa pohon yang berlumut disekitarmu. Sebelum sampai di Pos 4 kamu akan bertemu dengan lorong dan untuk melewatinya kamu harus merangkak dan merayap. Hati - hati dalam melewati jalan ini, biasanya cerirmu akan tersangkut batang - batang yang menjalar. Perjalanan menuju Pos 4 akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Pos 4 - Pos 5 (Cantingi)
Di area Pos 4 kamu akan menemui sumber mata air. Perjalanan menuju Pos 5 trek menanjak dan terasa licin. Kamu akan menemukan beberapa pohon yang menjorok ke jalan. Satu jam perjalanan kamu akan melewati pondok Eidelweis, namun pondok ini sudah rusak. 45 menit dari pondok Eidelweis selanjutnya sampai Pos 5. Total perjalanan dari Pos 4 menuju Pos 5 yaitu sekitar 1 jam 45 menit.

Pos 5 - Puncak
Pos 5 merupakan vegetasi terbuka atau disebut juga Plawangan. Para pendaki biasanya mendirikan tenda di tempat ini untuk selanjutnya melakukan summit ke Gunung Slamet. Perjalanan menuju puncak trek yang dilewati berupa bebatuan yang rawan longsor. Waspada saat melewati jalur ini. Perjalanan menuju puncak dri Pos 5 membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan dan tiba di puncak Slamet 3428 mdpl.

Secara umum, pendakian via Guci lebih lama dari jalur Bambangan. Namun, pendakian Guci dikenal dengan vegetasi alamnya yang memanjakan mata. Selain itu pendakian jalur Guci terdapat wisata pemandian air panas yang sangat cocok disinggahi setelah mendaki Slamet.

Sumber : http://pendaki-lakalaka.blogspot.co.id/2016/05/rute-pendakian-gunung-slamet-jalur-guci.html

Estimasi Pendakian Slamet via Guci
Basecamp - Pos 1 (1,5 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (1 Jam)
Pos 2 - Pos 3 (1 Jam)
Pos 3 - Pos 4 (2 Jam)
Pos 4 - Pos 5 (1 Jam 45 Menit)
Pos 5 - Puncak (2,5 Jam)

Peta Pendakian Gunung Slamet via Guci

Pendakian Gunung Slamet via Guci

Share this:

Disqus Comments