Pendakian Gunung Slamet via Bambangan

Pendakian Gunung Slamet via Bambangan

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian sekitar 3428 mdpl. Gunung Slamet berada pada 5 kabupaten yakni Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang. Ada beberapa jalur pendakian untuk bisa sampai di puncak Slamet diantaranya :
  • via Bambangan Purbalingga
  • via Baturaden Purwokerto
  • via Guci Tegal
  • via Kaliwadas Brebes
  • via Kaligua Bumiayu
  • via Dukuhliwung Tegal
Pendakian favorit untuk sampai di puncak Slamet adalah via Bambangan yang dianggap sebagai rute terpendek.

Rute
Semua Kota >> Purbalingga >> Pertigaan Serayu >> Desa Bambangan

Basecamp - Pos 1
Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 dimulai dengan jalan aspal menuju gerbang pendakian tak jauh dari basecamp. Perjalanan diawali dengan berjalan di jalan setapak dengan menyusuri perkebunan warga. Apabila kamu sampai di pertigaan, ambil arah kiri hingga sampai di lapangan yang lumayan luas. Setelah lapangan ini kamu akan menemui jalan menanjak hingga sampai di Pos 1 Pondok Gemirung (Gardu Pandang). Pos 1 berupa shelter yang berada di ketinggian 1935 mdpl.

Pos 1 - Pos 2
Perjalanan menuju Pos 2 kamu akan masuk ke dalam area hutan dengan vegetasi yang rapat. Jalan berupa tanah padat dan akan terus menanjak serta sedikit jalan dataran hingga sampai di Pos 2 Walang. Pos 2 berada di ketinggian 2220 mdpl dengan tanah datar yang cukup luas. Area ini cukup teduh dan ditutupi pepohonan besar.

Pos 2 - Pos 3
Dari Pos 2 menuju Pos 3 jalan akan sedikit lebih ringan namun tetap menanjak dengan melewati vegetasi pohon yang lebat serta semak - semak hingga sampai di Pos 3 Cemara. Pos Cemara berada di ketinggian 2465 mdpl dengan tanah datar yang kecil bila dibandingkan dengan pos 2.

Pos 3 - Pos 4
Perjalanan menuju Pos 4 trek masih sama didominasi pepohonan dengan trek menanjak hingga sampai di Pos 4. Pos 4 berada di ketinggian 2635 mdpl dengan area datar yang tidak terlalu luas.

Pos 4 - Pos 5
Perjalanan menuju Pos 5 trek masih tetap menanjak dan ketika akan sampai di Pos 5 vegetasi akan terbuka. Jarak antar Pos 4 menuju Pos 5 tidak terlalu jauh. Pos 5 Pondok Mata Air berada di ketinggian sekitar 2775 mdpl dan merupakan tempat favorit untuk mendirikan tenda. Di Pos ini terdapat mata air musiman ketika musim hujan. Di Pos 5 terdapat shelter yang dapat dimanfaatkan para pendaki untuk bermalam. Selain itu juga terdapat tanah lapang untuk mendirikan tenda.

Pos 5 - Pos 6
Perjalanan menuju Pos 6 vegetasi mulai terbuka dan berjarak tidak terlalu jauh. Pos 6 Samyang Rangkah berupa tanah datar sempit.

Pos 6 - Pos 7
Perjalanan menuju Pos 7 trek semakin terbuka dengan pemandangan yang mulai nampak. Sebelum Pos 7 terdapat dataran yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda. Setelah dataran tersebut kamu akan melewati tanjakan sempit dan sampai di Pos 7. Pos 7 Samyang Jampang berada di ketinggian 2990 mdpl. Pos 7 juga merupakan tempat favorit untuk mendirikan tenda sebelum melakukan summit ke puncak Slamet. Di Pos 7 terdapat shelter yang bisa digunakan untuk bermalam . Di Pos 7 kamu bisa melihat gunung - gunung sekitar seperti Sindoro Sumbing dan Gunung Merapi Merbabu jika tidak ada kabut.

Pos 7 - Plawangan
Perjalanan menuju Plawangan vegetasi terbuka hingga keluar vegetasi. Trek semakin terbuka dengan lahan terbuka dan keluar dari hutan.

Plawangan - Puncak Slamet
Trek menuju puncak Slamet akan menemui jalur bebatuan krikil yang labil. Tidak ada pohon untuk kamu jadikan pegangan, jadi hati - hatilah. Puncak Slamet berada pada ketinggian 3428 mdpl dengan nama Puncak Surono. Dari puncak ini kamu bisa melihat kaldera Segoro Wedi. Gunung - gunung lain seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung, Merbabu, Gunung Prau akan nampak kecil berada di kejauhan. Dari sisi yang berseberangan akan nampak Gunung Ciremai yang berdiri kokoh. Untuk mencapai Segoro Wedi kamu bisa menyusuri daerah berpasir pada bibir kawah. Dari sini kamu akan bisa melihat sembulan gas dari bibir kawah.

Kalkulasi Waktu Pendakian
Basecamp - Pos 1 (1 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (1 Jam 30 Menit)
Pos 2 - Pos 3 (1 Jam)
Pos 3 - Pos 4 (40 Menit)
Pos 4 - Pos 5 (50 Menit)
Pos 5 - Pos 6 (20 Menit)
Pos 6 - Pos 7 (30 Menit)
Pos 7 - Plawangan (45 Menit)
Plawangan - Puncak (1 Jam 15 Menit)
Puncak - Kawah (20 Menit)

Peta Pendakian Gunung Slamet via Bambangan


Pemandangan Pendakian Slamet via Bambangan

Share this:

Disqus Comments