Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang

Gunung Sindoro merupakan gunung volcano aktif berbentuk kerucut. Gunung Sindoro memiliki puncak berupa kawah dengan ketinggian 3.136 mdpl. Layaknya Merapi dan Merbabu, Gunung Sindoro juga memiliki pendamping yaitu Gunung Sumbing yang berada di sebelahnya.

Pendakian Sindoro memiliki dua jalur yang dianggap favorit yaitu jalur Kledung dan Sigedang. Jalur Sigedang berada di Kecamatan Tambi, Kabupaten Wonosobo. Jalur ini dianggap paling cepat mencapai puncak Sindoro. Jalur Sigedang juga memiliki nama lain yaitu Jalur Tambi dan Jalur Sikatok. Selain Jalur Sigedang terdapat jalur pendakian lain diantaranya :
  • Jalur Sibajak, Temanggung
  • Jalur Jlumprit, Dusun Katekan, Temanggung
  • Jalur Kledung, Dusun Kledung, Temanggung
Transportasi Menuju Sigedang
Semua Kota >> Wonosobo >> Tambi >> Desa Sigedang

Basecamp - Pertigaan Kebun Teh Sikatok
Dari basecamp kita akan melalui kebun teh dengan jalan masih beraspal. Kamu bisa menggunakan angkot menuju pertigaan kebun teh Sikatok yang merupakan titik awal menuju jalur pendakian Gunung Sindoro. Estimasi waktu hingga sampai di pertigaan kebun teh Sikatok yaitu sekitar 20 menit.

Pertigaan Kebun Teh - Pos  1
Dari pertigaan kebun teh dilanjutkan menuju pos 1 dengan trek berupa hamparan kebun teh dengan estimasi waktu sekitar 30 menit. Disepanjang jalan kamu akan dimanjakan hijaunya perkebunan teh.

Pos 1 - Pos 2 (Gardu Pandang)
Dari Pos 1 menuju Pos 2 jalan masih sama yaitu melalui kebun teh. Estimasi waktu hingga pos 3 sekitar 30 menit.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan Pos 2 menuju Pos 3 masih didominasi perkebunan teh dengan hamparan hijaunya dedaunan teh. Pos 3 merupakan batas teh dengan ilalang. Estimasi waktu hingga ke Pos 3 yaitu sekitar 30 menit.

Pos 3 - Watu Susun
Perjalanan dari Pos 3 menuju ke Watu Susun jalanan mulai menanjak dengan suasana alam terbuka. Pos Watu Susun ditandai dengan adanya tebing batu besar atau tebing jeblung alit atau disebut juga Watu Susun. Estimasi perjalanan hingga ke Watu Susun yaitu sekitar 3 jam.

Watu Susun - Segoro Wedi 
Setelah dari Watu Susun perjalanan dilanjutkan ke Segoro Wedi  yaitu hamparan padang rumput yang merupakan favorit pendaki untuk mendirikan tenda. Estimasi waktu hingga sampai di Segoro Wedi yaitu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Segoro Wedi - Puncak
Dari Segoro Wedi menuju Puncak jarak yang ditempuh sangat dekat yaitu dengan perjalanan sekitar 30 menit dengan jalur bebatuan dan menanjak. Di puncak Gunung Sindoro kalian bisa melihat pemandangan gunung - gunung yang mengitari Sindoro diantaranya Gunung Merapi, Merbabu, Gunung Sumbing dan Slamet yang terlihat samar - samar dari kejauhan. Total perjalanan dari basecamp menuju puncak Sindoro yaitu sekitar 6,5 jam.

Kalkulasi Waktu Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang
Basecamp - Pertigaan Kebun Teh Sikatok (20 Menit)
Pertigaan Kebun Teh - Pos  1 (30 Menit)
Pos 1 - Pos 2 (Gardu Pandang) (30 Menit)
Pos 2 - Pos 3 (30 Menit)
Pos 3 - Watu Susun (3 Jam)
Watu Susun - Segoro Wedi (1,5 Menit)
Segoro Wedi - Puncak (30 Menit)

Peta Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang


Pemandangan Gunung Sindoro via Sigedang

0 komentar