Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung aktif di Jawa Tengah. Sindoro memiliki ketinggian 3.153 mdpl yang terletak di daerah Temanggung dan perbatasan Wonosobo. Gunung Sindoro bersebelahan dengan Gunung Sumbing layaknya Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Pendakian Sindoro terdapat dua jalur favorit yaitu pendakian Sindoro via Kledung dan Sigedang. Jalur Kledung dianggap sebagai jalur paling cepat untuk mencapai puncak Sindoro. Berikut ini adalah catatan perjalanan dari basecamp hingga ke puncak Sindoro

Basecamp - Pos 1
Dari basecamp menuju pos 1 kalian membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Selama perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan perkebunan dan ladang milik warga. Jalan yang dilalui masih berupa aspal. Di tengah perjalanan kalian akan menemui pos bayangan yang biasanya dipakai pangkalan ojek yang akan menawarkan jasanya untuk memangkas waktu perjalanan. Tarif per orang dikenakan 15.000.

Pos 1 - Pos 2
Dari pos 1 kalian akan memulai dengan jalan setapak yang menanjak, berkelok dan menurun dengan pemandangan berupa pepohonan hijau. Estimasi waktu hingga ke pos 2 yaitu sekitar 1 jam. Pos 2 berupa bangunan kayu seperti warung yang tak berpenghuni. Disini kalian bisa beristirahat sejenak melepas lelah selama perjalanan.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 didominasi dengan jalan yang menanjak dan berbatu. Disini kalian bisa melihat pemandangan Gunung Sumbing. Waktu perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 yaitu sekitar 2 hingga 3 jam.

Pos 3 - Pos 4 (Watu Tatah)
Pos 3 merupakan dataran yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Perjalanan dari pos 3 menuju pos 4 kalian akan menemui jalan yang curam dan didominasi oleh bebatuan serta terkadang terdapat tanjakan yang susah dilalui. Waktu perjalanan dari pos 3 menuju pos 4 yaitu skitar 1,5 jam.

Pos 4 - Puncak
Pos 4 atau disebut juga Batu Tatah merupakan dataran, namun tempat ini tidak disarankan membuat tenda karena angin di tempat ini bisa datang dengan tiba - tiba hingga menerjang tenda. Perjalanan dari pos 4 menuju puncak didominasi jalanan yang menanjak dan berbatu. Disepanjang perjalanan kalian akan menemukan hutan lamtoro. Setelah melewati hutan lamtoro kalian akan menemukan padang Edelweis. Dari padang Edelweis ini waktu yang dibutuhkan hingga mencapai puncak yaitu sekitar 1,5 jam lagi. Perhatikan untuk tidak mendekati bibir kawah Sindoro atau bahkan turun ke kawah. Banyak orang yang telah menjadi korban dari kawah Sindoro terutama ketika musim hujan.

Kalkulasi Perjalanan
Basecamp hingga Pos 1 (1,5 jam)
Pos 1 hingga Pos 2 (1 Jam)
Pos 2 hingga Pos 3 (2 Jam)
Pos 3 hingga Pos 4 (1,5 Jam)
Pos 4 hingga Puncak (1,5 Jam)
Total perjalanan hingga ke puncak yaitu 7,5 jam perjalanan. Waktu tempuh untuk turun gunung dikurangi 20-40% jadi sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan.

Peta Pendakian Sindoro via Kledung


Pemandangan Gunung Sindoro

Video Pendakian Gunung Sindoro

Share this:

Disqus Comments