Pendakian Gunung Sindoro via Bansari

Sindoro merupakan gunung aktif dengan ketinggian 3153 mdpl. Gunung Sindoro terletak pada dua kabupaten yaitu Temanggung dan Wonosobo. Untuk mencapai puncak Sindoro, terdapat beberapa jalur pendakian yang digunakan oleh para pendaki. Jalur pendakian favorit untuk mendaki Sindoro adalah jalur Kledung, Sigedang serta Bansari.

Jalur Bansari merupakan salah satu jalur pendakian Sindoro yang terletak di Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Akses ke Bansari bisa dijangkau dari Kota Temanggung menuju Parakan dan dilanjutkan ke Kecamatan Bansari dan menuju Basecamp Kompas (Komunitas Peduli Alam Sindoro). Basecamp Bansari terletak 300 meter dari Kecamatan Bansari.

Rute ke Basecamp Bansari
Semua Kota >> Temanggung >> Parakan >> Bansari >> Basecamp Kompas

Basecamp - Pos 1
Selama perjalanan dari Basecamp menuju Pos 1, kamu akan melewati ladang penduduk dengan jalan selebar 1,5 meter berupa bebatuan yang tertata. Estimasi waktu dari basecamp hingga Pos 1 adalah 1,5 jam perjalanan. Kamu bisa menghemat tenaga dengan naik ojek atau mobil pickup yang bersedia mengantar pendaki hingga ke Pos 1. Harga ojek untuk sekali jalan yaitu Rp 15.000. Sedangkan untuk pickup, jika kamu beruntung kamu bisa mendapat harga Rp 150.000 hingga Rp 200.000 untuk keberangkatan dan dijemput ketika turun gunung.

Pos 1 - Pos 2
Pos 1 menuju Pos 2 kamu akan memasuki hutan dengan jalan berkelok di awalnya. Pada akhir tikungan kamu akan mendapati tanjakan yang dikenal dengan Tanjakan Iblis. Tanjakan ini akan memaksa kamu berjalan menanjak hingga ke Pos 2 Disekitar jalan menuju Pos 2 kamu akan menemukan pepohonan yang cukup rindang dengan beberapa bunga dan tumbuhan pakis di tepi jalur pendakian. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pos 2 adalah sekitar 1 jam.

Pos 2 - Pos 3 (Tunggangan)
Pos 2 menuju Pos 3 jalanan masih akan melewati pepohonan yaitu berupa pohon lamtoro dengan sedikit semak belukar. Selama 1 jam jalanan akan terus menanjak tanpa adanya bonus. Di pos 3 kamu akan menemui shelter yang terbuat dari kayu dengan atap berupa seng. Beberapa meter dari sini kamu juga bisa menemukan sumber air, tapi jangan terlalu berharap karena terkadang sumber air disini kering saat musim - musim tertentu.

Pos 3 - Pos 4 (Bukit Soma)
Pos 4 tidak terlalu jauh dari Pos 3. Jalur yang dilalui untuk sampai di Pos 4 masih akan menanjak . Di pos 4 ini kamu bisa mendirikan tenda, namun tempatnya sempit dan hanya bisa menampung 2 hingga 3 tenda. Waktu tempuh untuk bisa mencapai Pos 4 adalah sekitar 1 jam.

Pos 4 - Pos 5 (Mlelan)
Pos 4 hingga Pos 5 merupakan jarak paling jauh diantara pos 1, 2, 3, dan 4. Namun selama perjalanan dari Pos 4 hingga Pos 5 kamu akan menemukan pos - pos bayangan yang bisa kamu manfaatkan untuk istirahat sejenak. Pemandangan dari Pos 4 hingga Pos 5 pun tergolong bagus bila dibandingkan dengan pos - pos sebelumnya. Pos 5 sendiri merupakan tempat terbuka dan cocok untuk mendirikan tenda. Di Pos 5 ini bisa menampung sekitar 8 tenda. Waktu yang diperlukan untuk mencapai pos 5 adalah sekitar 1,5 jam.

Pos 5 - Pos 6
Pos 5 menuju Pos 6 juga termasuk pada jarak yang paling jauh dari sebelumnya. Jalur yang dilewati berupa hamparan yang terbuka dengan beberapa puncak yang menipu mata. Namun kamu akan terhibur dengan adanya bunga edelweis yang berada di kanan dan kiri perjalanan. Tempatnya yang rimbun oleh pohon edelweis membuat Pos 6 sangat cocok untuk mendirikan tenda. Perjalanan dari pos 5 menuju Pos 6 menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pos 6 - Puncak
Dari Pos 6, puncak sudah semakin dekat. Perjalanan dari Pos 6 menuju puncak akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Ketika di puncak, hati - hati dengan gas yang keluar dari kawah Sindoro. Perhatikan arah angin dan hindari menghirup secara langsung gas solfatara. Puncak Sindoro ini dinamakan puncak 7 lapangan karena banyaknya tempat luas yang ada di puncak ini.

Kalkulasi Pendakian Sindoro via Bansari
Basecamp - Pos 1 (1,5 jam)
Pos 1 - Pos 2 (1 jam)
Pos 2 - Pos 3 (1 jam)
Pos 3 - Pos 4 (1 jam)
Pos 4 - Pos 5 (1,5 jam)
Pos 5 - Pos 6 (1,5 jam)
Pos 6 - Puncak (30 Menit)

Peta Pendakian Sindoro via Bansari

 Pemandangan Sindoro via Bansari

Blogger
Disqus

No comments