Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane

Semeru merupakan gunung tertinggi dan menjadi destinasi tujuan utama para pendaki di Jawa. Gunung Semeru termasuk dalam 7 summit dan merupakan gunung berapi tertinggi ke 3 di Indonesia. Semeru dipercaya merupakan rumah para dewa. Selain itu Semeru juga memiliki danau yang bernama Ranu Kumbolo yang menjadi tujuan para pendaki selain puncak Mahameru.

Gunung Semeru berada di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Salah satu jalur pendakian yang menjadi favorit para pendaki adalah pendakian Semeru via Ranu Pane dengan total pendakian normal 3 hari. Untuk perijinan yang dibutuhkan adalah KTP dan surat kesehatan dari dokter. Sekarang pendakian Semeru dibatasi 500 orang per harinya. Untuk mencapai basecamp Ranu Pane kalian bisa naik angkutan dari Terminal Malang menuju Pasar Tumpang dilanjutkan dengan truk / pickup yang terdapat pada belakang pasar Tumpang dan akan mengantar ke Ranu Pane atau desa terakhir di kaki gunung Semeru.

Transportasi ke Ranu Pane
  • Dari Malang; Terminal Malang atau Stasiun Malang >> Pasar Tumpang >> Desa Jemplang >> Desa Ranu Pani
  • Dari Probolinggo: Terminal Probolinggo >> Sukapura >> Desa Jemplang >> Desa Ranu Pani
  • Desa Pasuruan: Simpang Dengklik >> Jalur saman seperti Probolinggo
 Rute Menuju Semeru

Syarat Pendakian Semeru
  • Fotocopy identitas diri
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Mengisi borang biodata lengkap dan barang bawaan di basecamp
  • Booking online di bromotenggersemeru.org (optional)
  • Membayar karcis, asuransi, dan pendakian (sekitar 22.500 / orang / hari untuk pendaki lokal, harga berbeda untuk turis asing)
  • Mengisi buku tamu diantaranya ketua kelompok, alamat, jumlah pendaki, nomor surat izin (online  di  booking.bromotenggersemeru.org maupun di basecamp), tanggal naik dan turun.
Nomor Basecamp Ranu Pane yang Bisa di Hubungi
Resort Ranu Pane 08283930822, 08283430337, 08282404515

Basecamp  - Watu Rejeng
Setelah melewati gerbang pendakian "Selamat Datang Para Pendaki Gunung Semeru", perjalanan diawali dengan jalan yang landai yang melewati perkebunan penduduk. Kamu akan melewati lereng bukit yang ditumbuhi alang - alang serta pepohonan yang tumbang. Sekitar 5 km di depan kamu akan menemui Watu Rejeng. Nama Watu Rejeng diambil dari bebatuan menyerupai tebing yang sangat indah. Disini kamu akan melihat pemandangan lembah serta bukit ditumbuhi hutan cemara dan pinus.

Watu Rejeng - Ranu Kumbolo
Dari Watu Rejeng ke Ranu Kumbolo biasanya para pendaki akan menemui jaguar (sejenis harimau berkulit hitam) yang mencari makan atau hanya sekedar lewat saja. Watu Rejeng hingga Ranu Kumbolo berjarak sekitar 4,5 km. Dari pos 1 hingga pos 2 jalan yang dilewati masih relatif landai. Namun sesampainya di pos 3 akan ada tanjakan curam yang akan menghabiskan energi. Setelah itu jalan yang akan ditemui adalah jalan yang landai hingga ke pos 4 diatas Ranu Kumbolo. Waktu yang ditempuh dari Basecamp ke Ranu Kumblo sekitar 4 jam perjalanan.

Ranu Kumbolo merupakan tempat pilihan untuk mendirikan tenda. Danau dengan pemandangan yang indah ini sangat cocok untuk mendirikan tenda dan bersantai untuk selanjutnya mempersiapkan pendakian lagi. Ranu Kumbolo memiliki ketinggian 2.400 mdpl dengan luas sekitar 14 Ha.

Ranu Kumbolo - Kali Mati
Dari Ranu Kumbolo kamu akan menaiki bukit yang dinamakan Tanjakan Cinta dengan pemandangan  menghadap Ranu Kumbolo. Setelah melewati bukit kamu akan disuguhkan padang rumput bernama Oro - Oro Ombo yang dikelilingi bukit di kanan dan kirinya. Ketika musim semi berlangsung, bunga - bunga di Oro - Oro Ombo akan bermekaran berwarna ungu.

Dari Oro - Oro Onbo kamu akan sampai di Cemoro Kandang yaitu daerah kaki bukit berupa hutan cemara yang harus dilalui sebelum sampai di Pos Kalimati. Dari ini jalan akan mulai menanjak menembus perbukitan pohon cemara. Setelah Cemoro Kandang kamu akan sampai di Jambangan, disini Gunung Semeru akan nampak jelas. Setelah itu kamu akan sampai di Pos Kalimati yang memiliki ketinggian 2.700 mdpl. Pos Kalimati berupa padang rumput yang terletak di tepi hutan cemara. Biasanya para pendaki membuat tenda disini sebelum melakukan summit. Pendakian dari pihak basecamp hanya menyarankan sampai di tempat ini saja, dari pihak TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) tidak bertanggung jawab atas resiko apapun apabila para pendaki melewati pos Kalimati ini.

Disini terdapat sebuah shelter yang cukup luas untuk beristirahat. Untuk mendirikan tenda kamu bisa memilih di Kalimati atau pos Arcopodo, pos terakhir di Semeru yang lokasinya lebih tinggi.

Kalimati - Puncak Mahameru
Untuk melakukan summit ke puncak Semeru, barang - barang biasanya ditinggal di tenda. Pastikan tubuh dalam kondisi fit dan persiapkan minum selama kegiatan summit dilakukan. Trek yang akan dihadapi berupa pasir kasar yang apabila diinjak akan merosot kebawah. Naik tiga langkah akan merosot dua langkah. Summit ke puncak Mahameru bisa dilakukan malam atau dini hari untuk menikmati sunrise di puncak Gunung Semeru. Pendakian ke puncak akan menghabiskan waktu sekitar 6 jam perjalanan.

Di puncak Semeru kalian akan menemukan lahan lapang yang panas. Tak jauh dari puncak kalian akan menemukan kawah Jonggring Saloka yang terkadang mengepulkan asap belerang. Dari puncak Mahameru ini kalian bisa melihat puncak Ogal - Agil Gunung Arjuno dan puncak Gunung Welirang.

Untuk menuruni puncak diperlukan kewaspadaan agar tidak terlalu ke kanan, ke arah blank 75 yang berupa jurang sedalam 75 meter yang menjadi daerah rawan bagi para pendaki yang turun dan nyasar saat menuruni Semeru. Untuk itu pilihlah arah kiri dan waspada apabila pasir merosot deras ke arah bawah.

Tips Melakukan Pendakian Gunung Semeru
  • Pendakian Gunung Semeru dibatasi hanya 500 pendaki perhari
  • Gunakan alat - alat pendakian standart keamanan dalam pendakian
  • Gunakan pakaian yang hangat dan tebal (windproof dan waterproof)
  • Pendakian hanya dibatasi sampai ke Kalimati, apabila melewatinya TNBTS tidak akan bertanggung jawab
  • Bawa logistik yang cukup selama summit berlangsung, bawa oksigen bila perlu
  • Pakai sepatu gunung yang tinggi dan geiters agar pasir tidak masuk ke dalam sepatu
  • Hindari mendekat ke Kawah Jonggring Saloka karena setiap 20 menit akan meletup dan asap belerangnya sangat berbahaya
  • Usahakan menuruni Semeru sebelum jam 09.00 karena setelahnya gas belerang akan terbawa angin mengikuti ke arah puncak
  • Jangan terpisah - pisah ketika turun gunung
  • Waktu terbaik mendaki semeru adalah pada musim kemarau pada bulan Juni hingga September, pendaki tidak disarankan mendaki Semeru pada bulan Desember hingga Mei karena sering terjadi badai dan longsor
Prosedur Pendakian Semeru 
  1. Mintalah formulir kepada petugas TNBTS sebanyak 2 rangkap di Gedung Information
    • Surat Permohonan Pendakian 
    • Daftar Perlengkapan dan Perbekalan
  2. Mengikuti briefing dan pengecekan perlengkapan dan perbekalan oleh petugas di Gedung Information Center
  3. Mintalah stempel pada formulir Daftar Perlengkapan dan Perbekalan di Gedung Information Center
  4. Bawa dan lengkapi persyaratan ke loket tiket RPTN Ranupani antara lain
    • Fotokopi KTP (seluruh anggota kelompok) atau Akte Kelahiran (bagi pendaki usia 10-16 tahun) 
    • Surat keterangan sehat dari dokter (ASLI/ seluruh anggota kelompok)
    • Surat pernyataan pendakian dan daftarperlengkapan dan perbekalan yang sudah di stempel(2 rangkap, 1 bermaterai 6.000)
  5. Beli tiket (sesuai lama hari pendakian) atau tunjukkan bukti pembayaran transfer (booking online) dengan mengumpulkan persyaratan kepada petugas di loker tiket RPTN Ranupani;

    Semeru dan sekitarnya (orang / hari) Hari Kerja Hari Libur
    1. Wisatawan Nusantara
    Rp. 17.000 Rp. 22.500
    1. Wisatawan Mancanegara
    Rp. 210.000 Rp. 310.000
  6. Isi buku pengunjung ketika berangkat dan serahkan Kartu Identitas (KTP/SIM asli) ketua kelompok kepada petugas di loket tiket RPTN Ranupani 
  7. Bawalah sampah pendakian anda dan laporkan kepada petugas pengecekan sebagai dasar pengambilan kartu identitas (KTP/SIM asli) ketua kelompok di kantor Resort PTN Ranupani ketika mengisi laporan pulang di buku pengunjung.
Estimasi Pendakian Semeru via Ranu Pane
Basecamp - Pos 1  (1 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (45 Menit)
Pos 2 - Pos 3 (1 Jam)
Pos 3 - Ranu Kumbolo (45 Menit)
Ranu Kumbolo - Kalimati (3 Jam)
Kalimati - Arcopodo (2 Jam)
Arcopodo - Puncak (6 Jam)

Perkiraan Estimasi Biaya Pendakian Gunung Semeru
Transport dari Stasiun Malang - Terminal Arjoari - Tumpang Pulang Pergi : Rp 25.000
Mobil Jeep Tumpang hingga Ranu Pane : Rp 120.000
Perizinan di TNBTS : sekitar Rp 22.500
Logistik : Rp 100.000

Peta Pendakian Gunung Semeru via Ranu Pane


Pemandangan Gunung Semeru
Ranu Kumbolo

Oro - Oro Ombo

Puncak Mahameru

0 komentar