Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun-Senaru

Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl merupakan gunung kedua tertinggi di Indonesia yang masuk dalam jajaran 7 summit Indonesia. Gunung Rinjani memiliki pemandangan yang indah di setiap treknya, hal inilah yang menjadikan gunung ini sebagai favorit para pendaki di Indonesia. Kaldera yang luas disertai danau Segara Anakan yang melingkar di Gunung Rinjani menjadikan Rinjani sebagai destinasi unggulan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pendakian Rinjani memakan waktu normal 4 hingga 5 hari pendakian. Berikut adaalh jalur pendakian Rinjani :
  1. via Sembalun
  2. via Senaru
  3. via Torean
Para pendaki biasanya memilih mendaki lewat Sembalun dan turun lewat Senaru atau sebaliknya. Jalur ini memiliki keindahan yang sangat istimewa. Sedangkan untuk jalur Torean yang masih tergolong baru, kamu harus menggunakan jasa guide atau porter yang cukup mahal tentunya.

Perjalanan menuju basecamp Sembalun dapat ditempuh melalui Bandara Internasional Lombok dengan menyewa mobil dengan harga sekitar Rp 500.000 dan akan memakan waktu 3 jam hingga sampai di Sembalun. Dari pos pendaftaran, berjarak 1 km kamu akan menemui toko dan warung yang menyediakan logistik untuk para pendaki. Disini kamu juga bisa menemui orang - orang yang menyediakan jasa guide atau porter untuk pendakian melalui jalur Sembalun.

Basecamp - Pos 1
Menuju Pos 1 diawali dengan melewati area persawahan dan ladang milik penduduk. Sejauh mata memandang yang ada hanya rumput dan mengelilingi perbukitan. Setelah sampai di jembatan dengan air yang sudah kering kamu akan mendapati petunjuk arah menuju Pos 1. Dari sini Pos 1 sudah dekat.

Pos 1 - Pos 2
Perjalanan menuju Pos 2 akan membutuhkan waktu yang lama dengan trek menanjak dan sesekali terdapat rerimbunan pohon. Terdapat shelter yang dapat digunakan untuk berteduh ditengah padang rumput yang dilalui. Pos 2 berada di dekat jembatan dan pos ini biasanya digunakan untuk mendirikan tenda karena areanya yang luas, datar dan terdapat sumber air. Terdapat sebuah toilet yang dibangun khusus untuk para pendaki di lokasi ini.

Pos 2 - Plawangan. 
Dari Pos 2 menuju Plawangan jarak yang ditempuh lumayan jauh dengan trek menanjak berupa tanah padat bercampur batu besar. Selama perjalanan jarang terdapat pepohonan. Untuk sampai ke Plawangan kamu harus melewati 7 bukit teduh yang cukup membuatmu kelelahan.

Sesampainya di dekat sungai, kamu akan menemui sebuah shelter yang berada di dekat gua yang cukup luas. Disini kamu akan menemukan kera abu - abu yang biasa meminta makan kepada para pendaki. Setelah itu jalur akan tetap menanjak dengan trek berupa tanah padat dan berdebu ketika musim kemarau hingga sampai di Plawangan.

Plawangan adalah pos terakhir Gunung Rinjani sebelum melakukan summit. Dari Plawangan kamu sudah bisa melihat Segara Anakan. Tempat camp terbaik adalah melalui naik ke arah kiri yang berada dekat dengan sumber air serta dekat dengan jalur menuju Segara Anakan atau jalur menuju pintu Senaru. Dari sini kamu juga dapat melihat puncak Rinjani berupa puncak menjulang dan lerengnya yang nampak bergaris indah.

Plawangan - Puncak Rinjani
Summit sebaiknya dilakukan pada dini hari untuk mendapatkan sunrise di pagi hari. Untuk mencapai puncak kamu harus melewati trek pasir padat dan berkelok. Jalur tanah padat merupakan batas dari vegetasi pepohonan. Setelah sampai di trek berpasir kamu akan merasakan angin yang berhembus kencang dengan hawa dingin dan sangat rawan terjadi badai ketika malam hari. Namun semakin ke atas kamu akan menemui bebatuan besar yang cukup untuk berlindung ketika badai datang.

Trek berpasir cukup panjang dan menguras tenaga. Jangan lupa membawa logistik yang cukup untuk kegiatan summit ini. Dari sini kamu akan menemui bunga edelweis yang tumbuh di lereng Rinjani. Segara Anakan akan tampak disebelah kiri yang seakan dilindungi lereng Gunung Rinjani. Setelah melewati batu besar, puncak sudah dekat dan sedikit lagi sampai. Sesampainya di puncak kamu dapat melihat gunung di sekitar Rinjani dan birunya Segara Anakan. Dari kejauhan akan nampak Gunung Agung yang ada di Bali yang berada di seberang lautan.

Plawangan - Segara Anakan
Untuk turun ke Plawangan tidak membutuhkan waktu lama. Trek berpasir akan sangat membantumu ketika turun gunung. Untuk turun melalui Senaru, kamu harus turun melalui Segara Anakan terlebih dahulu. Terdapat jalan menuju Segara Anakan dari Plawangan yaitu menuju ke kiri. Jalur yang akan kamu lewati adalah trek curam berupa bebatuan besar ketika menuruni bukit, jalur akan semakin rapat landai yang menandakan kamu akan sampai di Segara Anakan.

Segara Anakan merupakan sebuah kaldera dari Gunung Rinjani yang membentuk sebuah danau diatas gunung dengan ketinggian 2010 mdpl yang sangat cocok untuk mendirikan tenda, bersantai dan melepas lelah.

Segara Anakan - Pos 2 Senaru
Perjalanan turun menuju Pos 2 Senaru kamu harus melewati Danau Segara Anakan dan melewati bukit yang membatasi danau. Kamu harus melipir melewati tebing dan naik untuk turun gunung melewati jalur pendakian Senaru. Medan jalan berupa bebatuan besar dengan pagar berupa besi panjang sebagai pembatas.

Setelah sampai di atas tebing, kamu akan melihat bukit yang harus kamu daki dengan trek yang sama. Pemandangan di sekitar akan membayar rasa lelahmu hingga sampai di puncak bukit. Sesampainya di puncak bukit terakhir kamu akan menemui bukit teletubbies yang merupakan titik yang cocok untuk mendirikan tenda. Untuk turun, kamu harus berjalan ke kanan dan melipir melewati bukit untuk sampai di sebuah shelter.

Perjalanan turun cukup curam, perjalanan menuju Pos 2 Senaru sepanjang jalan dikelilingi pepohonan besar dengan akar - akar yang mencuat keluar dari dalam tanah. Terdapat shelter di Pos 2 yang dapat kamu manfaatkan untuk berteduh atau mendirikan tenda.

Pos 2 Senaru - Basecamp
Untuk turun menuju basecamp Senaru jalan relatif landai. Untuk sampai di gerbang pendakian Senaru hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Terdapat warung serta gubuk yang luas di pintu Senaru untuk melepas lelah dan mengisi perut selama pendakian.

Kalkulasi Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun - Senaru
Basecamp - Pos 2 (4,5 jam)
Pos 2 - Plawangan (8 jam)
Plawangan - Puncak (6 jam)
Puncak - Segara Anakan (2,5 jam)
Segara Anakan - Pos 2 Senaru (14 jam)
Pos 2 Senaru - Basecamp Senaru (2 jam)

Peta Pendakian Rinjani via Sembalun Senaru
Sumber : lombokrinjani.com


Pemandangan Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun

Puncak - Senaru
Sumber : Trekkingrinjani.com
Blogger
Disqus

No comments