Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Gunung Lawu merupakan gunung dengan ketinggian 3265 mdpl yang terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sisi barat berada di Jawa Tengah yaitu Karanganyar dan sisi timur berada di Jawa Timur yaitu Magetan. Gunung Lawu memiliki tiga puncak diantaranya puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah.

Menurut cerita, Gunung Lawu merupakan tempat moksanya raja Majapahit Brawijaya V. Beliau menghindari kejaran Kerajaan Demak yang tak lain merupakan pimpinan anaknya sendiri yaitu Raden Fatah. Gunung Lawu dikenal sangat mistis dan menjadi favorit para penyuka kegiatan spiritual di Jawa. Gunung Lawu akan ramai didaki terutama pada malam 1 suro. Untuk sampai di puncak Lawu terdapat beberapa jalur pendakian diantaranya :
  • via Candi Cetho
  • via Cemoro Sewu
  • via Cemoro Kandang
Jalur pendakian Gunung Lawu yang paling sering digunakan yaitu jalur pendakian Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang yang merupakan jalur peziarah dan sudah tertata rapi berupa bebatuan yang disusun hingga puncak. Namun, belakangan ini jalur pendakian Lawu via Candi Cetho mulai ramai diminati oleh para pendaki. Candi Cetho merupakan candi Hindu yang berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Dari sini para pendaki mengawali pendakian ke puncak Gunung Lawu.

Jalur Candi Cetho terbilang masih asri dan alami bila dibandingkan dengan jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Berbeda dengan jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang dengan trek berupa bebatuan, pada jalur Candi Cetho trek berupa tanah diselingi vegetasi yang cukup rapat. Pada musim kemarau, jalur Candi Cetho akan terasa berdebu sedangkan pada musim hujan kondisi trek akan licin.

Jalur pendakian Candi Cetho memiliki 5 pos dengan waktu perjalanan antar pos sekitar 1 jam. Sebelum sampai ke puncak Hargo Dalem para pendaki akan disambut oleh sabana yang sangat indah dan apabila beruntung akan bertemu dengan beberapa telaga. Jalur ini juga menyediakan sumber air berupa pipa dari air penduduk yang berada di Pos 3.

Rute menuju Candi Cetho
Semua Kota >> Solo >> Terminal Tawangmangu >> Terminal Karang Pandan >> Terminal Kemuning >> Candi Cetho

Basecamp - Pos 1
Dulu pendakian diawali dari samping candi disini tidak dikenakan retribusi karena tidak masuk komplek candi, tapi itu dulu. Sekarang para pendaki juga dikenakan biaya retribusi masuk. Retribusi yang diminta dari pihak candi yaitu 15.000 per orang. Dari pintu masuk Candi Cetho kamu menyusuri jalan Candi Cetho, sebelum sampai ke candi utama, para pendaki harus belok ke kiri menuju Candi Kethek. Jalur pendakian berawal setelah Candi Kethek.

Pendakian menuju Pos 1 berupa trek tanah padat dengan vegetasi yang lumayan rapat. Perjalanan menuju Pos 1 ditempuh selama 60 hingga 75 menit perjalanan. Pos 1 merupakan bangunan yang terbuat dari kayu beratap terpal yang mampu menampung hingga 7 orang . Disamping bangunan tersebut terdapat sebidang tanah yang bisa mendiririkan satu buah tenda.

Pos 1 - Pos 2
Perjalanan menuju Pos 2 dengan trek tanah dan vegetasi yang rapat. Trek semakin menanjak dan menguras tenaga. Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Di Pos 2 terdapat shelter yang lumayan luas. Shelter ini mampu menampung sekitar 10 orang. Pos 2 terdapat sebuah lahan datar yang bisa menampung 3 hingga 4 tenda. Di Pos 2 terdapat sebuah pohon yang dililiti kain yang akan menambah suasana mistis.

Pos 2 - Pos 3
Pos 2 menuju Pos 3 trek semakin menanjak, kamu akan menemui pohon - pohon besar yang tumbang melintang di jalur pendakian. Perjalanan menuju Pos 3 menghabiskan waktu sekitar 75 menit. Di samping Pos 3 terdapat pipa air yang dilubangi dan mengeluarkan air bersih. Di Pos 3 mampu menampung tenda sebanyak 2 buah.

Pos 3 - Pos 4
Menuju Pos 4 jalan masih akan menanjak dengan vegetasi yang masih rapat. Perjalanan menuju Pos 4 memakan waktu 90 menit.

Pos 4 - Pos 5 (Sabana)
Perjalanan menuju Pos 5 jalan yang ditempuh agak landai dengan vegetasi yang mulai terbuka. Sebelum sampai di Pos 5 kamu akan sampai di sabana dan selanjutnya sampai di Pos 5. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pos 5 yaitu sekitar 70 menit. Pos 5 tidak terdapat shelter atau bangunan apapun. Pos 5 berupa tanah datar yang dikelilingi tebing serta padang rumput. Disini merupakan tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda.

Pos 5 - Hargo Dalem (Warung Mbok Yem)
Dari Pos 5 kamu akan melewati Tanjakan Cinta yang mirip dengan Tanjakan Cinta yang ada di Gunung Semeru. Setelah melewati Tanjakan Cinta, Puncak Hargo Dalem sudah terlihat namun masih jauh. Pendaki harus melewati bukit untuk sampai di Hargo Dalem. Perjalanan dari Pos 5 menuju Hargo Dalem akan menghabiskan waktu sekitar 90 menit.

Warung Mbok Yem - Puncak Lawu
Dari Warung Mbok Yem menuju puncak Lawu akan menghabiskan waktu sekitar 30 hingga 45 menit perjalanan.

Kalkulasi Waktu Pendakian Lawu vi Candi Cetho
Basecamp - Pos 1 (60-75 menit)
Pos 1 - Pos 2 (60 menit)
Pos 2 - Pos 3 (75 menit)
Pos 3 - Pos 4 (90 menit)
Pos 4 - Pos 5 (70 menit)
Pos 5 - Hargo Dalem (90 menit)
Hargo Dalem - Puncak (30 - 45 menit)

Rincian biaya
Masuk Candi Cetho 15.000
Parkir 10.000

Tempat Camp
Sekedar saran kamu bisa membuka tenda di Pos 3, Pos 5 dan Hargo Dalem

Pemandangan Pendakian Lawu via Candi Cetho

0 komentar