Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan

Jalur pendakian Palutungan adalah jalur pendakian Ciremai yang populer selain jalur pendakian via Apuy. Jalur Palutungan berada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai memiliki tinggi 3078 mdpl. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Secara administratif gunung ini berada di Cirebon, Kuningan dan Majalengka.

Rute
Kuningan >> Resort Cigugur / Taman Nasional Gunung Ciremai >> Basecamp Palutungan

Basecamp - Pos 1 Cigowong
Untuk menuju Pos 1 Cigowong membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan trek landai dan tanjakan santai. Pos 2 berupa lahan luas yang dapat menampung banyak tenda dan memiliki sumber air yang merupakan sumber air terakhirdi sepanjang jalur pendakian. Pos 1 dikelilingi vegetasi pohon besar yang rimbun.

Pos 1 - Pos 2 Kuta
Perjalanan menuju Pos 2 Kuta trek menanjak dan lumayan menguras tenaga. Waktu yang diperlukan untuk sampai di Pos 2 yaitu sekitar 40 menit.

Pos 2 - Pos 3 Pangguyangan Badak
Trek menuju Pos 3 lumayan landai dengan sedikit memutar dengan melewati rerimbunan pohon. Estimasi waktu untuk dapat sampai di Pos 3 yaitu sekitar 50 menit perjalanan.

Pos 3 - Pos 4 Arban
Perjalanan menuju Pos 4 akan cukup melelahkan dengan trek didominasi jalur menanjak. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pos 4 Arban adalah sekitar 1 jam.

Pos 4 - Pos 5 Tanjakan Asoy
Dari Pos 4 menuju Pos 5 Tanjakan Asoy akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit dengan trek menanjak sangat ekstrim.

Pos 5 - Pos 6 Pasanggrahan
Jalur menuju Pos 6 membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan trek hampir sama dengan jalur menuju Pos 5 Tanjakan Asoy

Pos 6 - Pos 7 Sanghyang Rapoh
Menuju Pos 7 Sanghyang Rapoh jalur akan didominasi trek menanjak dengan batuan bekas lava Gunung Ciremai. Di perjalanan menuju pos 7 kita akan menemukan pertigaan Simpang Apuy yang merupakan pertemuan jalur Palutungan dan Jalur Apuy. Vegetasi di pos ini berupa pohon Cantigi dan Edelweis. Waktu untuk sampai di Pos 7 adalah sekitar 1 jam.

Pos 7 - Pos 8 Goa Walet
Perjalanan menuju Pos 8 Goa Walet menghabiskan waktu 30 menit. Di Pos 8 ini merupakan tempat favorit untuk mndirikan tenda dengan lahan yang cukup luas. Di pos ini terlindung dari angin dan badai karena dikelilingi pohon dan dinding goa. Pos inilah tempat terakhir ngecamp untuk selanjutnya melakukan summit ke puncak Gunung Ciremai.

Pos 8 - Puncak
Perjalanan dari Goa Walet menuju puncak akan menghabiskan waktu 45 menit dengan trek menanjak berupa bebatuan. Puncak Ciremai sangat sempit dan berbatasan langsung dengan bibir kawah sehingga sangat berbahaya. Dari puncak Ciremai kamu bisa melihat kota Cirebon, Majalengka, Laut Jawa dan Gunung Slamet yang nampak gagah di sisi timur.

Waktu untuk Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan
Total Pendakian 8 jam 25 menit
Basecamp - Pos 1 Cigowong (2 jam)
Pos 1 - Pos 2 Kuta (40 menit)
Pos 2 - Pos 3 Pangguyangan Badak (50 menit)
Pos 3 - Pos 4 Arban (1 jam)
Pos 4 - Pos 5 Tanjakan Asoy (30 menit)
Pos 5 - Pos 6 Pasanggrahan (1 jam)
Pos 6 - Pos 7 Sanghyang Rapoh (1 jam)
Pos 7 - Pos 8 Goa Walet (30 menit)
Pos 8 - Puncak (45 menit)

Peta Jalur Palutungan


Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan
Referensi foto 
bluetripper.com
pikiran-rakyat.com
Blogger
Disqus

No comments