Pendakian Gunung Ciremai vi Apuy

Pendakian Gunung Ciremai vi Apuy

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3078 mdpl. Gunung Ciremi berada pada tiga kabupaten yaitu Cirebon, Majalengka dan Kuningan. Jalur pendakian Gunung Ciremai diantaranya :
  • via Apuy
  • via Linggarjati
  • via Palutungan
  • via Padabeunghar
Salah satu jalur yang dianggap favorit para pendaki untuk mencapai puncak Ciremai adalah via Apuy. Jalur pendakian Ciremai via Apuy berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Selain trek pendakian yang tidak terlalu panjang dan ekstrim, pemandangan sepanjang jalur ini juga tergolong indah.

Rute
Terminal Majalengka >> Kecamatan Maja >> Desa Apuy

Basecamp - Pos 1 Berod
Perjalanan menuju Pos 1 akan melewati ladang milik warga dengan jalan landai dan beraspal. Waktu tempuh untuk sampai ke Pos 1 adalah sekitar 45 menit perjalanan. Kamu bisa menyewa mobil untuk sampai di Pos 1 dengan biaya sekitar Rp. 75.000 hingga Rp. 100.000

Pos 1 - Pos 2 Arban
Pos 1 menuju Pos 2 juga tidak terlalu lama, waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pos 2 hanya 30 menit. Trek menuju Pos 2 masih dengan trek landai dengan vegetasi pohon dan semak - semak rimbun.

Pos 2 - Pos 3 Tegal Mesawa
Trek menuju Pos 3 akan sedikit menanjak dengan vegetasi berupa rimbunnya pepohonan disepanjang jalur pendakian. Jalan semakin terjal. Jarak tempuh untuk sampai di Pos 3 adalah sekitar 1 jam. Pos Tegal Warsawa hanya bisa menampung 1 tenda saja.

Pos 3 - Pos 4 Tegal Jamuju
Untuk sampai di Pos 4 membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Trek didominasi jalan terjal dengan akar - akar pohon yang mencuat.

Pos 4 - Pos 5 Sanghyang Rangkah
Menuju Pos 5 trek cukup panjang dan memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di Pos 5. Pos 5 merupakan pertemuan antara jalur Apuy dengan jalur Palutungan.

Pos 5 - Pos 6 Goa Walet
Menuju Pos 6 Goa Walet merupakan trek terpanjang dengan waktu tempuh 2 jam. Di Pos Goa Walet inilah yang menjadi favorit para pendaki untuk mendirikan tenda karena lahan kosongnya lumayan luas dan mampu menampung banyak tenda. Selain itu karena berada pada area pepohonan dan goa yang akan melidungi ketika ada badai  maupun angin gunung.

Pos 6 - Puncak
Untuk pendakian summit menuju puncak, jalan yang akan ditemui berupa trek terjal dengan kemiringan yang berat. Dari Pos 6 waktu yang harus ditempuh adalah sekitar 30 menit perjalanan. Ketika berada di puncak berhati - hatilah karena puncak bibir kawah bagian Apuy sangat licin dan sempit, sedikit saja terpeleset maka kamu akan terjun indah ke dalam kawah Ciremai.

Estimasi Waktu Pejalanan dari Basecamp Apuy hingga Puncak Ciremai
Basecamp - Pos 1 Berod (45 menit)
Pos 1 - Pos 2 Arban (30 menit)
Pos  2 - Pos 3 Tegal Masawa (1 jam)
Pos 3 - Pos 4 Tegal Jamuju (45 menit)
Pos 4 - Pos 5 Sanghyang Rangkah (2 jam)
Pos 5 - Pos 6 Goa Walet (2 jam)
Pos 6 - Puncak (30 menit

Peta Pendakian Gunung Ciremai via Apuy



Pendakian Gunung Ciremai via Apuy

Share this:

Disqus Comments