Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu

Gunung Cikuray merupakan gunung tidak aktif dengan bentuk kerucut dengan tinggi 2821 mdpl. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ke empat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Gunung Cikurai berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya berada di perbatasan Kecamatan Cikajang, Dayeuh Manggung dan Bayongbong. Terdapat 3 jalur pendakian untuk sampai di puncak Gunung Cikuray diantaranya :
  1. via Cikajang
  2. via Bayangbong
  3. via Cilawu (Dayeuh Manggung)
Jalur pendakian Cikuray via Cikajang merupakan jalur panjang yang lebih mudah didaki. Jalur Bayongbong dengan trek pendek namun terjal. Sedangkan jalur Cilawu merupakan jalur favorit dengan trek pendek dan medan tidak terlalu terjal meski menanjak.

Rute
Terminal Guntur, Garut >> Cilawu >> Pos 1 Pendakian Cikuray

Pos 1 - Pos 2
Pos 1 merupakan tempat untuk registrasi pendakian. Disekitar Pos 1 terdapat beberpa warung untuk mengisi perbekalan. Pos registrasi buka dari jam 04.00 hingga 17.00, maka dari itu mulailah melakukan pendakian pada jam - jam tersebut. Perlu diingat disepanjang jalur pendakian Cilawu tidak terdapat sumber mata air.

Perjalanan diawali dengan menyusuri kebun teh dengan trek menanjak. Sekitar 10 menit kemudian kamu akan bertemu dengan warung yang ada di perkebunan. Di warung ini menyediakan kamar mandi umum yang bisa dimanfaatkan untuk para pendaki. Dari Warung tersebut jalan akan menanjak sekitar 50 meter. Jalan akan dilanjutkan dengan menyusuri pintu hutan. Dari sini jalan akan menanjak ringan hingga ke Pos 2. Pos 2 berupa lahan datar yang cukup luas untuk beristirahat.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan menuju Pos 3 jalan akan menanjak dengan akar - akar pohon yang mencuat dari tanah hingga sampai di Pos 3. Waktu yang ditempuh cukup lama. Pos 3 merupakan lahan luas yang bisa digunakan untuk bertenda dan sangat cocok untuk digunakan ngecamp.

Pos 3 - Pos 4
Menuju Pos 4 jalan masih tetap menanjak dengan ditemani akar - akar pohon. Pos 4 berupa lahan sempit bila dibandingkan dengan Pos 3 dengan ketinggian 2050 mdpl.

Pos 4 - Pos 5
Dari Pos 4 menuju Pos 5 tidak terlalu terpaut jauh . Medan yang dilalui masih berupa tanjakan dengan dipenuhi akar - akar pohon sampai di Pos 5. Pos 5 berada di ketinggian 2275 mdpl.

Pos 5 - Pos 6
Untuk sampai di Pos 6 kamu masih akan menanjak dengan trek berupa tanah dan akar - akar pohon. Pos 6 terdapat tempat yang luas untuk mendirikan tenda. Pos 6 berada di ketinggian 2550 mdpl.

Pos 6 - Pos 7
Dari Pos 6 jalur yang dilalui akan semakin sempit dengan trek sama seperti sebelumnya. Disepanjang jalan kamu akan menemui penunjuk arah menuju jalur pemancar dan Dangiang. Pos 7 merupakan tempat camp yang paling direkomendasikan karena kamu bisa melihat sunrise dan dekat dengan puncak Cikuray.

Pos 7 - Puncak
Perjalanan menuju puncak Gunung Cikurai dari Pos 7 vegetasi semakin terbuka sebagai tanda puncak Gunung Cikurai sudah dekat. Puncak Cikuray berupa lahan datar yang tidak terlalu luas namun terkadang ada beberapa pendaki yang membuka tenda disini walupun sudah dilarang dari pihak basecamp untuk tidak membuka tenda di puncak utama.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Cikuray
Pos 1 - Pos 2 (1 jam)
Pos 2 - Pos 3 (2 jam 50 menit)
Pos 3 - Pos 4 (1 jam)
Pos 4 - Pos 5 (25 menit)
Pos 5 - Pos 6 (30 menit)
Pos 6 - Pos 7 (1 jam)
Pos 7 - Puncak (15 menit)

Pendakian Gunung Cikuray via Cilawu

Referensi Foto
manusialembah.blogspot.com
bluetripper.com
loopdreamer.wordpress.com
Blogger
Disqus

No comments