Pendakian Gunung Agung via Pura Besakih

Pulau Bali dikenal sebagai destinasi wisata budaya dengan pantai dan keanekaragaman kebudayaan Hindu yang masih kental. Pulau Bali juga dikenal dengan pulau Dewata. Gunung Agung merupakan gunung yang ada di Bali dan salah satu gunung yang dikeramatkan di Indonesia. Gunung Agung memiliki ketinggian 3142 mdpl sehingga menjadi gunung tertinggi di Bali. Para pengikut Hindu di Bali percaya bahwa Gunung Agung merupakan istana para dewa, oleh karena itu gunung ini sangat disucikan dan untuk mendakinya tidak boleh sembarangan. Untuk mendaki Gunung Agung terdapat beberapa jalur diantaranya :
  1. Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem
  2. Pura Pasar Agung, Kecamatan Selat
  3. Budakeling
Jalur pendakian via Pura Besakih merupakan jalur yang paling diminati. Sedangkan untuk pendakian Gunung Agung via Pasar Agung walaupun bisa lebih cepat namun tidak sampai ke puncak Gunung Agung melainkan hanya sampai pada ketinggian 2850 mdpl.

Mulai Mei 2009 para pendaki disarankan untuk menggunakan jasa guide apabila melakukan pendakian karena banyaknya peristiwa kecelakaan dan tersesatnya para pendaki. Tarif guide dari Pura Besakih sekitar Rp. 700.000 per 4 orang. Guide akan mengurus perizinan ke kantor polisi yang berada di dekat Pura Besakih.

Pura Besakih - Pos 2
Pendakian Gunung Agung diawali dengan jalan aspal dan selanjutnya berganti dengan jalan tanah padat dengan trek menanjak. Jalan akan terus menanjak dengan bantuan tali untuk membantu para pendaki. Tidak jelas pos - pos yang ada di sepanjang jalur pendakian. Setelah selama 3 jam menanjak tanpa adanya bonus kamu akan sampai di Pos 2 berupa pohon besar. Biasanya di pohon ini guide akan menyalakan dupa dan berdoa.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan menuju Pos 3 akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Pos 3 berupa daerah yang lapang berbatu yang bisa dimanfaatkan untuk membuka 2 tenda. Inilah pos terakhir untuk selanjutnya melakukan summit dan satu - satunya tempat yang paling baik untuk mendirikan tenda.

Pos 3 - Puncak
Untuk sampai di puncak Gunung Agung kamu membutuhkan waktu 2 jam dengan trek berupa bebatuan besar dan melipir di tebing. Pada pertengahan jalan kamu akan menemui pura. Pada batas vegetasi trek berupa bebatuan dan berpasir yang akan mengantarmu ke puncak Gunung Agung.

Gunung ini dikenal keramat, disepanjang jalan para pendaki kemungkinan akan bertemu dengan leak, hewan aneh, makhluk halus yang terkadang menyesatkan para pendaki. Untuk turun gunung pilihlah jalur ke kanan yang mengarah ke Pura Besakih.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Agung via Pura Besakih
Pura Besakih - Pos 2 (3 Jam)
Pos 2 - Pos 3 (2 Jam)
Pos 3 - Puncak (2 Jam)

Tips Pendakian Gunung Agung
  • Pendakian ke Gunung Agung sangat minim tempat camp, maka dari itu sangat direkomendasikan untuk melakukan pendakian tektok
  • Hindari membawa makanan berbahan daging sapi untuk menghormati masyarakat yang ada di sekitar Gunung Agung yang sangat menghormati sapi atau lembu
  • Persiapkan air selama 7 jam pendakian. Di sepanjang jalur pendakian sebenarnya ada mata air namun disakralkan dan tidak diperbolehkan untuk diminum. 
  • Usahakan untuk membawa guide yang berfungsi untuk sembahyang dan mengambilkan air. Selain itu guide juga yang mengetahui kepercayaan dan adat untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.
  • Batalkan pendakian apabila ada upacara adat yang diselenggarakan di Pura Besakih
  • Perhatikan cuaca, trek dengan jenis bebatuan akan sangat licin ketika musim hujan
  • Jangan saling meninggalkan teman dalam pendakian.
Pendakian Gunung Agung via Pura Besakih

0 komentar