Pendakaian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Gunung Lawu merupakan gunung yang terletak di dua provinsi sekaligus yaitu di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki tinggi 3265 mdpl dengan 3 puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumillah. Gunung ini sangat dikenal bagi para peziarah dan para pelaku spiritual di Jawa. Dikisahkan raja Majapahit terakhir bernama Brawijaya moksa sebagai Sunan Lawu di Gunung Lawu. Oleh karena itu gunung ini akan sangat ramai ketika malam 1 suro. Terdapat empat jalur pendakian untuk mencapai puncak Gunung Lawu yaitu :
  • via Cemoro Kandang
  • via Cemoro Sewu
  • via Jogorogo
  • via Candi Cetho
Jalur pendakian Cemoro Sewu merupakan jalur pendakian favorit bagi para pendaki Gunung Lawu. Jalur ini merupakan jalur peziarah sekaligus dianggap sebagai jalur paling singkat untuk menuju puncak Lawu. Jalur Cemoro Sewu dianggap memiliki pemandangan yang indah dengan spot seperti hutan, rerumputan yang membentang, batu - batu besar, sendang, bukit, tanjakan cinta, warung yang ada di tengah jalur pendakian serta puncak. Jalur Cemoro Sewu berada di daerah Karanganyar dan Magetan tepatnya berada di jalan dari Tawangmangu menuju Sarangan.

Rute 
Dari Jawa Tengah >> Solo >> Tawangmangu >> Cemoro Sewu
Dari Jawa Timur >> Magetan >> Tawangmangu >> Cemoro Sewu

Basecamp - Pos 1 Wes - Wesan
Perjalanan menuju Pos 1 merupakan jalan bebatuan yang tersusun rapi. Pepohonan sepanjang jalan menuju Pos 1 belum terlalu rapat karena belum memasuki area hutan. Pos 1 ditandai dengan adanya warung - warung di sekitar jalur pendakian. Warung ini biasanya digunakan sebagai tempat istirahat sekaligus shelter bagi para pendaki. Estimasi waktu untuk sampai di Pos 1 adalah sekitar 1,5 jam.

Pos 1 - Pos 2 Watu Gedeg
Perjalanan ke Pos 2 kamu akan bertemu batu besar bernama Watu Jago. Menuju Pos 2 kamu akan memasuki area hutan dengan trek menanjak berupa jalan bebatuan yang akan membuatmu pegal. Bebatuan ini merupakan buatan warga yang dikhususkan untuk mempermudah para pendaki. Pos 2 ditandai dengan adanya shelter yang berada di sisi tebing dan memiliki lokasi yang cukup luas. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pos 2 adalah 2 jam.

Pos 2 - Pos 3 Watu Gede
Perjalanan ke Pos 3 trek relatif sama dengan jalan sebelumnya yaitu berupa bebatuan besar yang ditata dan menanjak. Pada jalur ini trek sudah mulai berat dengan bebatuan yang tajam dan tepi jurang yang banyak. Pos 3 ditandai oleh adanya shelter yang rusak dan tanpa atap. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pos 3 adalah sekitar 2 jam.

Pos 3 - Pos 4 Watu Kapur
Pos 4 merupakan tanda berisi keterangan bahwa pos tersebut merupakan pos 4. Di Pos 4 ini hanya bisa muat untuk mendirikan dua tenda saja. Perjalanan ke Pos 4 akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

Pos 4 - Pos 5 Jolotundo
Trek dari Pos 4 menuju Pos 5 merupakan trek favorit dengan trek yang datar dan dengan batu yang tertata rapih. Di kanan dan kiri kamu juga akan melihat pemandangan yang mempesona. Setelahnya kalian akan sampai di sumber air Sumur Jolotundo. Estimasi untuk bisa sampai di Pos 5 adalah sekitar 30 menit.

Pos 5 - Sendang Drajat - Puncak Hargo Dalem
Dari Pos 5 trek datar dan sedikit menurun. Dari Sendang Drajat jalan menuju ke Hargo Dalem yaitu dengan menyusuri bukit dan sampailah di Hargo Dalem dengan ketinggian 3170 mdpl.  Sendang Drajat merupakan sumber mata air yang berada dekat dengan warung yang ada di jalur pendakian bernama Warung Mbok Yem yang dikenal dengan warung tertinggi di Indonesia. Warung ini sangat terkenal bagi para pendaki Lawu. Berkat warung ini para pendaki bisa menghemat membawa logistik makanan. Warung Mbok Yem juga menyediakan tempat untuk bermalam bagi para pendaki yang tidak membawa tenda. Warung ini mampu menampung sekitar 30an orang.  Untuk mencapai Sendang Drajat membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Pos 5.

Hargo Dalem - Hargo Dumillah
Perjalanan ke Hargo Dumillah akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Untuk mencapai Hargo Dumillah dari Hargo Dalem kamu harus jalan menanjak dengan trek berupa bukit yang menanjak tinggi. Hargo Dumillah merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3265 mdpl. Dari Hargo Dumillah kamu bisa melihat Telaga Kuning yang ada di bawah dan gunung - gunung di sekitar Lawu seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Arjuno Welirang.

Estimasi Waktu Pendakian
Basecamp - Pos 1 Wes - Wesan (1,5 Jam)
Pos 1 - Pos 2 (2 Jam)
Pos 2 - Pos 3 (2 Jam)
Pos 3 - Pos 4 (2 Jam)
Pos 4 - Pos 5 Jolotundo (30 Menit)
Pos 5 - Sendang Drajat - Puncak Hargo Dalem (30 Menit)
Hargo Dalem - Hargo Dumillah (1 Jam)

Peraturan Pendakian dari Pihak  Cemoro Sewu
  • Semua pendaki / pengunjung wajib lapor pada petugas untuk registrasi sebelumdan sesudah mendaki
  • Semua pendaki / pengunjung wajib mentaati peraturan dan larangan yang telah ada
  • Wajib membawa perlengkapan pendakian standar dan atau sesuai dengan kebutuhan
  • Melewati jalur yang sudah ada (resmi) dilarang membuat jalur sendiri dan atau potong jalan (cross jalan)
  • Segera melapor apabila terjadi kecelakaan
  • Dilarang menggunakan obor sebagai alat penerangan
  • Membuat api unggun di tempat yang telah di tentukan dan meninggalkan api dalam keadaan padam
  • Dilarang membuat api unggun di sembarang tempat
  • Dilarang membuat tanda - tanda penunjuk liar
  • Dilarang berburu flora dan fauna yang hidup di kawasan hutan
  • Dilarang membawa senapan angin, senpi, senjata tajam, spidol, cat, pilok dan corat - coret di seluruh kawasan hutan gunung Lawu
  • Dilarang membuang sampah sembarangan dan membuat kotor seluruh kawasan hutan Gunung Lawu
  • Wajib membawa turun kembali sampah yang ada
  • Dilarang merusak tempat - tempat yang dikeramatkan dan atau dianggap keramat
  • Dilarang berpencar dari rombongan kelompoknya dan atau memisahkan diri
Pantangan Setempat Bagi Para Pendaki dan Pengunjung
  • Membawa dan atau mengenakan kain berwarna hijau pupus / hiaju muda
  • Membawa dan menggunakan alat ikat kepala bermotif corak gadung mlati, poleng, mrutu sewu
  • Bagi wanita yang baru datang bulan / menstruasi untuk menunda pendakian
  • Melakukan, bertindk, berkata - kata tidak sopan / jorok
  • Mengeluh, sombong, melamun, berpikiran kosong
Peta Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu


Peraturan dari Basecamp Cemoro Sewu


Foto Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu


0 komentar