Ini Nih 3 Manfaat Melakukan Kegiatan Pendakian

Kegiatan pendakian merupakan kegiatan di alam bebas yang membutuhkan banyak tenaga. Dalam kegiatan pendakian menuju puncak gunung tak jarang harus kehujanan, melewati track yang menantang, jalan yang terjal, dan kesulitan - kesulitan lain. Namun dibalik kendala - kendala tersebut ternyata kegiatan ini digemari banyak orang baik dari pelajar, karyawan, pengusaha hingga masyarakat umum. Untungnya di Indonesia banyak tersebar gunung - gunung yang menjulang tinggi untuk menampung hasrat para pendaki ini.

Kegiatan pendakian memiliki berbagai manfaat. Tentu saja manfaat tersebut dapat dirasakan secara langsung dan tidak secara langsung. Berikut ini akan dipaparkan manfaat melakukan kegiatan mendaki

1. Kesehatan
Kegiatan pendakian akan memaksa tubuhmu bekerja lebih dengan beban cerrier yang dipikul, tumpuan kaki yang kuat, dan nafas yang kuat. Secara perlahan, kegiatan seperti akan membentuk anggota tubuh, jantung, dan paru - paru agar lebih kuat. Tidak hanya itu, udara yang dihirup di gunung tergolong bebas dari polusi. Hal ini akan membuat pernafasanmu lebih sehat. Dalam hal kesehatan secara singkat manfaat yang dapat diperoleh adalah :
  • Memperkecil resiko serangan jantung dan stroke
  • Mengoptimalkan suplai oksigen dan peredaran darah di dalam tubuh
  • Menguatkan tulang dan terhindar dari penyakit osteoporosis
  • Menjaga berat badan dan membuat tubuh langsing
  • Menjauhkan dari stres
2. Mendaki untuk Meningkatkan Kualitas Diri
Tak hanya dari sisi kesehatan saja, ternyata kegiatan pendakian mampu meningkatkan kualitas diri. Selama kamu mendaki kamu akan menemui hal - hal yang sulit, maka dari itu kamu dituntut untuk saling membantu dengan pendaki meskipun terkadang tidak kenal. Hal ini akan menumbuhkan rasa sosialmu apabila dilakukan terus menerus akan terbawa dalam kehidupanmu. Tak hanya itu, rasa kesetiakawanan, berbagi kepada sesama dan sikap kepedulian terhadap sesama juga seiring waktu akan tumbuh ketika kamu sering melakukan pendakian.

Selama mendaki kamu akan dipaksa untuk bersabar, bekerja lebih keras, dan melewati zona nyaman untuk sampai di puncak. Hal ini hampir sama dengan kehidupanmu, untuk dapat mencapai tujuan karir kamu, yang kamu butuhkan adalah sabar, bekerja lebih keras dan melewati zona nyamanmu. Pendakian akan memaksa olah batinmu dan insting di berbagai hal.

3. Manfaat Mendaki untuk Lingkungan
Semakin banyaknya pendaki dan pecinta alam, kini berimbas pada hal - hal positif pada lingkungan. Seperti yang diketahui, tak jarang para pendaki ikut melakukan penanaman di gunung ketika diadakan kegiatan penanaman masal oleh taman nasional gunung terkait. Hal ini sangat positif dan sangat dibutuhkan dalam rangka pelestarian alam. Namun, banyaknya pendaki yang melakukan kegiatan pendakian juga berdampak negatif, banyak diantara mereka yang belum sadar atas etika mendaki. Banyak diantaranya dengan seenaknya membuang sampah yang menggunung di sekitar trek pendakian. Hal ini biasanya dilakukan oleh para pendaki pemula yang belum mengetahui seluk beluk gunung.


Blogger
Disqus

No comments