Fungsi Gaiter dalam Pendakian

Pasti kalian sering melihat para pendaki menggunakan gaiter ketika melakukan pendakian tapi tidak tau fungi utama gaiters. Gaiters atau pelindung kaki merupakn bahan yang dikenakan diatas sepatu yang berfungsi sebagai perlindungan kaki. Pada Awalnya gaiter sendiri terbuat dari kulit sapi dan dikenakan oleh para tentara dan koboi. Namun, sekarang gaiter telah mengalami perkembangan dan kini bahan gaiter terbuat dari kain sintetis plasticized seperti poliester, nylon atau cordura.

Manfaat gaiter diantaranya untuk melindungi sepatu dan kaki ketika melakukan kegiatan outdoor. Gaiter dapat membuat hangat suhu di kaki dan menghindari para pendaki dari kerikil, batu, debu atau bahkan cipratan lumpur agar tidak masuk ke dalam sela - sela sepatu. Selain itu gaiters juga melindungi kaki dari tertusuk ranting, gigitan hewan seperti nyamuk, lintah, pacet dan hewan melata lain.

Gaiter Lokal
Beberapa vendor outdoor telah mengeluarkan produk gaiter untuk keperluan para pendaki. Vendor lokal yang mengeluarkan produk gaiter diantaranya Consina, Rei, dan Eiger. Untuk harga, gaiter lokal relatif murah yaitu pada kisaran 50.000 keatas. Sedangka gaiter lokal harganya akan lebih mahal dari pada gaiter lokal.

0 komentar