Cara Memasak Nasi di Nasting Ketika Mendaki

Cara Memasak Nasi di Nasting Ketika Mendaki

Sumber gambar cntyapratiwi.blogspot.co.id
Bagi kalian yang suka kegiatan pendakian pasti sangat suka dengan kegiatan masak memasak ketika di gunung. Terlebih banyak para pendaki yang mempersiapkan alat - alat serta bahan untuk memasak di gunung sebelum memulai pendakian. Lalu sudah bisakah kalian memasak nasi? Nasi menjadi komponen penting untuk mengisi tenaga ketika turun gunung. Namun nasi juga bisa diganti dengan roti. Nah berikut ini akan dijelaskan cara memasak nasi menggunakan nasting ketika dalam kegiatan pendakian.
Baca Juga : 7 Peralatan Masak yang Wajib Dibawa Saat Mendaki
Alat dan Bahan
Kompor portable, nesting, gas, beras dan air secukupnya (sesuai yang kamu butuhkan).

Tutorial
  • Masukkan beras ke dalam nesting dan tuangkan air. Cuci beras tersebut sampai bersih. Setelah selesai di cuci, masukkan air bersih ke nasting dengan perbandingan 1 : 2. Perbandingan ini diartikan seperti 1 gelas air untuk 2 gelas beras. Untuk satu porsi makan biasanya dibutuhkan 1/2 gelas aqua. 
  • Taruh nesting diatas kompor, nyalakan kompor dan tunggu 7 hingga 12 menit hingga benar - benar mendidih. 
  • Apabila sudah benar - benar mendidih, selanjutnya buka tutup nasting dan aduk - aduk menggunakan sendok, tujuannya yaitu agar air benar - benar meresap ke dalam beras.
  • Proses selanjutnya yaitu menanak nasi. Caranya yaitu dengan menutup nesting dan mengecilkan api. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 10 - 15 menit. Jenis beras sangat mempengaruhi lama memasak. Normalnya pada beras putih membutuhkan waktu 10 - 15 menit, namun untuk beras pecah kulit bisa lebih lama lagi.
  • Apabila nasi sudah dianggap matang, buka tutup nasting dan aduk dengan sendok. Biarkan nasi agar tidak basah. Dan selesai. Nasi siap untuk di santap.

Share this:

Disqus Comments