7 Tips Ketika Tersesat di Gunung

7 Tips Ketika Tersesat di Gunung

Gunung selain menyajikan pemandangan yang indah juga memberikan tantangan yang harus ditaklukkan bagi para pendaki. Ketika mendaki gunung kamu akan menemukan masalah - masalah yang tak terduga, salah satunya yaitu tersesat di jalur pendakian. Jalan yang bercabang, kabut yang tebal, hujan lebat, badai, dan rapatnya pepohonan menjadi penyebab para pendaki tersesat di gunung. Apabila kamu tersesat di gunung, tenang dan jangan panik. Persiapan pendakian yang baik, pengetahuan akan gunung dan teknik survival akan membantumu untuk keluar dari situasi ini. Berikut ini adalah beberapa tips ketika kamu tersesat di tengah pendakian.

1. Perencanaan Yang Baik
Perencanaan sangat penting baik itu dari segi peralatan maupun perbekalan. Selalu bawa perbekalan baik makanan maupun minuman lebih untuk keperluan tidak terduga. Salah satu peralatan yang paling penting dalam pendakian adalah survival kit. Pastikan kamu membawa P3K serta alat - alat survival lain. Dan terakhir pastikan kamu berada dalam kondisi yang fit ketika mendaki gunung.

2. Beritahu Orang - Orang Disekitarmu Ketika Kamu Akan Mendaki
Beritahu kepada orang disekitarmu apa yang akan kamu lakukan, kapan dan dimana kamu akan mendaki. Registrasi di basecamp agar ketika kamu tidak kembali pada waktunya, pihak basecamp bisa menolongmu. Selalu gunakan peta yang diberikan pada basecamp dan taati aturan pendakian.

3. Perhatikan dan Ingat - Ingat Jalur Pendakianmu
Ketika kamu berjalan, ingat - ingat setiap jalan yang kamu lewati terutama hal - hal yang mencolok yang ada di jalur pendakian. Hal ini akan sangat membantu ketika tersesat mendaki gunung.

4. Ketika Kamu Benar - Benar Tersesat, Tenang dan Hentikan Perjalananmu
Ketika kamu merasa benar - benar tersesat, hentikan langkahmu agar tidak semakin jauh tersesat. Terus berjalan dalam keadaan lelah akan membuat fikiranmu semakin kacau dan tak karuan. Oleh karena itu berhentilah dan fikirkan baik - baik apa yang akan kamu lakukan berikutnya.

5. Jangan Takut dan Berfikirlah dengan Jernih
Fikirkan secara rasional dan bijak, jangan terpengaruh fikiran yang buruk yang tak masuk akal ketika kamu tersesat. Istirahat, buka tenda atau dirikan bivak dan cobalah untuk mencari pertolongan. Usahakan untuk meninggalkan jejak seperti membuat tanda pada pohon, mengikat pita pada ranting, membuat perapian, menyalakan senter darurat atau membuat gundukan batu yang telah kamu lalui.
Baca Juga : Cara Mendirikan Bivak
6. Apabila Semua gagal, Carilah Tempat yang Nyaman untuk Menunggu Regu Penyelamat dari Pihak Basecamp
Apabila semua usaha telah kamu lakukan tetapi hasilnya tetap nihil, berdiamlah dan tunggu sampai pihak basecamp menyelamatkanmu. Carilah tempat yang dekat dengan sumber air.

7. Pelajari Ilmu Survival
Tips yang terakhir adalah kamu harus tau bagaimana cara bertahan hidup di alam bebas. Teknik bertahan hidup di alam bebas sangat penting untuk menyelamatkan hidupmu ketika tersesat di manapun.

Share this:

Disqus Comments