7 Peralatan Masak Pendaki yang Wajib Dibawa


Kegiatan memasak tidak bisa dilepaskan ketika kita mendaki. Meskipun kita bisa mengganti dengan makanan pengganjal yang bersifat instan seperti roti dan lain - lain, bila dibandingkan dengan memasak sendiri sangat jauh dari segi kenikmatan. Seperti yang kita ketahui, digunung memiliki suhu yang dingin, oleh karena itu kita membutuhkan makanan yang bersifat menghangatkan tubuh. Dari sinilah kemudian alat - alat untuk memasak sangat dibutuhkan ketika mendaki. Berikut ini adalah alat - alat masak apa saja yang diperlukan dalam kegiatan pendakian :

1. Kompor
Kompor merupakan alat paling penting dalam kegiatan memasak. Kompor yang saya maksud adalah kompor lapangan atau kompor portable. Kompor ini bersifat ringkas namun memiliki fungsi yang vital. Kompor lapangan selain dikenal dengan harganya yang terjangkau juga memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah untuk dimasukkan di dalam cerrier. Bahan bakar yang digunakanpun juga tergolong mudah untuk didapatkan.


2. Gas Kaleng
Kompor dan gas kaleng merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kalau satu diantara keduanya rusak siap - siap saja memasak dengan cara konvensional. Harga gas kaleng baru sekitar 17 ribu. Harga tersebut lumayan terjangkau, namun apabila kamu sering mendaki gunung sangat disarankan untuk isi ulang gas kaleng yang telah habis.

3. Nesting
Nesting merupakan alat serbaguna. Dapat dipakai untuk memasak lauk, nasi, merebus air dan lain - lain selain itu juga bisa digunakan sebagai piring darurat. Nesting juga tergolong ringan dan sangat direkomendasikan untuk dibawa. Nesting bisa diganti dengan cooking set yang lebih ringan dan lengkap diantaranya satu set panci, teflon, mangkuk dan spatula.
Baca Juga : Cara Memasak Nasi Menggunakan Nesting

4. Pisau Lipat Serba Guna
Pisau lipat memiliki fungsi yang banyak dengan bentuk yang minimalis. Alat ini sangat berfungsi ketika kita akan memasak. Diantaranya untuk memotong dan merobek benda. Selain dipergunakan untuk memasak, alat ini juga dapat dipergunakan untuk kegiatan pendakian lain seperti memotong kayu yang kecil, memotong tali dan lain - lain.
Baca Juga : Pisau untuk Kegiatan Pendakian

5. Sendok
Ini nih yang sering kelupaan ketika mendaki. Selalu bawa sendok sebelum melakukan pendakian. Usahakan sendok berbahan plastik agar lebih ringan. Atau kamu juga bisa menggunakan sendok dan garpu lipat agar lebih praktis dan terkesan tidak memakan tempat.


6. Piring dan Gelas Plastik
Sebenarnya piring dan gelas tidak terlalu vital. Piring bisa digantikan dengan nesting sedangkan gelas bisa memotong bagian bawah botol air minum mineral. Namun untuk kenyamanan ada baiknya kalian membawa dari rumah piring dan gelas plastik.

7. Korek
Korek untuk mengantisipasi pemantik di kompor tidak berfungsi. Usahakan membawa korek sendiri kalau tida ingin meminjam tenda sebelah.

0 komentar