5 Tips Menghindari Sambaran Petir ketika Mendaki

Iklim di gunung tidak bisa di tebak dan sewaktu - waktu dapat berubah. Terkadang cuaca yang sangat terik dalam sekejap bisa berubah menjadi hujan. Oleh karena itu para pendaki harus mempersiapkan apapun yang akan terjadi di gunung dengan mempersiapkan peralatan dan logistik yang memadai selama kegiatan pendakian. Hujan adalah hal yang paling menyebalkan bagi para pendaki. Selain menyebabkan jalan becek, hujan juga menyimpan bencana - bencana yang tak terduga diantaranya badai, longsor, banjir, petir, jalan licin, hipotermia dan lain - lain. Salah satu yang paling menakutkan dari hujan adalah petir, tak sedikit para pendaki yang tersambar petir pada saat pendakian. Sebagian besar meninggal, namun ada pula yang selamat. Berikut ini adalah tips bagaimana cara menghindari sambaran petir ketika mendaki :

1. Hindari Mendaki Gunung pada Musim Hujan
Karena mendaki pada musim kemarau sangat jarang diperbolehkan (sebagian pendakian ditutup untuk beberapa alasan), maka ketika kamu mendaki pada musim hujan selalu perhatikan cuaca di gunung yang akan kamu daki. Tak ada salahnya kamu mencari tau kondisi gunung dengan mengontak basecamp setempat mengenai cuaca terupdate di gunung tersebut. Hindari melakukan pendakian ketika gunung sering terjadi hujan badai maupun petir. Selain ancaman petir, ancaman lain juga mengintai. Apabila diprediksi akan terjadi hujan petir, segera urungkan niatmu untuk mendaki.

Baca juga ; Daftar Nomer Kontak Basecamp

2. Jangan Dirikan Tenda di Puncak
Pada dasarnya petir akan menyambar objek yang paling tinggi di sebuah wilayah. Sebagai contoh ketika kita di lapangan dan terjadi hujan petir, kita akan menjadi sasaran petir karena kitalah yang merupakan objek tertinggi di wilayah tersebut. Hindari mendirikan tenda di puncak gunung, segera pindah tendamu atau sebelumnya mendirikan tenda di dasar atau di celah celah tebing untuk menghindari sambaran petir.

3. Hindari Berlindung di Bawah Pohon
Petir akan menyambar objek tertinggi di suatu wilayah tak terkecuali pohon. Hati - hati jika kamu berlindung di bawah pohon. Ketika petir menyambar pohon, aliran listrik hasil sambaran akan mengalir ke tanah dan hal tersebut sangat berbahaya bagi manusia.

4. Matikan Peralatan Komunikasi
Matikan segala peralatan elektronik yang mampu memancarkan maupun menerima gelombang seperti hp, handy talky (HT), gps, ataupun radio. Gelombang pada peralatan komunikasi tersebut akan memancing petir untuk mengalirkan sambarannya ke benda - benda tersebut. Untuk hp lebih baik di matikan dari pada di mode pesawat.

5. Prediksi Cuaca
Biasanya hujan petir akan terjadi ketika mendung disertai dengan gemuruh dan terdengar suara petir. Jika kamu mulai melihat petir saling menyambar segeralah cari tempat perlindungan pada tempat yang lebih rendah atau lebih memilih turun gunung.

Selain tips – tips diatas ada juga beberapa tips lain seperti
  • Menghindari mendirikan tenda di padang rumput.
  • Menghindari bertenda di bawah pohon yang berdiri sendiri. 
  • Hindari aksesoris berbahan metal karena dapat memancing petir dan merupakan penghantar listrik. 
  • Alasi tubuh dengan matras plastik atau bahan anti konduktor lain.
  • Jika sedang mendirikan tenda berkelompok, usahakan jangan terlalu berdekatan. Cari tempat aman masing – masing tapi tidak berjauhan. Sehingga apabila terkena sambaran petir anggota kelompok pada tenda lain dapat menolong. 
  • Jika memang terperangkap pada pada zona sambaran petir ambil posisi berjongkok dengan merapatkan kedua kaki dan tumit bersentuhan. Tutup telinga dengan sikut menyentuh lutut “dengkul”. Selanjutnya tundukkan kepala serendah – rendahnya tanpa menyentuh tanah. Cara ini dilakukan agar ketika petir menyambar di dekat posisi akan mengalir ke dalam tubuh. Namun apabila ke dua tumit kaki terbuka petir akan meloncat ke dalam tubuh. 
  • Lepas ranselmu karena dimungkinkan ransel memiliki benda metal. 
  • Berdoa.
Baca Juga : Tips Menghindari Badai Ketika Mendaki
Ingat, puncak hanyalah bonus, tujuan utama kita adalah kembali ke rumah dengan selamat. Pengetahuan akan gunung akan sangat membantumu dalam keberhasilan pendakian. Salam lestari.
Blogger
Disqus

No comments