5 Gunung di Jawa Tengah untuk Pendaki Pemula

5 Gunung di Jawa Tengah untuk Pendaki Pemula

Bagi kalian yang baru menjajaki dunia pendakian disarankan untuk memilih gunung - gunung yang mudah didaki dan tidak terlalu memakan waktu lama dalam kegiatan pendakian. Umumnya gunung yang dianggap mudah untuk didaki memiliki kriteria medan yang mudah, ketinggian antara 2000 hingga 3000 mdpl, estimasi pendakian hingga ke puncak  yang singkat dan terakhir akses basecamp serta ketersediaan air. Bagi pendaki pemula sangat disarankan untuk melakukan pendakian yang tidak terlalu berat. Selain untuk melatih fisik, pendaki pemula juga belum cukup pengalaman untuk pendakian yang bersifat berat. Untuk gunung - gunung di Jawa Tengah sendiri memiliki beberapa gunung yang tergolong mudah untuk di daki. Berikut adalah 5 gunung rekomendasi untuk pendaki pemula di Jawa Tengah :

Gunung Andong
1. Gunung Andong
Gunung Adong tergolong sebagai gunung yang mudah di daki. Dengan estimasi pendakian 2 jam hingga ke puncak, gunung ini sangat cocok untuk pendaki pemula. Gunung ini memiliki ketinggian 1.463 mdpl dan berada di perbatasan Salatiga - Magelang. View dari Gunung Andong juga lumayan bagus dengan deretan gunung - gunung besar yang mengitari diantaranya Gunung Merbabu, Ungaran, Telomoyo, Sindoro, Sumbing dan Gunung Prau. Berbeda dengan gunung - gunung lain, di puncak Gunung Andong terdapat warung yang sangat cocok untuk melepas lelah. Biasanya para pendaki melakukan pendakian pada malam hari dan mendirikan tenda untuk menikmati sunset. Adapula yang mendaki pada pagi buta mengejar sunset dan melakukan pendakian tektok tanpa mendirikan tenda.

Gunung Prau
2. Gunung Prau
Gunung Prau merupakan pilihan ke dua bagi kalian yang baru belajar mendaki. Dengan ketinggian 2.565 mdpl gunung ini juga menjadi rekomendasi buat pendaki pemula. Estimasi pendakian sampai puncak yaitu antara 2,5 hingga 4 jam dengan trek yang lebih didominasi trek menanjak. Keistimewaan Gunung Prau yaitu puncaknya yang berupa lapangan yang cukup luas untuk menampung ratusan tenda, jadi tidak perlu khawatir kehabisan tempat di puncak Gunung Prau. Gunung Prau berada pada kawasan wisata Dieng. Gunung Prau adalah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Dieng. Di hari minggu ataupun hari libur, Gunung Prau akan sesak dijejali para pendaki. Selain Gunung Prau kalian juga bisa mendaki Bukit Sikunir yang berada  dekat dengan Gunung Prau. Dari Gunung Prau kalian bisa melihat gagahnya Sindoro Sumbing serta Merapi dan Merbabu yang berada jauh di belakang kedua gunung tersebut.

Gunung Ungaran
3. Gunung Ungaran
Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2050 mdpl dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam sampai di puncak. Gunung Ungaran juga tergolong mudah untuk didaki. Perjalanan hingga ke puncak bervariasi. Sebelum sampai di kebun teh kamu akan menemui jalan yang datar sedangkan setelah melewati kebun teh jalan akan sedikit menanjak. View dari Gunung Ungaran juga terbilang menawan dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi yang berada di sebelah selatan.

Gunung Merbabu
4. Merbabu
Merbabu tergolong pada pendakian dengan tingkat kesulitan yang sedang. Gunung Merbabu dikenal dengan bonus pemandangan yang banyak terutama pada pendakian jalur Selo. Tinggi Gunung Merbabu adalah 3145 mdpl dangan waktu pendakian sekitar 6 hingga 7 jam. Jalur yang paling sering digunakn untuk mendaki Merbabu adalah jalur Selo yang dikenal landai. Jalur ini sangat direkomendasikan apabila kalian ingin mendaki Merbabu. Camping Ground yang disediakan ada dua area yaitu Sabana 1 dan Sabana 2. Dari kedua sabana ini kalian bisa melanjutkan kegiatan summit attack hingga ke puncak.

Gunung Merapi
Baca Juga : Gunung - Gunung Angker di Jawa Tengah
5. Merapi
Merapi dikenal dengan gunungnya yang tandus. Tinggi Merapi adalah 2930 mdapl dengan estimasi waktu pendakian yaitu 4 jam. Trek yang disajikan menanjak dengan bebatuan yang cukup terjal. Basecamp Merapi berada dekat dengan basecamp Merbabu yaitu sama - sama di Selo. Sangat disarankan untuk jangan memilih Merapi sebagai pengalaman mendaki pertama kali.

Share this:

Disqus Comments