10 Tips Persiapan Pendakian untuk Pendaki Wanita Pemula

Kebanyakan para pendaki cewek terutama yang baru pertama kali mendaki pasti bingung apa saja yang dipersiapkan untuk kegiatan mendaki. Banyak sekali yang yang harus dipersiapkan untuk mendaki. Jangan bingung dan baca artikel ini hingga tuntas. Berikut ini merupakan tips untuk pendaki wanita pemula apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendaki

1. Lokasi Pendakian
Pastikan kamu mengetahui keadaan dan medan pendakian. Sebaiknya untuk kamu yang baru pertama kali mendaki, pilih trek yang tidak terlalu berat. Pastikan kamu mendaki dengan laki - laki yang sudah berpengalaman dan mampu memimpin dalam melakukan pendakian. Tanyakan pada temanmu bagaimana treknya dan kira - kira apakah kamu sanggup mendaki pertama kali ke gunung tersebut.

2. Persiapan Fisik
Gunung bukanlah seperti tempat wisata seperti yang lain. Gunung akan memaksamu survive dengan segala kendala yang akan menghambatmu baik dari gunung sendiri atau dari teman setim. Sebelum kamu mendaki usahakan melakukan latihan fisik untuk menghindari rasa lelah berlebihan, cepat pegal ataupun sakit di pendakian. Hal ini mengingat medan yang akan kamu lewati akan benar - benar menguras tenaga seperti trek tanah, berlumpur, pasir, bebatuan terjal dengan kemiringan yang ekstrim atau mungkin yang terberat hujan dan badai.

3. Packing
Persiapkan semua peralatan dan logistik pendakian. Tanyalah temanmu yang lebih berpengalaman dalam hal pendakian mengenai apa saja yang perlu dibawa. Ingat jangan berlebihan, hindari membawa barang - barang yang tidak perlu karena akan menambah berat di cerrier yang kamu bawa. Packing sesuai aturan jangan asal taruh. Packing yang ngawur akan menyusahkan kamu ketika melakukan pendakian.
Baca Juga : Tips Mendapatkan Izin Mendaki dari Orang Tua
4. Barang Bawaan
Jangan membawa pakaian terlalu banyak, usahakan membawa baju dengan bahan yang menyerap keringan dan quickdry (cepat kering). Hindari membawa kaos berbahan katun karena akan menyimpan keringat sehingga membuat badanmu lembap dan keringnya lama. Sesuaikan pembawaan pakaian dengan lama pendakian. Untuk pendakian satu malam kira - kira yang harus kamu bawa adalah berikut ini :
  • Alat Sholat
  • Bawa 3 kaos (1 untuk dipakai naik gunung, 1 untuk tidur dan pulang, 1 untuk jaga - jaga ketika hujan)
  • 2 celana berbahan quickdry (hindari pemakaian jeans kalau tidak mendesak, kamu juga bisa menggantinya dengan celana training)
  • Sarung tangan dan kaos kaki
  • Jaket khusus pendaki (waterproof dan windproof)
  • Mantel atau jas hujan
  • Sleeping bag
  • Matras
  • Buff atau slayer
  • Senter atau headlamp
  • Plastik atau trashbag untuk membawa sampah turun
  • Powerbank (optional)
P3K yang harus dibawa
  • Neurobion tablet putih / Neo Remacyl
  • Tolak angin
  • Counterpain atau penghilang pegal lain
  • Salonpas
  • Hansaplast
  • Minyak kayu putih
Jangan lupa untuk membawa pembalut dan pantyliner, ini hukumnya wajib. Siapkan juga kantong plastik untuk pembalut setelah kamu pakai dan buang ketika turun gunung. Hindari membuang pembalut di sekitar jalur pendakian cari tempat yang sudah disediakan untuk pembuangan sampah. Usahakan jangan mendaki ketika kamu sedang masa menstruasi karena selain fisikmu akan lemah, biasanya ada aturan dari masyarakat yang tidak memperbolehkan pendaki yang sedang M untuk tidak mendaki.

Baca Juga : Peralatan dan logistik yang wajib dibawa ketika mendaki gunung

5. Tidur Satu Tenda dengan Lawan Jenis?
Bagi kamu yang tidak suka tidur setenda dengan lawan jenis, kamu bisa membawa dua tenda. Atau kamu juga bisa setenda namun sebelumnya kamu harus berpesan ke temanmu agar sebisa mungkin tidur terpisah dan saling menghormati.

6. Lain - Lain
Kamu juga bisa membawa sunblock, deodoran, lipbalm, tisu kering dan basah. Usahakan gunakan sepatu trekking, baru kalau tidak ada kamu bisa menggunakan sendal outdoor. Karena di gunung tidak ada tempat mandi, dengan barang - barang tersebut kamu masih bisa fresh hingga sampai di basecamp. Biasanya pihak basecamp menyediakan tempat mandi namun dengan air yang sangat dingin. Peralatan mandi yang bisa kamu bawa diantaranya sabun cair, taruh di botol kecil, pembersih muka, sikat gigi dan odol, shampo sachet serta handuk kecil
Baca Juga : Mendaki Gunung Pada saat Menstruasi

7. Buang Air Besar dan Air Kecil saat di Gunung
BAB dan buar air kecil menjadi dilema bagi para pendaki wanita. Hal ini karena akan memaksa merek melakukannya di alam terbuka. Kamu dapat mencari tempat BAB maupun buang air kecil di tempat yang tersembunyi. Memang terasa aneh namun jika sudah sering mendaki pasti akan terbiasa. Pilih tempat yang tidak terlalu jauh dari tempatmu mendirikan tenda, ajak teman wanitamu untuk menunggu ketika sedang BAB maupun buang air kecil. Kamu dapat memanfaatkan ponco sebagai penutup. Kalau BAB jangan lupa menggunakan sistem gali lubang tutup lubang, jangan meninggalkan ranjau bagi pendaki lain.

8. Hindari Diet Saat Mendaki
Hindari diet saat mendaki, pendakian mengharuskan kamu mengeluarkan banyak tenaga. Untuk itu asupan makanan juga harus sesuai untuk melakukan pendakian. Jangan sampai kamu kekurangan energi, lemas dan ujung - ujungnya sakit. Perut yang terisi juga akan membuat tubuhmu hangat dan terhindar dari hipotermia.

9. Jangan Manja
Hindari mengeluh ketika mendaki bahkan ketika kepanasan, berkeringat, jalan berdebu atau segala hal sepele dalam kegiatan pendakian. Jadilah wanita yang mandiri dan tangguh selama mendaki.

10. Jujur ketika Lelah
Pendakian akan memaksamu berjalan lama. Apabila kamu tidak terbiasa pasti akan mengeluh walaupun cuma didalam hati. Ingat, jangan sungkan untuk meminta break untuk istirahat dan minum. Hindari lelah berlebihan. Apabila tubuhmu sudah tidak kuat, minta teman setimmu untuk istirahat sebentar. Jujur dan jangan paksakan tubuhmu. Capek yang berlebihan akan membuatmu gampang terkena penyakit dan pada akhirnya menyusahkan teman satu tim pendakian.

Referensi : viapendaki.com
Blogger
Disqus

No comments