Tutorial Mendirikan dan Melipat Tenda Dome

Tenda menjadi komponen penting dalam pendakian gunung (selain pendakian tektok). Ketika pertama kali mendaki mungkin merasa bahwa mendirikan tenda adalah suatu hal yang merepotkan pendaki. Namun, dengan cara serta penanganan yang tepat, tenda dapat cepat didirikan. Berikut ini adalah tips sebelum mendirikan tenda :

1. Pemilihan Tempat
Pilih tempat yang tepat dalam mendirikan tenda. Hindari angin dengan cara memilih tempat di sekitar pohon berukuran sedang, perdu atau semak - semak. Hindari memilih tempat mendirikan tenda di bawah pohon besar, pohon tunggal maupun pohon lapuk, karena sangat beresiko terjadinya tertimpa pohon yang rubuh karena angin.  Jangan mendirikan tenda di dekat sarang tawon dan jalur lintasan binatang.

Apabila terpaksa berada pada tanah yang lapang (terbuka), lihat arah angin, dirikan tenda dome dan jangan sampai berhadapan dengan arah angin. Atau kamu bisa juga mendirikan tenda berdempetan dengan tenda lain untuk menghindari hembusan angin gunung secara langsung. Persiapkan secara matang ketika mendaki pada musim yang banyak angin. Pasang dengan baik tendamu dan jangan sampai kendor. Cari lahan yang datar agar ketika tidur lebih nyaman. Apabila kamu mendaki ketika musim hujan, buat parit di sekitar tenda sebagai buangan air yang akan melewati tendamu. Usahakan jangan berada di tempat yang paling tinggi untuk menghindari adanya sambaran petir. Gunakan tenda double layer.

2. Bagian - bagian tenda dome
  • Alas terpal (tubuh tenda dome bagian dalam)
  • Flysheet (layer atas)
  • Frame
  • Pasak
  • Tali
 3. Mempersiapkan peralatan mendirikan tenda
Gelar matrasmu dan keluarkan satu persatu bagian - bagian tendamu. Untuk membangun tenda diperlukan lebih dari satu orang. Bentangkan alas terpal dan kemudian masukkan frame ke lubang yang telah disediakan di tenda dome. Pemasangan frame tenda biasanya menyilang menyesuaikan bentuk tenda. Sesuaikan ukuran panjang frame sesuai yang ada di tenda. Setelah frame sudah dipasang sesuai tempatnya, masukkan ujung frame ke lubang yang ada di sudut - sudut tenda dengan melengkungkan bagian tengah frame. Kemudian pasang pasak frame ke tanah. Untuk pemasangan pasak jangan menusuk ke tanah langsung ke bawah, tetapi dengan posisi miring. Pasang flysheet di atas tenda dan talikan flysheet ke sudut - sudut tenda seperti yang ada di tempat pasak. Lalu masukkan pasak lagi ke tempat pasak yang ada di sudut. Yang terakhir pasang pasak yang ada di depan tenda untuk pintu masuk
Baca Juga : Cara Mencuci Dome 
4. Cara melipat tenda dome 
 Keluarkan semua barang yang ada di dalam tenda, dan jangan sisakan kotoran. Cabut pasak dari tempatnya dan lepas flysheet. Angkat tenda dan miringkan dengan pintu tenda berada di bawah dan keluarkan kotoran - kotoran seperti tanah dan pasir yang ada di dalam tenda. Lepaskan bersama - sama frame tenda dengan perlahan dan keluarkan frame tersebut dari tempatnya. Lipat bagian flysheet secara simetris. Bersihkan pasak dan frame tenda kemudian masukkan pasak ke tempatnya. Lipat juga tenda, tumpuk bagian frame, pasak, tali, flysheet dan bagian dalam dome. Dan terakhir gulung secara perlahan dan masukkan ke tempatnya.
*Sesuaikan cara pemasangan tenda dengan bentuk tenda yang kamu bawa

0 komentar