Tips Sebelum Membeli Sepatu untuk Kegiatan Mendaki


Sensasi berada di puncak gunung membuat sebagian orang selalu ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi. Namun dibalik keindahan gunung terdapat tantangan alam untuk ditaklukkan sebelum bisa menikmati keindahan di puncak tertinggi. Pendaki harus pintar dalam mempersiapkan medan alam untuk dapat menaklukkan ganasnya tantangan alam di gunung. Salah satu faktor penting dalam mendaki adalah alas kaki. Ada dua opsi penggunaan alas kaki yaitu menggunakan sendal dan sepatu. Sepatu sangat direkomendasikan dalam kegiatan pendakian. Selain tingkat kenyamanan juga tingkat keamanan pendaki menjadi jaminan ketika mendaki gunung menggunakan sepatu hiking.

Oleh karena itu, di postingan kali ini akan membahas tips memilih sepatu hiking untuk kegiatan pendakian. Berikut ini adalah poin - poin yang harus kamu pertimbangkan sebelum membeli sepatu untuk kegiatan mendaki :

1. Jenis Sepatu


Ketika memutuskan memilih sepatu untuk mendaki, hal pertama yang diperhatikan adalah jenis sepatu apa yang akan digunakan. Beberapa jenis sepatu gunung diantaranya sepatu tanpa leher, sepatu dengan leher pendek, dan sepatu dengan leher panjang. Pilihlah model leher sesuai kebutuhan mendaki. Fungsi dari tiga model sepatu tersebut berbeda beda. Untuk kegiatan outdoor atau mendaki dengan kesulitan yang tidak terlalu berat dapat menggunakan sepatu dengan jenis leher pendek.

Namun, ketika medan berat sangat dianjurkan menggunakan jenis sepatu yang menutup pergelangan kaki seperti jenis sepatu leher panjang. Selain melindungi pergelangan kaki, leher panjang juga menghindari udara dingin atau air masuk ke dalam kaki. Sedangkan jenis sepatu leher pendek cocok digunakan untuk berbagai medan dan model inilah yang paling banyak dipakai para pendaki. Selain bentuknya yang nyentrik dan keren jenis sepatu ini juga melindungi pergelangan kaki terutama mata kaki.

2. Bahan Sepatu

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah bahan sepatu. Bahan sepatu untuk kegiatan mendaki haruslah nyaman untuk digunakan dalam medan yang terjal. Pilihlah sepatu dengan bahan sintetis yang akan memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kaki. Hindari bahan sepatu yang terbuat dari karet karena sangat mudah robek ketika digunakan mendaki. Sepatu untuk pendakian juga hendaknya memiliki sifat water proof agar ketika menghadapi medan becek maupun hujan, kondisi kaki tetap kering dan terjaga kenyamanannya dalam melakukan kegiatan pendakian.

3. Kekuatan Sol Sepatu

Mengingat kegiatan outdoor yang dilakukan di gunung membutuhkan kekuatan serta tumpuan ekstra pada telapak kaki, sepatu sebagai alas kaki haruslah kuat untuk mencengkram tanah maupun batu. Kekuatan sol sepatu menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting ketika membeli sepatu untuk mendaki. Pemilihan sepatu untuk mendaki sebaiknya memilih model dengan sol sepatu yang memiliki punggung tinggi, hal ini akan membuat kaki akan menempel dengan permukaan kaki sehingga memudahkan kegiatan pendakian. Lalu, pilihah jahitan sepatu yang kuat dan bentuknya mengikuti alur kaki agar dapat memberi rasa nyaman kepada si penguna ketika berjalan.

4. Pilih Ukuran Sepatu Lebih Longgar

Ukuran sepatu yang pas dengan kaki memang akan mendapatkan kesan mantap ketika memijakkan kaki ke tanah. Namun dalam jangka waktu lama bagi yang tidak terbiasa akan keluar efek negatif yaitu merasa sakit pada bagian tertentu dan lepuh. Oleh karena itu pemilihan sepatu sebisa mungkin pilih ukuran yang lebih longgar dari biasanya. Ukuran longgar yang kurang nyaman dapat ditutupi dengan penggunaan kaos kaki agar tetap nyaman dalam mendaki dan menghindari lepuhan ketika berjalan lama. Terkadang ketika mendaki gunung dengan suhu dingin mengharuskan pendaki menggunakan dua kaos kaki untuk menjaga kaki tetap hangat, maka dari itu diperlukan sepatu dengan ukuran yang lebih longgar untuk menggunakannya.

Demikian artikel ini, semoga membantu dalam memilih sepatu untuk mendaki gunung.
Blogger
Disqus

No comments