Tips Mencuci dan Merawat Sepatu Gunung atau Sepatu Trekking



Sepatu gunung sebagai salah satu peralatan mendaki memang lebih cepat kotor dibanding peralatan mendaki lain. Untuk menjaga sepatu gunung tetap awet diperlukan perawatan yang baik dan benar. Berikut ini adalah tips perawatan sepatu gunung:

1. Gunakan Alat Pembersih yang Tepat
Sepatu gunung terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas (luar dan dalam) dan bagian bawah (sol). Masing - masing bagian tersebut memerlukan alat pembersih yang berbeda. Pada bagian atas (luar) kalian dapat menggunakan lap basah atau sikat dengan bahan yang lembut sebagai alat pembersih yaitu dengan diusapkan secara pelan - pelan dan diberi sedikit tekanan. Pada bagian atas (dalam) kalian dapat melepas insole sepatu untuk dibersihkan dengan cara disikat menggunakan sikat halus.

Pada bagian bawah, kalian dapat menggunakan sikat yang keras untuk membersihkan tanah yang menempel pada grip - grip sole sepatu. Usahakan untuk membersihkan terlebih dahulu sol sepatu yang kotor menggunakan lidi atau tusuk gigi pada bagian sela - sela grip tersebut agar lebih mudah dalam menyikatnya.

2. Bahan Pembersih
Untuk membersihkan sepatu gunung, bahan yang paling aman adalah air bersih tanpa campuran sabun. Hindari menggunakan deterjen karena material sepatu gunung sensitif terhadap bahan kimia yang dikandung sabun deterjen. Ada pendapat bahwa dalam membersihkan sepatu dapat menggunakan mild soap atau sabun dengan pH netral (7.0) seperti sabun bayi. Namun ada beberapa kasus penggunaan sabun tersebut dapat menghilangkan lapisan waterprof tipis yang membantu menghalau resapan air kebagian dalam sepatu. Jadi sangat direkomendasikan dalam membersihkan sepatu gunung gunakan air bersih saja untuk menjaga lapisan waterproof tetap terjaga.

3. Cara Pengeringan
Pengeringan yang baik dan benar adalah dengan mengangin - anginkan tanpa terkena sinar matahari secara langsung. Pengeringan dapat dilakukan dengan diletakkan dibawah atap yang terkena angin. Menghindari sinar matahari dimaksudkan agar sepatu tidak mudah rusak material dan warnanya akibat sinar matahari.

4. Cara Perawatan Sebelum Disimpan
Bahan sepatu gunung biasanya terdiri dari dua jenis diantaranya kulit dan kanvas serta gabungan dari keduanya. Masing - masing dari bahan tersebut memiliki cara perawatan tersendiri. Sepatu dengan bahan kulit dapat dirawat dengan menyemir sepatu tersebut pada saat hampir kering. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan agar kulit dari sepatu tersebut tidak terlalu kering. Pada sepatu dengan bahan kanvas yang bersifat waterproof, semprot dengan semprotan waterpoof yang bisa kalian dapatkan di toko online dengan harga berkirsar 100ribu.

5. Cara Penyimpanan
Setelah semua tahap diatas sudah dilakukan, tahap terakhir adalah tahap penyimpanan. Simpan sepatu kering dengan memasukkan gumpalan kertas kedalam sepatu yang berguna untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap seperti semula. Gunakan kertas polos dan hindari menggunakan kertas koran agar tidak terkena tempelan atau lunturan dari tinta koran. Masukkan sepatu ke kardus kering yang sudah diberi silica gel untuk menghindari jamur. Simpan kardus didalam tempat yang kering.
    Baca Juga : Cara Mencuci Jaket Outdoor

    Tips perawatan sepatu trekking dari fanspage Eiger


    Postingan terkait: