Tips Mencuci dan Merawat Sepatu Gunung atau Sepatu Trekking


Sepatu gunung sebagai salah satu peralatan mendaki memang lebih cepat kotor dibanding peralatan mendaki yang lain. Untuk menjaga sepatu gunung tetap awet diperlukan perawatan yang baik dan benar. Kalau perawatannya tidak benar sangat disayangkan mengingat harga sepatu gunung memang lumayan mahal. Berikut ini adalah tips mencuci sepatu gunung:

  1. Lepas tali dan sol sepatu 
  2. Rendam sepatu dengan shampoo, sabun tanpa detergen atau sabun bayi untuk memudahkan dalam membersihkan bagian – bagian yang kotor. Penggunaan detergen tidak dianjurkan karena akan merusak bahan waterproof yang ada di sepatu. 
  3. Gosok bagian yang kotor dengan halus menggunakan sikat yang bersih 
  4. Sikat dari bagian depan ke belakang dengan satu arah sampai bersih 
  5. Lap sepatu yang sudah bersih dari kotoran dengan menggunakan kanebo 
  6. Keringkan sepatu dengan cara di angin – anginkan tanpa mengenai sinar matahari langsung. Alasan mengapa tidak dianjurkan mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari langsung adalah sinar matahari dapat merusak warna dan materi dasar sepatu. 
  7. Bila sepatumu memiliki sifat waterproof, kamu dapat menyemprot waterproof ke body sepatu. Bersihkan juga sol dan tali sepatu. Untuk cara membersihkan kurang lebih sama dengan cara membersihkan sepatu biasa.
Baca Juga : Cara Merawat Carrier
Kalau sepatu tidak terpakai, simpan sepatu dalam keadaan kering untuk menghindari adanya jamur. Simpan sepatu di tempat yang teduh dan terhindar dari debu. Atau bisa juga disimpan di dus sepatu. Isi bagian dalam sepatu dengan koran untuk menjaga kelembapan bagian dalam sepatu.
Baca Juga : Cara Mencuci Jaket Outdoor
Tips perawatan sepatu trekking dari fanspage Eiger

0 komentar