Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Pendakian Gunung Merbabu via Wekas


Merbabu menjadi destinasi para pendaki terkenal di Jawa Tengah dengan pemandangannya yang memanjakan mata. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142 mdpl yang berdampingan dengan Gunung Merapi. Terkadang para pendaki sengaja untuk menaiki dua gunung ini dalam jangka waktu bersamaan. Dua gunung ini kemudian sering disebut dengan istilah 2M.

Untuk mencapai basecamp Wekas bisa dijangkau dari terminal Magelang kemudian dilanjutkan dengan naik bis menuju Wekas. Bis ini hanya beroprasi hari kerja saja dan tidak ada pada hari libur. Atau bisa juga menyewa angkutan kota dengan tarif Rp 200.000 / mobil (negosiasi), dengan angkutan ini kamu akan diantar sampai ke pos pendakian Wekas.

Pendakian Gunung Merbabu terdapat beberapa jalur diantaranya
  • Via Tekelan
  • Via Wekas
  • Via Cunthel
  • Via Selo
  • Via Suwanting
 Dari 5 jalur pendakian Merbabu, jalur pendakian via Wekas adalah jalur pendakian paling pendek dan terdapat banyak sumber air dengan trek yang datar.

Basecamp - Pos 1 (1,5 Jam)
Untuk menuju Pos 1, kamu akan melewati rumah warga serta ladang penduduk. Sebelum sampai di pos 1 kamu akan menemui makam yang dipercaya merupakan makam dari penemu kampung tersebut. Setelah makam akan ditemui jalan menanjak hingga mencapai pos 1.

Pos 1 - Pos 2 (2 Jam)
Setelah dari pos 1 dilanjutkan menuju pos 2 yang didominasi trek menanjak. Di sepanjang jalan akan ditemui pipa - pipa air. Sesampainya di pos 2, kamu akan menemui tanah datar yang mampu menampung banyak tenda.

Pos 2 - Puncak (3,5 Jam)
Setelah dari pos 2 kamu akan melalui jalan yang menanjak yang berkelok - kelok hingga menemui pos pemancar atau disebut juga pos 3. Pos ini merupakan pos persimpangan jalur pendakian Thekelan dan Cunthel. Dari sini jalur pendakian sama dengan jalur pendakian Cuntel dan Tekelan.

Peta Pendakian Merbabu via Wekas

View Pendakian Merbabu

Video Pendakian Merbabu via Wekas

Share this:

Disqus Comments