Makanan Praktis Untuk Naik Gunung

Makanan Praktis Untuk Naik Gunung


Mendaki gunung menjadi kegiatan yang booming setelah adanya film 5cm. Banyak orang kemudian berbondong – bondong melakukan pendakian. Kegiatan mendaki gunung membutuhkan tenaga serta fisik yang ekstra untuk menjalaninya. Untuk mendukung tenaga yang ekstra diperlukan makanan untuk pendukung kegiatan tersebut. Baik itu ketika naik maupun turun gunung. Ketika naik gunung kita masih sempat mempersiapkannya dengan makan di warung makan maupun rumah makan di sekitar basecamp. Nah masalahnya ketika digunung bagaimana? Kita harus mempersiapkan makanannya untuk tetap menjaga fisik dan tenaga ketika dalam perjalanan dan turun gunung. Berikut ini akan saya share apa saja makanan yang praktis digunakan untuk naik gunung dengan hemat.
  • Makanan
    Nasi adalah pilihan opsional yang bisa dibawa maupun tidak. Untuk pendakian yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga, membawa nasi sangat direkomendasikan dengan syarat bisa memasak nasi. Pilihan lain adalah mie instan. Mie instan akan sedikit mengenyangkan ketika mendaki gunung. Sifatnya yang praktis dan mudah dimasak menjadikan mie instan sebagai pilihan utama para pendaki. Pilih mie instan yang berkuah agar cairan di tubuh tetap terjaga. Sebelumnya persiapkan alat – alat masak seperti kompor portable, gas dan nesting. Selain itu energen, sereal dan roti juga bisa menjadi pilihan ketika mendaki. 
  • Lauk
    Ada beberapa pilihan lauk dipasangkan dengan mie diantaranya sosis, tempe, nugget, telor asin, krupuk, dan pilus. Sebelumnya persiapkan mentega seperti blueband untuk menggoreng menggantikan minyak goreng yang ribet dan rawan pecah. 
  • Pengganjal Ketika Mendaki Pilih pengganjal seperti roti, snack snack, coklat, snicker, biskuit dan jajanan lain untuk mengganjal perut ketika sedang mendaki. 
  • Air Minum Bawa air minum sesuai kebutuhan, usahakan membawa lebih banyak untuk jaga – jaga. Saya sendiri lebih suka membeli air minum dengan merk aqua untuk minum dan air masak dengan merk indomart yang lebih murah. 
  • Pengurang Haus Gunakan madu, permen atau susu sachet ketika mendaki. Ketiganya akan membuat tenggorokan tidak cepat kering dan mengurangi rasa ingin minum air ketika mendaki. 
  • Obat Masuk Angin. Seringkali ketika mendaki akan mengalami masuk angin terutama ketika mendaki pada malam hari. Gunakan obat masuk angin seperti tolak angin untuk mengatasi masuk angin. 
  • Minuman Hangat Pilihan untuk minuman hangat diantaranya, teh, susu, kopi, jahe dan lain - lain. Fungsi minuman hangat ini yaitu untuk menghangatkan dan menormalkan suhu tubuh mengingat gunung adalah tempat yang dingin apalagi ketika pagi hari sebelum matahari muncul.
Sekian pembahasan kali ini, semoga membantu kamu dalam mempersiapkan pendakian.

Share this:

Disqus Comments