Hal - Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendaki Pada Musim Hujan


Bagi para pendaki, kegiatan pendakian adalah salah satu kegiatan yang membuat ketagihan. Bahkan ketika cuaca tak mendukung bukan berarti menyurutkan niat mereka dan membuat mereka semakin tertantang. Berikut ini adalah persiapan yang perlu dilakukan ketika mendaki gunung pada musim hujan :

1. Persiapan Matang
Musim hujan akan lebih menantang dengan cuaca yang berubah - ubah. Cuaca di gunung dapat berubah dari panas ke hujan dalam tempo yang cepat terutama pada musim hujan. Untuk itu harus dipersiapkan dengan matang untuk mengantisipasi hal tersebut.

Persiapan diawali dengan fisik dulu dan kemudian persiapan mental dan terakhir perlengkapan. Bawa perlengkapan untuk antisipasi hujan seperti raincoat, plastik, bag cover dan peralatan lain  untuk melindungi barang - barang dari air. Bungkus baju yang ada di carriermu dengan plastik untuk mengantsisipasi bila carriermu tembus air.

2. Pilih Gunung Dengan Rute Pendakian Singkat
Pendakian tektok sangat direkomendasikan ketika musim hujan. Pendakian tektok yakni pendakian dalam satu hari naik turun gunung. Ngecamp pada musim hujan akan sedikit membuatmu repot dalam mempersiapkan perlengkapan. Oleh karena itu, perhatikan jarak tempuh pendakian kamu. Direkomendasikan untuk mendaki dengan jarak tempuh pendek.

3. Hindari Jalur Beresiko
Jika musim kemarau beresiko kebakaran, musim hujan memiliki resiko  yaitu longsor di gunung. Usahakan untuk menghindari rute yang rawan longsor. Pilih gunung - gunung yang banyak shelter di sepanjang rute pendakian. Dengan banyaknya shelter akan mempermudah kamu untuk berteduh.

4. Perkirakan Cuaca
Sebelum melakukan pendakian, perkirakan cuaca gunung tersebut. Bisa dengan menggunakan aplikasi android di hp androidmu atau dengan menghubungi basecamp setempat. Meskipun cuaca di gunung tidak bisa diprediksi, minimal kamu sudah mempunyai gambaran apa yang akan kamu hadapi di gunung.

5. Kurangi Membawa Barang Yang Tidak Penting
Maksimalkan cerriermu untuk persiapan menghadapi hujan dan kurangi membawa barang - barang yang tidak penting. Selalu lindungi barang yang ada di cerriermu seperti pakaian, makanan, dan barang elektronik dengan plastik. Selalu pasang coverbag untuk carriermu ketika mendaki.

6. Lapisi Barang Bawaanmu dengan Kantong Kedap Air
Meskipun carriermu kedap air, bisa saja air merembes dari celah celah jahitan  resleting cerriermu
. Untuk itu lindungi barang - barangmu dengan memasang coverbag dan kantong plastik apa saja yang ada di dalam cerrier terutama baju dan sleeping bag.
Baca Juga : Dry Bag untuk Mengamankan Barang di Carrier Ketika Hujan

7. Gunakan Sepatu Mendaki
Pilih sepatu atau sendal? Dalam kondisi hujan lebih direkomendasikan memakai sepatu. Sepatu mendaki yang sudah dilengkapi tahan dari air yang akan membuatmu nyaman dan tetap hangat sekalipun terkena hujan dan melewati kubangan air. Sendal akan menyulitkan ketika terperangkap di lumpur dan beresiko putus. Maka dari itu direkomendasikan menggunakan sepatu. Selain itu, penggunaan sepatu dapat menghindari dari gigitan hewan seperti lintah di musim hujan.

8. Buat Parit di Sekeliling Tenda
Untuk menghindari air hujan yang mengalir masuk ke tenda. Buat parit sebagai pembuangan air ketika akan sampai di tenda. Dengan adanya parit kecil ini, tenda akan tetap aman dari genangan air.

9. Pilih Tenda Double Layer atau Gunakan Flysheet untuk Melindungi Tenda
Pilih tenda double layer agar air hujan tidak tembus ke dalam tenda. Untuk lebih nyaman lagi lapisi tenda dengan flysheet agar air hujan yang jatuh dari atas tidak menembus ke dalam tenda. Sebisa mungkin pilih tempat tenda di sekitar pohon yang tidak terlalu besar, perdu atau semak - semak, selain melindungi dari hujan juga melindungi dari angin atau badai. Hindari memilih pohon besar karena beresiko tumbang ketika ada angin besar.

10. Pilih Ponco dari pada Jas Hujan
 Walaupun sama - sama kedap air, ponco akan memberi ruang antara badan dan lapisan ponco dan tubuh tidak menempel dengan lapisan ponco sehingga bisa menjaga tubuh tetap hangat. Sementara itu jas hujan memiliki sifat menempel dengan tubuh sehingga dapat menyerap atau menurunkan suhu tubuh dan berpotensi kedinginan.
Baca Juga : Jas Hujan untuk Mendaki

0 komentar