Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting

Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting

Pendakian Merbabu via Suwanting terkenal dengan pemandangannya yang indah. Jalur Suwanting pertama kali dibuka pada tahun 1990 dan kemudian ditutup pada 1998. Dari tahun 1998 pos Suwanting ditutup hingga tahun 2015, baru pada tahun tersebut jalur pendakian Suwanting dibuka lagi pada maret 2015. Retribusi pendakian di jalur Suwanting adalah 10.000 pada hari senin sampai jumat, sedangkan pada hari libur sabtu minggu yaitu 17.500.

Merbabu merupakan gunung dengan tinggi 2.142 mdpl dengan tipe gunung strato yang telah lama tertidur. Gunung Merbabu terletak diantara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Semarang, Magelang dan Boyolali. Gunung Merbabu via Suwanting juga dikenal dengan medan yang berat dengan suhu dingin ketika musim kemarau. Ada beberapa jalur untuk mendaki Merbabu selain Suwanting diantaranya Wekas, Tekelan, Cunthel dan Selo.

Terdapat tiga puncak di Gunung Merbabu diantaranya Kenteng Songo dan Triangulasi 3.142 mdpl, serta Puncak Syarif 3.119 mdpl. Dari Gunung Merbabu kita dapat melihat puncak gunung - gunung di sekitarnya diantaraya Gunung Merapi, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Lawu. Terdapat 5 buah kawah di Gunung Merbabu yaitu kawah Condrodimuko, Sambernyowo, Kombang, Rebab dan Kombang.

Menuju Basecamp Suwanting
Untuk dapat mencapai basecamp Suwanting langsung saja ke arah Kopeng baik dari Salatiga maupun Magelang. Dari Kopeng atau setelah gerbang pendakian wekas lurus saja sampai ketemu pertigaan arah Ketep. Dari pertigaan ini maju terus sekitar 3 km sampai ketemu tulisan pendakian merbabu via Suwanting. Dari sini jaraknya sudah dekat sekitar 10 menit untuk mencapai basecamp Suwanting.

Basecamp - Pos 1
Dari basecamp kita melewati rumah warga dengan jalan berupa jalan bangunan. Setelah melewati rumah - rumah warga kemudian sampai di 4 percabangan dan ambil arah plang menuju puncak. Dari sini kita akan memasuki area hutan pinus. Di sinilah pos 1 Suwanting berada. Estimasi waktu dari basecamp hingga ke pos 1 adalah 25 menit.

Pos 1 - Pos 2
Pos 1 menuju pos 2 didominasi hutan pinus dengan jalan yang landai. Namun di akhir perjalanan menuju pos jalan akan menanjak. Estimasi waktu dari pos 1 hingga pos 2 adalah 1,5 jam perjalanan.

Pos 2 - Pos 3
Perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 cukup terjal dengan jalanan menanjak dan licin. Sebelum mencapai pos 3 kita akan menemui lembah manding. Dari lembah manding ini kata warga setempat kita harus mengucap salam. Di lembah manding juga kita dilarang mengeluh baik itu kedinginan, kecapekan, gag kuat dan lain - lain serta menjaga perkataan kita. Setelah melewati lembah manding akan ada banyak jalan, namun memiliki tembusan yang sama. Sebelum sampai di pos tiga akan ditemui sumber air. Jarak sumber air dan pos tiga hanya 10 menit jalan kaki.

Pos 3 ini adalah tempat yang cocok untuk membuka tenda dengan tanah yang lapang yang mampu menampung belasan tenda. Dari pos 3 kita bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas serta Gunung Sindoro dan Sumbing.

Pos 3 - Puncak
Perjalanan menuju puncak akan disuguhi pemandangan yang memanjakan mata. Jalan menuju puncuk pun landai. Perjalanan akan melewati 3-4 bukit sabana sampai menemui puncak Triangulasi dan Kenteng Songo. Jarak dari pos 3 menuju puncak adalah 1,5 jam.

Peta Pendakian Merbabu via Suwanting
View Pendakian Merbabu via Suwanting



Share this:

Disqus Comments