Pendakian Gunung Ungaran via Medini


Gunung Ungaran berlokasi di Kabupaten Semarang, tepatnya di Kabupaten Ungaran dengan ketinggian 2050 mdpl. Dengan ketinggian yang tergolong sedang ini sangat cocok bagi para pendaki pemula. Pendakian Gunung Ungaran terdapat 3 jalur diantaranya via Mawar, Medini dan Gedong Songo. Yang akan di bahas pada postingan kali ini adalah pendakian Ungaran via Medini. Basecamp Medini terletak di utara Gunung Ungaran lebih tepatnya di Bumi Perkemahan Gonoharjo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Untuk mencapai daerah ini bisa ditempuh dari Kota Semarang kemudian ambil arah Boja dan turun di pertigaan Tampingan, estimasi waktu dari Kota Semarang ke Boja adalah sekitar 1 jam. Dari Boja kemudian ambil angkot jurusan pemandian air panas Gonoharjo, Nglimut, perjalanan sekitar 20 menit. Di Gonoharjo ini kita akan menemui Bumi Perkemahan Gonoharjo, di Bumi Perkemahan Gonoharjo apabila kalian tidak membawa kendaraan bermotor disinilah start kalian untuk mengawalinya dan untuk kemudian sampai di basecamp Medini selama 20 menit.

Setelah sampai di Medini kalian harus bertanya kepada penduduk setempat arah ke Basecamp Medini. Registrasi masuk dikenakan 3 ribu rupiah di pos penjagaan di area pemukiman penduduk. Dari Basecamp Medini kemudian dilanjutkan ke Basecamp Promasan dengan jalur yang lumayan ringan berupa perkebunan teh dengan trek bebatuan yang tersusun selebar jalur mobil. Setelah melakukan perjalanan selama 20 menit sampailah di hutan dengan jalan yang sedikit licin dan lembap. Berikutnya sampailah di kebun teh dengan jalan seperti sebelumnya dilanjutkan melewati kebun teh dengan setimasi waktu sekitar 1,5 jam dan sampailah di Basecamp Candi Promasan. Di sini seringkali pendaki menginap bagi yang tidak melakukan camping di sekitar puncak Ungaran. Untuk yang merencanakan camp di puncak Ungaran bisa langsung melakukan pendakian. Di Basecamp Promasan ini kalian bisa beristirahat makan ataupun mengisi ulang air minum di warung - warung setempat.

Dari Basecamp Promasan bisa langsung melakukan pendakian ke puncak Ungaran dengan estimasi waktu sekitar 2,5 jam sampai di puncak. Setelah dari Basecamp Promasan kemudian sampai di kebun teh dengan jalan yang lumayan datar dan bersahabat. Dari kebun teh ini kemudian memasuki area hutan Gunung Ungaran dengan trek menanjak. Area hutan gunung Ungaran melewati jalan sempit dengan jalan berupa bebatuan terjal. Sebelum sampai di puncak ada area bebatuan yang cukup untuk melakukan camp selain di puncak tugu banteng . Ketika hari libur pendakian Gunung Ungaran akan ramai oleh penadaki, opsi tempat camp yang bisa dipilih adalah Basecamp Promasan, Kebun Teh, area bebatuan sebelum puncak tugu banteng, puncak tugu banteng dan sebelah barat tugu banteng.

Peta Pendakian Gunung Ungaran 
Alternatif Camp di Gunung Ungaran
Kebun Teh Gunung Ungaran 

Area Bebatuan Sebelum Puncak Ungaran

Puncak Tugu Banteng

Foto Puncak Gunung Ungaran



0 komentar