Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng

Gunung Prau menjadi favorit bagi pendaki di sekitar Jawa Tengah. Dengan ketinggian 2.565 mdpl dan memiliki puncak yang luas yang disebut bukit teletubies untuk mendirikan tenda, tempat ini menjadi favorit bagi para pendaki ketika musim liburan tiba. Keindahan puncak Prau terlihat ketika sunrise pagi dengan sinar keemasannya. Dengan pemandangan Gunung Sindoro  Sumbing sebagai background yang mempercantik pemandangan. Jalur Patak Banteng dianggap sebagai jalur tercepat untuk mencapai puncak Prau yaitu dengan estimasi perjalanan 2 sampai 3 jam dari basecamp Patak Banteng. Disekitar basecamp terdapat warung - warung warga yang disediakan untuk para pendaki. Basecamp Patak Banteng termasuk dalam kawasan Wisata Dieng, maka dari itu persiapkan dana untuk membayar tiket masuk ke lokasi Dieng.

Pendakian Prau via Patak Banteng sangat cocok untuk pendaki pemula dengan trek pendek namun memiliki tingkat kesulitan sedang. Selain melakukan pendakian anda bisa juga berwisata ke Dieng atau bisa juga mendaki lagi ke Bukit Sikunir untuk melihat golden sunrise dan Telaga Warna. Lokasi basecamp berada kurang lebih 50 meter dari jalan raya dengan memasuki gang - gang rumah atau berjarak kurang lebih 300 m dari gerbang utama Dieng Plateau berada tepat di kanan jalan. Perlu diingat, Gunung Prau ditutup setiap tanggal 5 Januari hingga 5 April setiap tahunnya.

Untuk mencapai Basecamp Patak Banteng, Dieng, bisa ditempuh melalui Kabupaten Batang, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kendal. Dari Wonosobo bisa menggunakan bus dengan ukuran sedang dengan tujuan kawasan wisata Dieng. Untuk mencapai puncak Prau sebenarnya terdapat tiga jalur pendakian, yaitu :
  • Jalur Patak Banteng, Dieng, Wonosobo
  • Jalur Pranten, Bawang, Batang
  • Jalur Kenjuran, Kendal
Disepanjang jalur Patak Banteng tidak terdapat mata air, maka dari itu dihimbau untuk mempersiapkan perbekalan sebaik mungkin sebelum mendaki. Iklim di Dieng relatif bersahabat dan bisa berubah ubah terutama pada musim hujan. Pada waktu - waktu tertentu, di Dieng memasuki cuaca dingin ekstrim dan biasanya pada saat itu basecamp Patak Banteng ditutup.

Berikut adalah peta pendakian Gunung Prau via Patak Banteng
Peta Pendakian Prau via Patak Banteng
Berikut pos - pos yang akan dilewati untuk mencapai puncak Prau bukit teletubies

Pos 1 Sikut Dewo 
Setelah melakukan registrasi di basecamp, pendakian dimulai dengan menyusuri jalan gang rumah sampai di perkebuanan warga dengan jarak 500 meter dan dilanjutkan dengan jalan bebatuan menanjak. 
Pos 2 Canggal Walangan 
Setelah sampa di Pos 1 dilanjutkan ke jalan belok kiri dengan dasar berupa tanah padat berdebu dengan jalan menanjak yang telah ditata warga dengan pagar di kiri kanan jalan layaknya di perkebunan. Di musim hujan jalan ini sedikit terdapat tanah liat hasil percampuran tanah dan air. Sebelum sampai di pos 2 anda akan menjumpai adanya warung - warung kecil yang menyediakan makanan untuk para pendaki. Pos 2 berada di kawasan pepohonan pinus dan disini jalan akan terus menanjak hingga puncak.
Pos 3 Cacingan 
Pos 2 hingga 3 jalan didominasi tanjakan dengan tanah serta akar pepohonan untuk pijakan. Pemandangan menuju post 3 didominasi oleh pepohonan. 
Bukit Teletubies 
Jalan paling ekstrim adalah ketika hampir sampai ke bukit teletubies. Perjalanan semakin menanjak dengan jalan yang cukup terjal. Jalannya pun berkelok - kelok dengan debu yang beterbangan pada musim kemarau. Sesampainya di bukit teletubies anda akan dihadapkan pada bukit - bukit layaknya camping ground. Pilihlah tempat sesuai kebutuhan anda. Apabila musim hujan usahakan berada di bawah pohon untuk mengantisipasi angin kencang. Sedangkan untuk musim kemarau, anda bisa memilih di bibir bukit dengan pemandangan langsung Gunung Sindoro Sumbing. Perhatikan juga arah mata angin ketika mendirikan tenda. 

Foto - Foto Gunung Prau

0 komentar