Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Gunung Merbabu merupakan salah satu tujuan pendakian di Jawa Tengah. Merbabu menyajikan pemandangan indah dengan sabana yang memanjakan mata hingga puncaknya yang bisa melihat gunung - gunung sekitar seperti Sindoro Sumbing, Lawu, Ungaran bahkan sesekali bisa terlihat Selamet di sisi Barat. Gunung ini relatif tinggi yaitu 3.142 mdpl dengan tingkat kesulitan sedang. Gunung Merbabu diapit oleh Gunung Ungaran dan Gunung Merapi. Ketiga gunung ini berada pada satu garis lurus.

Untuk mencapai puncak Merbabu bisa melewati 5 jalur diantaranya :
  • Jalur Selo (Boyolali)
  • Jalur Suwanting (Magelang)
  • Jalur Wekas (Magelang)
  • Jalur Cunthel (Magelang)
  • Jalur Thekelan (Magelang)
Namun menurut para pendaki, jalur Selo lah yang paling mudah untuk didaki. Selo merupakan sebuah desa yang terletak diantara Merbabu dan Merapi, sehingga kedua gunung ini dianggap sebagai dua basecamp Gunung Merapi dan Merbabu. Basecamp Selo bisa dicapai baik melalui Magelang maupun Boyolali. Di Selo yang paling terkenal adalah Basecamp Pak Parman dan Basecamp Pak Bari. Penitipan kendaraan dikenakan biaya Rp 3.000 per motor, Rp 10.000 per mobil sedangkan tiket mendaki yaitu Rp 10.000 per orang per hari.Untuk makanan sendiri menu nasi soto berkisar Rp 8.000 hingga Rp 15.000.

Peta Jalur Pendakian Selo
Peta Pendakian Merbabu via Selo
Pendakian Merbabu
Basecamp - Pos 1 (Dok Malang)
Perjalanan dimulai dari basecamp dengan melewati gerbang pendakian Selo dengan menyusuri hutan pinus yang biasa dijadikan jalan menuju camping ground. Dari basecamp hingga post 1 masih banyak penunjuk arah dan jalan relatif landai. Estimasi waktu sampai di pos 1 adalah sekitar 1 jam perjalanan. Pos 1 merupakan sebidang tanah yang hanya bisa didirikan beberapa tenda saja. Di pos 1 tidak ada shelter untuk peneduh dikala hujan, selain itu juga tidak terdapat mata air.

Pos 1 - Pos 2 (Pandean)
Perjalanan dari pos 1 menuju pos 2 didominasi jalan landai dengan menyusuri hutan tropis. Diantara pos 1 dan pos 2 akan ditemui pos bayangan. Sebelum bertemu pos bayangan tersebut akan ada trek terjal yang cukup berat. Pos 2 hampir sama dengan pos 1 yaitu berupa sebidang tanah tanpa adanya shelter.

Pos 2 - Pos 3 (Watu Tulis)
Dari pos 2 menuju pos 3 trek mulai semakin menanjak disertai dengan pemandangan lembah di Gunung Merbabu. Sesekali juga terlihat bunga edelweis yang tumbuh di lereng - lereng merbabu. Pos 3 berupa dataran yang cukup luas untuk mendirikan banyak tenda. Disini pos 3 berupa tanah lapang tanpa adanya penghalang dengan view Gunung Merapi yang berdiri di sisi selatan.

Pos 3 - Sabana 1
Pos 3 hingga ke sabana 1 akan ditemui jalan yang terjal berupa tanah merah yang berdebu ketika kemarau dan licin ketika penghujan. Akan ditemui banyak percabangan sepanjang jalan menuju sabana 1 tapi percabangan jalan tersebut bermuara pada jalan yang sama.Sesampainya di sabana 1 akan ditemui tanah lapang untuk mendirikan tenda dengan sedikit pohon. Anda bisa bertenda disini untuk selanjutnya melakukan summit di keesokan harinya. Cari tempat bertenda di bawah pohon karena di sini angin sangat kencang dan terkadang sesekali terjadi badai.

Sabana 1 - Sabana 2
Dari sabana 1 menuju sabana 2 akan ditemui pemandangan yang menawan apabila cuaca cerah. Sabana 1 menuju sabana 2 didominasi padang terbuka dengan hijaunya rumput gunung disertai tumbuhan edelweis. Perjalanan ke sabana 2 juga menanjak. Sesampainya di sabana 2 anda bisa juga mendirikan tenda disini untuk selanjutnya melakukan summit ke puncak.

Sabana 2 - Puncak Kenteng Songo
Dari sabana 2 menuju ke puncak kenteng songo anda akan dihadapkan pada jalan menanjak tanpa ada halangan disisi kanan dan kiri sehingga angin yang berhembus akan langsung terasa di tubuh. Puncak kenteng songo merupakan satu dari 7 puncak yang ada di Gunung Merbabu dan merupakan puncak tertinggi. Dari puncak Merbabu ini kita bisa melihat gunung merapi disisi selatan.

Video Pendakian Merbabu  

Foto - Foto dari Puncak Gunung Merbabu

Share this:

Disqus Comments