Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel


Merbabu adalah gunung yang berada di tengah pulau Jawa yang terletak di antara Kabupaten Magelang, Boyolali dan Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah. Terdapat lima jalur pendakian Gunung Merbabu diantaranya Pendakian via Selo, Suwanting, Cuntel, Wekas dan Tekelan. Untuk mencapai basecamp Cuntel bisa ditempuh dari arah Salatiga maupun Magelang. Basecamp Cuntel terletak di Jl. Umbul Songo Km 3, Desa Cuntel, RT 01 / RW 01 Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Basecamp Cuntel mampu menampung 50 hingga 60 orang sekaligus dengan dilengkapi 2 kamar mandi dan 1 dapur. Retribusi pendakian Merbabu via Cuntel adalah 10.000/orang.

Peta Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel
Basecamp - Pos 1
Perjalanan dari basecamp menuju pos 1 menghaiskan waktu 1 hingga 1,5 jam perjalanan. Pos 1 dinamakan Watu Puput . Perjalanan dari basecamp menuju Watu Puput tergolong mudah karena masih dalam jalan rumah - rumah warga dan tidak terlalu menanjak. Sebelum sampai di Pos 1 akan ditemui pos - pos bayangan sebagai tempat untuk beristirahat berupa shelter yang sangat berguna ketika hujan datang. Sebelum sampai di pos 1 kita juga akan menemui penampungan air yang bisa kita manfaatkan untuk mengisi persediaan air.


Pos 1 - Pos 2
Dari Pos 1 menuju Pos 2 atau disebut Kedokan menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Perjalanan menuju Pos 2 akan melewati banyak semak - semak. Apabila di Pos 1 kita menemui shelter untuk berteduh, berbeda dengan Pos 2 yang didominasi tanah lapang dan pepohonan untuk berteduh.  Disinilah tempat yang tepat untuk mendirikan tenda.

Pos 2 - Pos 3
Pos 3  atau disebut Kergo Pasar merupakan tempat paling ideal untuk bermalam mendirikan tenda karena daerahnya yang luas dan mampu menampung 50 tenda berkapasitas 4 orang. Dari Pos 3 kita bisa melihat gunung - gunung di sekitar Merbabu yaitu Gunung Ungaran dan Telomoyo serta Sindoro - Sumbing. Terkadang juga bisa terlihat Lawu di kejauhan. Pos 3 merupakan tempat paling pas untuk menikmati sunset. Di pos 3 ini akan terlihat pemancar, itulah pos 4. Banyak yang mengira pemancar tersebut adalah puncak Merbabu karena di sekitarnya tidak ditemui puncak lagi, namun dibalik pos 4 itulah puncak Merbabu

Pos 3 - Pos 4
Dari Pos 3 hingga ke Pos 4 estimasi perjalanan adalah 45 menit. Jalan menuju pos 4 tergolong terjal terutama ketika hujan. Pada umumnya para pendaki membuka tenda di Pos 3 dan mengejar sunrise di pos 4 ini. Dari Pos 4 sudah mulai tidak ditemui pepohonan dan kita bisa melihat samudra diatas awan. Pos ini juga disebut Pos Pemancar karena adanya pos pemancar di tempat ini. Pos 4 tidak direkomendasikan untuk mendirikan tenda karena lahannya yang sempit dan tidak rata.

Kawah Gunung Kukusan
Setibanya turun dari Pos 4 kita akan menemui Kawah Gunung Kukusan yang terdapat sungai kecil. Disini adalah tempat paling tepat untuk mengisi ulang air. Semakin menuju ke puncak akan semakin luar biasa pemandangannya. Namun hal tersebut juga diimbangi dengan terjalnya tanjakan yang akan dilalui.

Tanjakan Setan
Tanjakan Setan adalah trek setelah Gunung Kukusan. Trek disini sangat terjal, untuk yang belum terbiasa mendaki harus membutuhkan bantuan untuk melewatinya. Tanjakan ini memiliki kemiringan hampir 90 derajat dan diharuskan lebih bekerja keras untuk melewatinya. Namun di balik Tanjakan Setan inilah puncak sudah terpampang. yaitu puncak Syarif di kiri dan uncak Trianggulasi di kanan.

Foto - Foto Pendakian Merbabu via Cuntel

Blogger
Disqus

No comments