Mendaki Ketika Puasa? Why Not?

Mendaki Ketika Puasa? Why Not?

Halo sobat pendaki, selamat menjalankan puasa bagi kalian yang sedang menjalankan ibadah puasa. BTW pernah kepikiran naik gunung waktu puasa nggak? kalo saya sendiri sih mending pas puasa ya fokusin puasa aja lakuin hal - hal seperti biasa. Namun kalo kamu ngebet banget pengen naik gunung ketika puasa bisa kok, bisa banget namun dengan memperhatikan hal - hal berikut ini biar ketika mendaki atau turun gunung puasanya tetep jalan. So, yuk simak tips mendaki ketika berpuasa berikut ini

Bekal Yang Tepat
Sebisa mungkin persiapkan logistik makanan yang tepat. Perhatikan nutrisi makanan yang akan dimakan ketika sahur. Makanan sangat berpengaruh pada seberapa lama makanan tersebut memberikan stamina dalam pendakian. Selain itu juga perhatikan minuman yang kamu minum, kalau perlu minum juga susu maupun vitamin untuk menjaga tubuh tetap fit. Untuk makanan sendiri sebisa mungkin ketika sahur di gunung makanan yang dimakan adalah makanan berat, usahakan memakan nasi, kalo ngga bawa dari bawah ya masak di atas sebelum imsak. Selain itu usahakan pakai sayur, nih yang biasa naik makannya mie bisa dirubah kebiasaannya, repot dikit ngga apa - apa yang penting tetap fit. Selain itu usahakan makanannya berupa daging, kenapa daging? ya karena daging memberikan rasa kenyang lebih lama jadi ngga gampang laper.


Waktu Pendakian
Pilih waktu pendakian yang tepat, kalau bisa hindari pendakian ketika waktu puasa siang hari. Usahakan melakukan pendakian ketika malam hari dan usahakan memilih gunung yang waktu tempuh sampai puncak tidak memakan waktu lama.  

Memulai Pendakian Ketika Tubuh Sudah Terbiasa dengan Keadaan Berpuasa
Lakukan pendakian ketika tubuh sudah terbiasa puasa, karena dengan hal tersebut maka tubuh tidak kaget dan akan memperlancar ketika pendakian. Selalu usahakan kesehatan tim dan jangan terlalu memaksakan.

Melakukan Pendakian dengan Teman yang Tetap Berpuasa
Dengan mendaki bersama partner yang tepat akan memperlancar jalannya pendakian, kalaupun terpaksa mendaki pagi, siang atau sore selalu usahakan agar tetap puasa dan usahakan partner kita juga tetap dalam keadaan puasa.

Share this:

Disqus Comments