Tips Membawa Kamera ketika Mendaki

Tips Membawa Kamera ketika Mendaki

Foto dalam kegiatan outdoor seakan  tidak bisa di lepaskan dari kegiatan tersebut. Seperti contoh ketika mendaki gunung, baik menggunakan hp, camera digital, action cam sampai DSLR yang beratpun dibawa sebatas untuk mengabadikan moment ketika mendaki gunung. Berikut ini akan kami jelaskan tips membawa kamera ketika mendaki gunung.

Action Cam
Membawa action cam sangat di sarankan karena memang action cam tidak memakan tempat dalam carier serta sangat ringan baik action camnya sendiri maupun monopodnya. Ketika membawa action camnya usahakan untuk taruh di dalam kantung plastik untuk menjaga tetap kering dan berjaga – jaga apabila ada hujan. Usahakan pula taruh action cam di tempat yang aman jangan sampai berada di paling bawah di carier. Seperti action cam yang saya bawa yaitu xiaomi yi, sering sekali mengembun di lensanya, jadi usahakan ketika digunakan jangan sampai pada jam – jam yang udaranya masih dingin seperti pukul 4 sampai 6 pagi.

Kamera Hp
Untuk kamera hp sendiri usahakan ketika mendaki mematikan hp atau mode penerbangan, dengan maksud agar ketika digunakan dayanya masih penuh. Kebetulan saya juga sering menggunakan hp ketika mengabadikan momen. Tips lain yaitu usahakan agar tetap kering.

DSLR
Membawa DSLR memang memberatkan, namun banyak orang – orang memilih membawa DSLR dengan mengedepankan kualitas gambar yang di dapat. Walaupun berat, tidak mengurungkan pengguna DSLR dalam mendaki gunung. Beberapa pendakian saya juga membawa DSLR untuk mengabadikan momen. Tipsnya usahakan jangan sampai lembab, karena kelembapan akan menjadikan lensa keluar embun. Pikir matang – matang pula kalau membawa tripod, jangan sampai membawa tripod memberatkan kamu. Selalu bawa kantong plastik untuk melindungi ketika hujan turun.
Baca Juga : Cara Memotret Milky Way menggunakan Lensa Kit

Tips membawa kamera untuk keperluan mendaki
  •  Bawa Seperlunya
    Jangan paksakan diri untuk membawa kamera apabila hal itu membuat pergerakanmu terganggu dan menambah berat ketika melakukan pendakian. Kamu harus tau medan yang akan di lalui sebelum memutuskan untuk membawa kamera. 
  • Baterai Kamera
    Daya baterai akan cepat terkuras ketika berada pada suhu dingin. Maka dari itu selagi kamu memiliki baterai cadangan, bawalah untuk dijadikan backup baterai kameramu. Selagi di gunung manfaatkan baterai yang ada untuk memotret yang perlu. Jangan sampai ketika ada momen yang penting namun bateraimu habis. 
  • Penggantian Lensa
    Sebelum mengeluarkan lensa untuk dijadikan satu dengan bodi, sebaiknya kamu memasangnya di dalam tas atau di di dalam tenda saja. Hal ini mengingat suhu di luar tenda bisa membuat sensor kamera mengembun. Usahakan ketika kamu keluar tenda lensa sudah dalam posisi terpasang.
  • Taruh silica gel di tas kamera
  • Setelah mendaki, masukkan kamera ke drybox kamera untuk menghindari jamur
  • Gunakan tas yang memiliki rain cover, drybag atau kalau tidak ada bungkus dengan plastik yang disertai silica gel didalamnya
  • Usahakan jangan membawa DSLR ketika musim hujan
  • Ketika kamu membawa lebih dari satu lensa, usahakan mengganti lensa pada tempat yang tidak berdebu
  • Hindari membawa tripod apabila hal tersebut membuat ribet ketika mendaki
  • Cek kapasitas memori di kameramu

Share this:

Disqus Comments