Pendakian Gunung Ungaran via Basecamp Mawar / Jimbaran


Mempunyai tinggi 2050 mdpl, Gunung Ungaran menjadi favorit bagi pendaki – pendaki pemula. Gunung ini terletak di Kabupaten Semarang, untuk mencapai gunung ini bisa melalui 3 jalur, yaitu via mawar, medini, gedong songo serta promasan. Namun yang akan di bahas kali ini adalah pendakian Gunung Ungaran via mawar. Perjalanan ke puncak Ungaran biasanya bisa ditempuh selama 3 jam dari basecamp mawar. Basecamp mawar bisa di tempuh dari beberapa arah.
  • Via Bandungan
    Bagi pendaki luar kota bisa menempuh basecamp mawar dari Stasiun Poncol, Terminal Terboyo maupun Stasiun Tawang bisa ambil transportasi ke arah Ungaran untuk selanjutnya melnjutkan ke Bandungan. Sesampainya di Bandungan ambil arah tempat wisata Umbul Sidomukti. Lokasi Basecamp Mawar tidak jauh dari Umbul Sidomukti.
  • Via AmbarawaUntuk mencapai pos mawar untuk arah selatan sekitar Magelang, Klaten, Solo, Salatiga, Jogjakarta bisa melalui Ambarawa agar lebih dekat. Setelah sampai di Ambarawa ambil arah Desa Baran lanjut naik ke atas sampai ke Pasar Bandungan lalu ambil arah wisata Umbul Sidomukti dan naik sedikit untuk mencapai Basecamp Mawar.
     
  • Via SumowonoUntuk daerah sekitar Temanggung dan Wonosobo bisa lewat arah Sumowono agar lebih dekat. Setelah sampai di Sumowono ambil arah Bandungan lalu ambil arah wisata Umbul Sidomukti dan naik sedikit ke atas untuk sampai di Basecamp Mawar.
Jalur Mawar merupakan jalur paling dekat menuju ke Puncak Ungaran. Untuk tempat camp sendiri ada beberapa pilihan yaitu :
  1. Kebun Teh
    Tempat ini biasa di gunakan apabila di puncak gunung sedang ramai atau pada hari – hari tertentu sepeti weekend maupun hari libur lain membludak. Pilihan terakhir adalah camp di tempat ini. Disini tempatnya cukup lapang untuk mendirikan banyak tenda namun perlu diingat bahwa jarak dari Kebun Teh menuju puncak masih cukup jauh, apabila di tempuh pada pagi hari bisa menghabiskan waktu sekitar 2 jam.
     
  2. Promasan
    Bagi yang tidak mau repot membawa tenda, bisa menginap di Promasan. Promasan merupakan rumah – rumah warga yang menyediakan tempat untuk menginap bagi pendaki yang tidak membawa tenda. Promasan berada di sisi barat Kebun Teh, untuk summit ke puncak Ungaran bisa di lakukan sebelum pukul 04.00 agar bisa tepat waktu melihat sunset di puncak ungaran. Estimasi mencapai puncak diperkirakan sampai 2 jam.
     
  3. Puncak Ungaran
    Untuk di puncak Ungaran sendiri tidak terlalu banyak tempat, jadi tempatnya terbatas. Apabila tidak mendapatkan tempat di puncak Ungaran, bisa mengambil tempat di bawahnya di bebatuan yang lumayan banyak tempat untuk mendirikan tenda.
Untuk mencapai puncak Ungaran ada beberapa pos – pos yang akan di lewati. Pos pertama masih di dalam hutan berada di sekitar bukit sebelum sampai di kebun kopi. Selanjutnya menuju ke Kebun Teh ada dua jalan untuk ke kiri menuju puncak Ungaran sedangkan apabila lurus menuju Promasan. Setelah dari Kebun Teh track naik dan jarang sekali ada jalan datar. Untuk kondisi tanah berupa bebatuan. Track dari kebun teh menuju puncak dicapai sekitar 2 jam. Sebelum sampai di puncak ada tempat bebatuan yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk camp. Estimasi dari tempat ini sampai ke puncak kira – kira 20 sampai 30 menit untuk sampai di puncak Ungaran. Di puncak Ungaran sendiri akan di suguhkan pemandangan Gunung Merbabu di sisi selatan dan Merapi yang berada di belakangnya, sedangkan di sebelahnya terlihat kota Ambarawa serta pemandangan Rawa Pening dan Gunung Telomoyo.

Peta Pendakian Gunung Ungaran via Mawar

Tips :
  • Untuk mencapai Basecamp ungaran jalan yang akan dilewati sedikit sulit. Jalan sedikit licin apabila hujan, dibutuhkan skill berkendara untuk sampai di Basecamp Mawar. 
  • Pemilihan hari bisa menyesuaikan kebutuhan. Apabila baru pertama kali ke gunung ini usahakan untuk memilih hari ketika ramai, biasanya hari jumat, sabtu maupun minggu menjadi pilihan, namun apabila memilih untuk suasana sepi bisa memilih hari selain hari – hari ramai yaitu hari senin sampai kamis. 
  • Selalu bawa jas hujan karena di gunung cuaca bisa berubah secara drastis 
  • Jangan paksakan kondisi, apabila tidak kuat sampai puncak bisa camp di kebun teh maupun Promasan
Blogger
Disqus

No comments