5 Gunung Idola Pendaki Jawa Tengah dan Jawa Timur

Gunung merupakan salah satu destinasi wisata menantang yang saat ini sedang menjadi tren di Indonesia. Keberadaan gunung seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang – orang yang suka tantangan. Saat musim hujan mendekati kemarau biasanya sangat banyak orang – orang yang akan mendaki, karena pada musim itulah saat – saat yang sangat tepat untuk melakukan pendakian. Berikut ini adalah destinasi wisata gunung yang ada di Jawa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki – pendaki yang ada di pulau Jawa :


1. Gunung Merapi
Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini memberikan suatu tantangan tersendiri. Untuk melakukan tracking di gunung ini memerlukan persiapan yang matang dan peralatan yang memadai. Gunung yang memiliki intensitas letusan paling sering di Jawa ini memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang menaikinya. Keadaan alam yang tandus mengharuskan siapa saja yang mendaki harus membawa bekal dan peralatan yang cukup untuk bisa mencapai pos Pasar Bubrah sebagai pos terakhir hingga selanjutnya menuju pncak dari Gunung Merapi.


2. Gunung Merbabu
Gunung Merbabu bersebelahan dengan Gunung Merapi. Bahkan basecamp dari Merapi dan Merbabu berada pada satu kecamatan yang sama yaitu kecamatan Selo atau para pendaki lebih sering menamai dengan jalur Selo. Gunung Merbabu merupakan gunung api yang masih aktif namun dalam kondisi tertidur. Keindahan alamnya yang masih asri menjadikan Gunung Merbabu dilindungi dari pembalakan liar. Gunung ini memiliki spot indah yaitu di sabana satu dan sabana dua hingga puncak Merbabu. Di puncak merbabu sendiri akan nampak jelas gunung Merapi, Telomoyo, Ungaran, serta sesekali akan nampak gunung Lawu dan Slamet yang menyembul diantara awan – awan yang menutupi badan dari gunung tersebut.


3. Gunung Prau
Gunung yang terletak di deretan pegunungan Dieng ini menjadi favorit bagi pendaki baik dari Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah dengan keadaan alam yang bersahabat. Pemandangan bukit teletubies serta indahnya gunung kembar Sindoro Sumbing menjadi pemandangan yang tak akan bisa di lupakan. Kondisi track yang tidak terlalu jauh juga menjadikan tempat di adalah destinasi yang di rekomendasikan untuk para pendaki pemula.


4. Gunung Bromo
Gunung Bromo merupakan salah satu gunung terindah di Jawa Timur. Berbeda dengan gunung – gung yang disebutkan sebelumnya, untuk menaiki gunung ini anda bisa menggunakan motor sendiri atau menyewa jeep. Untuk bermalam di gunung ini bisa menyewa villa yang ada di sekitar kaki gunung bromo. Dengan fasilitas ini, banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat indahnya Bromo tanpa bersusah payah melakukan pendakian. Selain menawarkan pemandangan gunung, di sekitar Gunung Bromo juga terdapat sebuah air terjun bernama air terjun Madakaripura yang konon dahulu di tempat ini digunakan bersemedi Gajah Mada sebelum bersumpah menaklukkan kawasan nusantara.


5. Gunung Semeru
Gunung yang memiliki tinggi 3.676 mdpl menjadikan Gunung semeru sebagai gunung paling tinggi di pulau Jawa bersebelahan dengan Gunung Semeru. Gunung ini memiliki tantangan tersendiri dengan ketinggian serta track panjang yang mengharuskan pendaki untuk mengeluarkan tenaga ekstra dalam menaklukkan gunung ini. Terdapat sebuah tempat bernama Ranukumbolo yang menjadi spot favorit untuk camping sebelum melakukan summit attack. Disini kalian akan dihadapkan pada sebuah danau yang barada di ketinggian. Pendakian di gunung ini juga pernah di filmkan dalam film 5cm.
Blogger
Disqus

No comments