4 Alasan Memilih Flanel untuk Mendaki Gunung

4 Alasan Memilih Flanel untuk Mendaki Gunung


Flannel mulai booming dan menjadi tren pakaian anak muda sekarang baik digunakan secara formal maupun casual. Penggunaan flannel pun sekarang dapat digunakan di situasi apapun. Untuk acara formal penggunaan flannel sangat cocok dengan lengan panjang yang elegan dapat menciptakan kesan modis. Digunakan untuk bergayapun flannel juga dapat dikatakan tidak ketinggalan jaman. Lalu bagaimana apabila digunakan untuk kegiatan outdoor seperti naik gunung? Berikut ini adalah alasan penggunaan flannel sangat cocok untuk digunakan kegiatan mendaki gunung :
  • Mampu mengisolasi udara
Kain flannel yang tebal mampu mengisolasi udara hangat dari tubuh untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil. Bahan flannel bisa menyerap keringat, sangat membantu ketika melakukan pendakian. Keringat di permukaan kulit yang menyentuh kain akan diserap oleh flannel. Kelemahan dari flannel yaitu apabila kita dalam keadaan basah kuyup, flannel yang memiliki kain katun akan berbalik melembapkan dan menyebabkan seluruh badan dalam keadaan dingin. Apabila kehujanan saat menggunakan flannel dan akan berakibat fatal ketika terjadi hipotermia. Maka dari itu pastikan membawa jaket sendiri untuk keamanan mendaki selain flannel.

  • Memberikan kehangatan
Flannel sudah terbukti memberikan kehangatan tersendiri kepada si pemakai, sejak dahulu kala ketika para penebang kayu di Inggris menggunakan flannel untuk mengusir hawa dingin di hutan. Kain wool yang ada di flannel akan menyerap air 30%.
  • Modis
Bagi kalian yang suka bergaya, menggunakan flannel bisa menjadi pilihan tepat untuk mendaki namun tidak melupakan fashion. Bagi sebagian orang mendaki juga dimanfaatkan untuk bergaya, maka dari itu banyak yang memilih flannel untuk gaya mereka dalam mendaki gunung.
  • Simpel
Berbeda dengan menggunakan jaket tebal yang terkadang menyulitkan dalam pergerakan. Penggunaan flannael dianggap lebih simpel, namun ada kelebihan maupun kekurangan masing – masing. Dalam menggunakan flannel, sisi safety sedikit di kesampingkan. Flannel lebih cocok digunakan ketika keadaan cuaca bagus, sebaliknya penggunaan jaket yang kedap air sangat di utamakan ketika mendaki dalam kondisi hujan.

Itulah hal – hal kelebihan maupun kekurangan menggunakan flannel dalam pendakian. Semuanya tergantung pada si pengguna, mau menggunakan mana konsekuensi masing – masing orang. Tetap safety bagi sebagian orang adalah pilihan, namun fashion juga sebagian orang menyukai. Sekarang tergantung anda yang menjalaninya.

Share this:

Disqus Comments