Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Mendaki

Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Mendaki

Kegiatan pendakian memiliki resiko yang berbeda – beda setiap gunung. Banyak faktor yang menyebabkan lancar atau tidaknya suatu pendakian. Salah satu faktor yang menghambat dalam pendakian adalah cuaca. Pemilihan cuaca tepat ketika mendaki akan mempermudah seorang pendaki untuk mencapai tujuannya. Nah berikut ini akan di jelaskan bagaimana memilih waktu yang tepat untuk mendaki gunung :

1. Pagi, Siang atau Malam?
Lakukan pendakian sesuai panjang trek suatu gunung. Apabila suatu gunung bisa ditempuh dalam beberapa jam sebaiknya lakukan pada pendakian pada malam hari, kenapa? Karena terlalu lama di kawasan gunung akan menghabiskan banyak waktu yang sia - sia. Begitupun apabila jalur pendakian yang kita gunakan memakan waktu yang lama, persiapkan waktu dengan pertimbangan berapa sampai puncak dan istirahat sebelum sunset. Apabila pada musim liburan berangkatlah satu sampai tiga jam lebih awal dari biasanya,karena pada saat musim libur biasanya tempat untuk camp akan sedikit sulit untuk didapatkan.

2. Musim Hujan atau Kemarau?
Disini saya lebih merekomendasikan pada musim kemarau, karena pengalaman saya ketika melakukan pendakian pada musim hujan cuaca di gunung sangat rentan perubahan. Cuaca cerah dalam sekejap bisa berubah hujan. Dan ketika musim hujan barang yang kita bawa akan mudah basah apabila kita tidak mempersiapkan dengan baik. Pada saat musim kemarau sunset akan terlihat jelas tanpa kabut dan langit akan terlihat sangat biru. Namun ketika menjelang tidur suhu akan sangat dingin.

Sekian penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk mendaki, semoga penjelasan singkat ini bisa menjadi pertimbangan sobat dalam memilih kapan waktu yang tepat untuk mendaki.

Share this:

Disqus Comments