Lagi bingung mau beli sendal outdoor untuk mendaki gunung? Baca dulu postingan ini

Sendal merupakan salah satu alas kaki paling praktis untuk dipake bila dibandingkan dengan sepatu. Maka dari itu ngga sedikit juga yang lebih milih bepergian menggunakan sendal dari pada menggunakan sepatu. Untuk kegiatan outdoor sendiri sendal memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Apabila kalian suka dengan kegiatan outdoor seperti panjat tebing, naik gunung dan lain – lain pasti bisa membedakan kapan dan dimana memilih antara sepatu ataupun sendal untuk kegiatan outdoor. Nah berikut ini akan saya jelaskan kekurangan dan kelebihan menggunakan sendal outdoor baik untuk sehari – hari maupun kegiatan di alam.

Kelebihan sendal outdor
  • Lebih ringan
    Banyak yang memilih sendal dari pada sepatu dengan alasan lebih ringan, lebih praktis dan ngga ribet. Jadi alasan ini lebih ke segi kenyamanan masing – masing. Melakukan kegiatan di alam dengan tipe tanah yang becek, berlumpur seperti di sungai jadi lebih mudah untuk dilalui.
  • Mudah dipakai dan dilepas
    Sendal outdoor lebih mudah penggunaannya dari pada sepatu. Untuk memasang dan melepas sangat mudah. Inilah salah satu faktor banyak yang memilih sendal.
     
  • Harga Terjangkau
    Sendal outdoor atau sendal gunung umumnya ada di kisaran harga 100 ribu sampai 250 ribuan, masih terjangkau untuk dibeli. Memang beberapa merk seperti eiger harganya relatif mahal namun menurut saya untuk outdoor equipment hampir ke semua merk harga sesuai dengan kualitas. Jadi terserah kamu mau pilih harga murah apa mahal.
     
  • Kuat
    Kalau dibandingin dengan sendal pada umumnya, sendal outdoor memang tergolong kuat. Kalo saya sih memang lebih suka sendal rei langsung sebutin aja ya. Sendal rei yang selama ini saya pakai rata – rata sampai setahun lebih baru ganti padahal pemakaian saya tergolong ekstrim sering kena air sering kehujanan di kos tiap hari kepake jarang di bersihin. Bandingkan bila sendal biasa pasti lebih cepet rusak. Sendal outdoor memang terdiri dari bahan – bahan pilihan menyesuaikan medan di alam jadi kalau kalian memilih sendal outdoor cuma untuk kegiatan di rumah ya pasti awet apalagi jarang kena air dan dirawat.

Tadi sedikit cerita tentang kelebihan dari sendal outdoor. Nah sekarang bahas tentang kekurangan sendal outdoor. Secara keseluruhan kekurangan sih tidak terlalu terlihat. Kalaupun disebutkan paling Cuma beberapa. Berikut ini saya sebutin beberapa kekurangan sendal dari pada sepatu outdoor

  • Sendal gunung tidak menutupi seluruh kaki
    Ya kita ketahui sendiri yang namanya sendal tidak menutupi seluruh bagian kaki. Untuk tingkat keamanan memang menggunakan sepatu lebih nyaman apabila kegiatan seperti mendaki gunung. Dengan tidak tertutupnya bagian kaki bisa menyebabkan gampang terkena duri, batu, bahkan sering juga ada pacet yang menggigit. Berbeda dengan menggunakan sepatu yang umumnya sepatu khusus outdoor memang sudah dirancang waterprof jadi tingkat kenyamanan dan keamanan lebih rekomen pakai sepatu.
  • Sendal gunung tidak di desain untuk berjalan jauh
    Sendal gunung tidak didesain untuk perjalanan jarak jauh, jadi kalau kamu rata – rata melakukan perjalanan jauh lebih rekomen menggunakan sepatu yang pada umumnya di dalam sepatu sudah terdapat bahan yang lebih nyaman dan memang di desain untuk perjalanan jauh.

Nah diatas adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan sendal gunung. So jadi tinggal terserah kamu mau pilih sendal gunung atau tidak untuk kegiatan outdoormu.

Setelah kalian membaca kelebihan dan kekurangan menggunakan sendal outdoor atau gunung berikut ini saya kasih kalian tips memilih sendal.

  1. Tanya ke temen
    Simpel aja ya, tips pertama adalah tanya ke temenmu yang sering menggunakan sendal outdoor dan kalau bisa coba sendal temenmu itu. Jadi memang percuma menjelaskan panjang lebar di blog kalau kalian Cuma sekedar membayangkan. Tanya ke temenmu kelebihan dan kekurangan karena memang tiap orang berbeda – beda dalam memilih sendal yang pas untuk masing – masing dan memang penilaian orang berbeda – beda untuk tiap merk sendal.
     
  2. Sesuaikan dengan ukuran
    Penggunaan sendal yang kesempitan ataupun terlalu longgar dapat mengakibatkan kuarngnya kenyamanan untuk si pemakai. Contoh ketika sendal tersebut sempit ketika menggunakan berjalan terlalu lama akan mengalami gesekan yang menjadikan kulit lecet. Sedangkan apabila terlalu longgar bisa menyebabkan pijakan yang tidak terlalu kuat.
     
  3. Bahan
    Untuk bahan sendiri kalian perlu memilih yang nyaman dengan mencoba langsung. Jangan terlalu keras maupun terlalu empuk di bagian atas sendal. Dan juga pilih bagian bawah yang keras, perhatikan juga tingkat kekerasan sendal dengan cara melekuk lekukkan sendal. Yang saya sering rasakan sendal eiger memang lebih keras bagian grip – gripnya.
     
  4. Selop apa jepit?
    Berikutnya adalah pakai selop apa jepit. Untuk jenis sendal selop kelebihannya adalah bisa menggunakan kaos kaki jadi untuk kenyamanan menggunakan kaos kaki memang memilih sendal selop namun belum tentu yang model jepit ngga bisa pakai kaos kaki, sekarang sudah banyak kaos kaki yang modelnya ibu jari kaki terpisah.
     
  5. Dana
    Untuk masalah harga harga tiap distro outdoor memang berbeda – beda. Satau saya yang paling mahal untuk tipe – tipe sendal gunung ya merk eiger. Kalau kalian suka dengan brand eiger ya pasti ngga terlalu risih dengan harga. Kalau saya sendiri lebih memilih sendal rei ataupun consina dengan harga yang terjangkau dan kualitas lumayan.
     
  6. Warna
    Dulu warna sendal outdoor lebih dominan dengan warna hitam. Namun berbeda dengan sekarang yang sudah mulai berfariasi warnanya. Kalau menurut saya sih kalau kalian lebih banyak menggunakan sendal untuk aktifitas alam saya lebih menyarankan warna hitam. Namun kalau Cuma aktifitas sehari hari warna apapun masuk. Kenapa hitam? Ya karena warna hitam ngga terlalu kelihatan kalaupun kotor.
     
  7. Penghubung atau webbing
    Webbing juga salah satu faktor untuk kenyamanan menggunakan sendal. Penghubung yang kurang bagus bisa menyebabkan mengurangi kenyamanan saat perjalanan. Kadang ada sendal yang webbingnya menusuk ke mata kaki. Jadi perhatikan webbing untuk sendal yang akan kamu beli.

Nah itu adalah Tips memilih sendal gunung. Terserah kamu maumemilih sendal yang bagai mana, merk apa, dan harga berapa. Terus terang saya sih memilih rei untuk sendal dengan harga yang terjangkau, tapi kedepannya mau coba sendal dari consina hehe. Sendal outdoor memang nyaman untuk digunakan untuk kegiatan apapun. Saya juga sering menggunakan sendal gunung untuk keseharian dan travelling. Sebenarnya apapun merk yang kamu beli tergantung pemakaian dan perawatan. Itu adalah faktor umur sendalmu bakalan lama atau ngga. Tips aja pakai kaos kaki bila perlu untuk kegiatan outdoor menyesuaikan medan. Sekian postingan ini semoga bermanfaat. Komen apabila anda suka atau ada yang kurang untuk postingan ataupun mau berbagi cerita tentang sendal gunung yang masih kurang di postingan ini.
Blogger
Disqus

No comments