Tips Penggunaan dan Perawatan Carrier


Dalam sebuah pendakian kita pasti membutuhkan alat - alat yang mendukung pendakian seperti sendal, sepatu, jaket, carrier, sleeping bag dan lain - lain. Alat - alat tersebut sangat vital dalam pendakian. Sayangnya masih banyak yang belum tau bagaimana perawatan dan penggunaan alat - alat tersebut. Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang bagaimana merawat dan cara penggunaan carrier untuk pendakian.

Carrier bagi para pendaki adalah salah satu alat wajib yang harus dibawa oleh para pendaki. Carrier sendiri memiliki kegunaan untuk membawa peralatan seperti sleeping bag, jas hujan, logistik dan lain - lain. Lalu bagaimana cara menggunakan carrier? Masih banyak para pendaki pemula yang belum tau bagaimana cara menggunakan carrier yang benar.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara menggunakan carrier yang benar.
  • Packing di tas carrier
Sebelum kita menggunakan carrier ada baiknya kita belajar bagaimana cara packing memasukkan barang ke carrier. Kriteria orang bisa dilihat ketika packing, apakah orang itu asal asalan saat packing apakah rapi atau disiplin. Ketika persiapan pada packing akan terlihat kesiapan kesiapan dari para pendaki dalam mempersiapkan pendakian. Packing yang asal - asalan akan mempersulit pendaki ketika bongkar muat alat - alat yang ada di carrier. Begitu juga sebaliknya, ketika kita packing dengan rapi maka akan mudah dalam pencarian barang di dalam carrier.

Penataan di carrier selain mempermudah juga dapat mengefisienkan barang - barang yang bisa masuk di carrier, jadi walaupun barang kita sangat banyak ketika kita tau bagaimana packing yang benar maka semua barang tersebut akan bisa masuk semuanya ke carrier.

Tips pertama untuk packing adalah menggulung baju. Kenapa di gulung? Pemilihan menggulung baju dibanding cuma melipat adalah dengan memikirkan kepadatan. Ketika menggulung baju otomatis baju yang kita gulung lebih padat dibanding cuma melipat dan baju yang dilipatpun lebih memakan tempat di carrier. Berikut ini adalah video bagaimana menggulung baju.

Jangan lupa setelah menggulung baju, masukkan baju tersebut ke dalam plastik agar tetap kering.

Tips berikutnya adalah penyusunan barang di carrier. Gunakan matras camping sebagai pembentuk carrier. Hal ini untuk mempermudah dalam memasukkan barang serta agar carrier tetap tegak. Penempatan matras adalah seperti gambar berikut
 

 Selanjutnya adalah penyusunan barang.
  1. Taruh barang terberat pada bagian paling atas. Hal ini berfungsi pada pembagian berat di carrier. Ketika barang terberat diletakkan di atas, maka berat barang akan jatuh di pundak, apabila barang diletakkan di bawah maka akan membebani pinggul dan akan terasa lebih berat
  2. Keseimbangan. Berat antara carrier sebelah kanan dan kiri harus diperhatikan, apalagi pendakian panjang waktu sampai 5 jam keatas. Hal ini akan sangat penting agar berat di pundak juga seimbang.
  3. Memaksimalkan penggunaan ruang di carrier. Sebisa mungkin padatkan isi carrier, seperti nasting jangan sampai kosong dalamnya.
  4. Mengurutkan penggunaan barang. Di dalam carrier barang apa saja yang paling sering kita gunakan taruh diatas dan yang paling jarang digunakan taruh di paling bawah
Setelah tadi bagaimana cara packing, selanjutnya adalah cara membersihkan carrier. Carrier perlu perawatan dalam setiap penggunaan pendakian pasti terdapat banyak sekali kotoran kotoran terutama debu, pasir ataupun lumpur yang mengering di carrier. Komponen tersebut bisa merusak carrier. Berikut ini adalh tips perawatan carrier setelah pendakian
  1. Keluarkan barang - barang yang masih tertinggal di carrier
  2. Pisahkan setiap komponen yang bisa dipisahkan, contoh seperti tas saya consina tarebbi bisa di copot besi untuk bagian punggung hal ini bertujuan agar lebih mudah dalam pencucian dan pengeringan
  3. Bersihkan dengan lap basah. Kenapa tidak menggunakan sikat karena sikat bisa merusak bagian carrier jadi menggunakan lap basah.
  4. Keringkan dengan cara angin - angin saja jangan langsung kena terik matahari
  5. Setelah kering rangkai kembali carriernya yang masih terpisah - pisah
  6. Simpan carrier dalam plastik kalau ada ya pakai trash bag bisa juga di kasih kapur barus biar awet
Blogger
Disqus

No comments