Tips Merawat Jaket Gunung / Outdoor


Jaket gunung selain untuk keperluan naik gunung juga sangat nyaman untuk kegiatan sehari - hari. Desainnya pun menarik dengan corak yang tidak membosankan jaket outdoor lebih terlihat stylis.
Walaupun begitu, ketika kita mendaki, mau tidak mau jaket kita pasti akan kotor juga. Beberapa sobat pendaki mungkin kebingungan bagaimana cara mencuci dan merawat salah satu gear tersebut.
Berikut ini adalah tips merawat jaket outdoor.

  • Lihat label di jaket tersebut
    Di label jaket biasanya ada keterangan penggunaan jaket bagaimana larangan dan apa saja yang diperbolehkan. Setidaknya dengan membaca label tersebut kita akan lebih memahami bagaimana perawatan, mencuci dan menggunakan jaket tersebut.
  • Cek isi jaket sebelum mencucinya
  • Akan lebih mudah mencuci jaket apabila sobat pendaki mengetahui titik - titik noda yang ada di jaket. Periksa wilayah mana saja yang terdapat banyak noda untuk dibersihkan dan juga pastikan tidak ada benda tertinggal di saku jaket. 
  • Kendurkan semua tali elastis
    Tali elastis biasanya terdapat pada pinggang, lengan dan leher (hoodie). Sebaiknya kendorkanterlebih dahulu sebelum kamu cuci.
  • Gunakan air hangat
    Sangat dianjurkan menggunakan air hangat karena dengan air hangat kotoran akan mudah terlepas dari jaket. Kotoran yang biasanya menempel diantaranya debu, tanah, dedaunan dan tumpahan cairan seperti kopi, kuah mie dan lain - lain. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan detergen. Ada beberapa anjuran agar memilih sabun dengan kadar pH netral, seperti sabun bayi. Anjuran ini dimaksudkan untuk meminimalisir rusaknya lapisan jaket gunung yang memiliki lapisan yang sangat sensitif terhadap bahan kimia dari detergen.
  • Saat pencucian jangan di kucek
    Hindari merendam jaket dalam jangka waktu yang lama. Untuk mencuci kotoran yang membandel, kamu dapat menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus, dan menggosoknya secara perlahan. Berhati - hatilah pada bagian jahitan, karena pada bagian tersebut terdapat seamtape yang berfungsi menahan rembesan air ketika hujan. Jaket outdoor umumnya memiliki lapisan parasit yang berguna agar air tidak tembus ke dalam ketika melakukan kegiatan. Nah lapisan parasit ini bisa rusak apabila terlalu sering di kucek. 
  • Pengeringan
    Pengeringan jaket jangan sampai terpapar langsung dengan sinar matahari, karena bisa merusak lapisan jaket. Pakai hanger agar jaket tidak terpelintir pelintir. Ketika menyimpan jaket usahakan agar tidak melipatnya. Untuk penyimpanan sebenarnya sama dengan pakaian - pakaian biasa. Cukup taruh di lemari atau tempat kering lain.
  • Hal - hal yang perlu dihindari
    - Jangan menyetrika jaket karena akan merusak lapisannya
    - Jangan menyemprotkan parfum beralkohol ke jaket secara langsung ke jaket
    - Jangan menyimpan benda tajam dalam kantong jaket
    - Kurangi gesekan pada jaket ketika menggunakan carrier dengan mengendorkan cengkeraman tubuh anda
    - Kalau memang tidak penting, hindari menggunakan jaket outdoor ketika terik karena akan berpotensi merusak lapisan jaket
Mungkin itu saja tips untuk merawat jaket gunung. Untuk pemakaian tergantung ke pemakaian individu masing - masing. Sebagus apapun merk jaketmu kalau tidak terawat juga lama kelamaan akan cepat rusak. :D

Postingan terkait: